Apa Itu Komunikasi (eModul Komunikasi Perkantoran)

Apa Itu Komunikasi ? (eModul Komunikasi Perkantoran)

Loading...

Apa Itu Komunikasi ? (eModul Komunikasi Perkantoran) – Komunikasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan peran komunikasi untuk menjalin hubungan dengan manusia lainnya. Hampir semua kegiatan manusia berkaitan dengan proses komunikasi.

Menurut Miller (1951) komunikasi berarti informasi dari satu tempat ke tempat lain. Clevenger (1959) mengatakan bahwa komunikasi adalah istilah yang berkaitan dengan semua proses berbagi informasi yang dinamis (proses ‘sharing’) komunikasi adalah proses sosial dimana individu-individu menggunakan simbol-simbol untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka.

Komunikasi merupakan proses memberi dan menerima berbagai makna diantara dua orang. Komunikasi adalah usaha penyampaian pesan antar sesama manusia. proses komunikasi memiliki beberapa unsur, yaitu:

  • pengirim pesan (komunikator); penerima pesan (komunikan);
  • saluran/media;
  • pesan itu sendiri;
  • timbal balik terhadap pesan yang diterima.

hal ini sesuai dengan apa yang dibuat oleh David K. Berlo di tahun 1960-an yang membuat formula komunikasi yang dikenal dengan “SMCR”, yaitu:

  • source (pengirim),
  • message (pesan),
  • channel (saluran media)
  • receiver (penerima).

Penjelasan dari unsur-unsur komunikasi adalah sebagai berikut:

Komunikator

Komunikator, adalah orang yang menyampaikan pesan atau informasi ke orang lainnya, komunikator bisa satu orang atau lebih.

Komunikan

Komunikan, adalah orang yang menerima pesan dari komunikator. Peran antara komunikator dan komunikan bersifat dinamis, dimana seorang komunikator dapat berubah menjadi komunikan ketika menerima pesan balasan dari komunikan dan sebaliknya.

Pesan

Pesan itu sendiri bersifat abstrak. Pesan dapat bersifat konkret bila berupa suara, mimik, gerak-gerik, bahasa lisan, dan bahasa tulisan. Pesan yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima dapat dikemas secara verbal atau nonverbal.

Komunikasi verbal adalah penyampaian makna dengan menggunakan kata-kata. Pesan bersifat verbal (verbal communication) antara lain: oral (komunikasi yang dijalin secara lisan) dan written (komunikasi yang dijalin secara tulisan).

Komunikasi nonverbal tidak menggunakan kata-kata. Pesan bersifat non verbal (non verbal communication) yaitu: gestural communication (menggunakan sandi-sandi untuk menjamin kerahasiaan) dan menggunakan kiat, isyarat, gambar atau warna.

Dalam komunikasi sehari-hari 35% berupa komunikasi verbal dan 65% berupa komunikasi nonverbal.

Media Komunikasi

Media komunikasi adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan atau memindahkan pesan dari komunikator kepada komunikan. Terdapat dua cara: non mediated communication (face to face) atau secara langsung dan dengan menggunakan media.

Pada komunikasi tatap muka, akan terjadi aktivitas komunikasi antara komunikan dengan komunikator, contohnya forum, diskusi panel, rapat, ceramah, simposium, konferensi pers, seminar dan lain-lain.

Komunikasi yang dilakukan dengan media, dapat dilakukan melalui media massa dan non media massa. Komunikasi melalui media massa dapat dilakukan secara periodik melalui elektronik yang berupa radio, tv, dan film atau melaui media cetak seperti surat kabar dan majalah. Komunikasi secara non periodik dapat dilakukan melalui manusia seperti SPG dan juru kampanye.

Umpan Balik

Umpan balik adalah jawaban atau tanggapan dari komunikan terhadap pesan yang telah disampaikan oleh komunikator. Dalam komunikasi yang dinamis, komunikator dan komunikan terus-menerus bertukar peran.

eModul Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Bahasan selengkapnya tentang apa itu komunikasi ? dapat Anda baca di eModul Komunikasi Verbal dan Non Verbal di bawah ini.

Asesmen Online Apa Itu Komunikasi ? (eModul Komunikasi Perkantoran)

Setelah membaca materi di atas, silakan gunakan latihan soal Komunikasi Efektif berikut ini untuk berlatih

https://quizizz.com/join/quiz/5c6b7cbd26ea66002037de69/start

Asesmen Online Apa Itu Komunikasi ? (eModul Komunikasi Perkantoran)

Demikianlah bahasan ringkas kami tentang Apa Itu Komunikasi ? (eModul Komunikasi Perkantoran). Semoga bermanfaat (maglearning.id)

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan