Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 “Penemuan dan Manfaatnya”

Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 “Penemuan dan Manfaatnya”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 dengan kajian tentang Penemuan dan Manfaatnya.

John Logie Baird Penemu Televisi

John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi.

Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara.

Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik.

Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditransmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.

Garret Augustus Morgan si Paralel

Garret Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas pada tahun 1923, yang sekarang digunakan di berbagai negara di dunia. Lampu lalu lintas temuan Morgan menggunakan rangkaian paralel.

Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi.

Oleh karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali. Prinsip kerja sebuah lampu lalu lintas adalah terdapatnya tiga buah lampu yang saling terhubung secara paralel.

Charles Babbage penemu Komputer

Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliaulah penggagas utama dalam penemuan komputer.

Mesin penghitung yang ia temukan (1791- 1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer. Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.

Perubahan Energi Listrik

Mari kita lanjutkan bahasan Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 “Penemuan dan Manfaatnya” dengan membahas Perubahan Energi Listrik.

  1. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas. Energi listrik dapat diubah menjadi panas. Ada banyak alat yang dapat mengubahnya. Contohnya, setrika listrik, kompor listrik, dispenser, dan solder. Di dalam alat-alat tersebut terdapat elemen pemanas. Ketika dialiri arus listrik, elemen pemanas menjadi panas.
  2. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Cahaya. Lampu listrik mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Dengan lampu listrik, malam hari menjadi terang benderang.
  3. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak. Motor listrik mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Ada banyak peralatan rumah yang memiliki motor listrik. Adanya motor listrik membuat peralatan tersebut dapat menghasilkan energi gerak. Contohnya, kipas angin, blender, mesin cuci, dan pengering rambut.
  4. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Bunyi. Radio, televisi, handphone (hp), dan bel listrik merupakan penghasil bunyi. Namun, alat itu tidak berfungsi jika tidak ada listrik. Dengan demikian, alat-alat tersebut mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 “Penemuan dan Manfaatnya”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 tentang Penemuan dan Manfaatnya di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Tema 3 Subtema 2 “Penemuan dan Manfaatnya”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 tentang Penemuan dan Manfaatnya di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

Demikianlah Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 tentang Penemuan dan Manfaatnya yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan