Modul Online Interaktif IPA Kelas 8 subbab Pesawat Sederhana

Modul Online Interaktif IPA Kelas 8 subbab Pesawat Sederhana

Loading...

Modul Online Interaktif IPA Kelas 8 ini membahas subbab Pesawat Sederhana. pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya.

Jenis-Jenis Pesawat Sederhana

Ada beberapa jenis pesawat sederhana, diantaranya adalah sebagai berikut.

Katrol

Setidaknya ada dua jenis katrol yang sering kita temui, yaitu katrol tetap dan katrol bebas.

Katrol tetap yang berfungsi untuk mengubah arah gaya. Contohnya adalah katrol timba air di sumur Jika tali yang terhubung pada katrol ditarik ke bawah, maka secara otomatis timba yang berisi air akan terkerek ke atas.

Keuntungan mekanis katrol tetap sama dengan 1. Karena pada katrol tetap tunggal, gaya kuasa yang digunakan untuk menarik beban sama dengan gaya beban.

Berbeda dengan katrol tetap, kedudukan katrol bebas berubah dan tidak dipasang di tempat tertentu. Berikut ini adalah skema beberapa jenis katrol.

contoh Pesawat Sederhana

Katrol bebas berfungsi untuk melipatkan gaya, sehingga gaya pada kuasa yang diberikan untuk mengangkat benda menjadi lebih kecil daripada gaya beban. Katrol jenis ini biasanya ditemukan di pelabuhan yang digunakan untuk mengangkat peti kemas.

Keuntungan mekanis dari katrol bebas lebih besar dari 1. Pada kenyataannya nilai keuntungan mekanis dari katrol bebas tunggal adalah 2. Hal ini berarti bahwa gaya kuasa 1 N akan mengangkat beban 2 N.

Agar gaya kuasa yang diberikan pada benda semakin kecil, maka diperlukan katrol majemuk. Katrol majemuk merupakan gabungan dari katrol tetap dan katrol bebas yang dirangkai menjadi satu sistem yang terpadu.

Katrol majemuk biasa digunakan dalam bidang industri untuk mengangkat benda-benda yang berat. Keuntungan mekanis dari katrol majemuk sama dengan jumlah tali yang menyokong berat beban.

gambar Pesawat Sederhana

Misalnya seperti pada Gambar di atas, gaya kuasa pada katrol majemuk tersebut adalah 4, karena jumlah tali yang mengangkat beban ada 4 (tali kuasa tidak diperhitungkan).

Keuntungan mekanis (KM) adalah bilangan yang menunjukkan berapa kali pesawat sederhana menggandakan gaya. Caran menghitungnya adalah dengan menghitung besar perbandingan gaya beban dengan gaya kuasa yang diberikan pada benda. Berikut adalah persamaan matematisnya:

Roda Berporos

Roda gigi (gear) dan ban pada sepeda adalah salah satu contoh pesawat sederhana roda berporos. Roda gigi berfungsi sebagai pusat pengatur gerak roda sepeda yang terhubung langsung dengan roda sepeda, sedangkan roda sepeda menerapkan prinsip roda berporos untuk mempercepat gaya saat melakukan perjalanan. Selain roda sepeda, contoh penerapan pesawat sederhana jenis roda berporos adalah pada kursi roda, mobil, dan sepatu roda.

Bidang Miring

Bidang miring merupakan bidang datar yang diletakkan miring atau membentuk sudut tertentu sehingga dapat memperkecil gaya kuasa. Contoh penerapan bidang miring adalah tangga, sekrup, dan pisau.

Keuntungan mekanis bidang miring dapat  dihitung sebagai berikut.

rumus Pesawat Sederhana

Karena segi tiga yang besar sebangun dengan segitiga yang kecil, maka

sehingga, KMbidang miring = l / h

dengan:

  • KM = keuntungan mekanis
  • FB = gaya beban
  • FK = gaya kuasa
  • l = panjang bidang miring
  • h = tinggi bidang miring

Pengungkit

Pengungkit adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh alat-alat yang merupakan pengungkit antara lain gunting, linggis, jungkat-jungkit, pembuka botol, sekop, koper, pinset, dan sebagainya.

Pengungkit dapat memudahkan usaha dengan cara menggandakan gaya kuasa dan mengubah arah gaya. Agar kita dapat mengetahui besar gaya yang dilipatgandakan oleh pengungkit maka kita harus menghitung keuntungan mekanisnya.

Cara menghitung keuntungan mekanisnya adalah dengan membagi panjang lengan kuasa dengan panjang lengan beban. Panjang lengan kuasa adalah jarak dari tumpuan sampai titik bekerjanya gaya kuasa. Panjang lengan beban adalah jarak dari tumpuan sampai dengan titik bekerjanya gaya beban.

Karena syarat kesetimbangan tuas adalah FB × LB = FK × LK  dan KM = FB / FK, maka

KMtuas = LK  /  LB

dengan :

  • KM = keuntungan mekanis
  • FB = gaya beban
  • FK = gaya kuasa
  • LK = lengan kuasa
  • LB = lengan beban

Jenis-jenis Pengungkit

  • Pengungkit jenis 1. Pengungkit jenis 1 adalah pengungkit yang letak titik tumpunya berada di antara titik beban dan titik kuasa. Contoh pengungkit kelas 1 adalah gunting, tang, pemotong kuku, timbangan, catut, pembolong kertas, jungkat-jungkit buatan, palu, jepit rambut, penjepit kertas.
  • Pengungkit jenis 2. Pengungkit jenis 2 adalah pengungkit yang letak titik bebannya berada di antara titik kuasa dan titik kuasa. Contoh pengungkit kelas 2 adalah gerobak roda satu, pemecah kemiri, dan pembuka kaleng.
  • Pengungkit jenis 3. Pengungkit jenis 3 adalah pengungkit yang letak titik kuasanya berada di antara titik beban dan titik kuasa. Contoh pengungkit kelas 3 adalah alat memancing, sekop, pinset, sapu, staples, penjepit es, dan jangka.

Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Sistem Gerak Manusia

prinsip pesawat sederhana juga ada yang berlaku pada struktur otot dan rangka manusia. Pada saat mengangkat barbel telapak tangan yang menggenggam barbel berperan sebagai gaya beban, titik tumpu berada pada siku (sendi di antara lengan atas dan lengan bawah), dan kuasanya adalah lengan bawah. Titik tumpu berada di antara lengan beban dan kuasa, oleh karena itu lengan disebut sebagai pesawat sederhana pengungkit jenis ketiga.

Selain pada kegiatan mengangkat barbel, kegiatan jinjit, berdiri, dan menunduk juga menggunakan prinsip pengungkit.

Video Media Pembelajaran IPA Kelas 8 subbab Pesawat Sederhana

Berikut ini adalah media pembelajaran video yang menjelaskan apa itu pesawat sederhana dan bagaimana cara kerjanya.

Asesmen Online IPA Kelas 8 subbab Pesawat Sederhana

Asesmen online interaktif ini bisa kalian gunakan untuk mengukur pemahaman tentang materi pesawat sederhana IPA SMP Kelas 8.

https://quizizz.com/join/quiz/5c832260dbbb69001bfc3dd9/start

Demikianlah Modul Online Interaktif IPA Kelas 8 subbab Pesawat Sederhana yang bisa kami sediakan untuk program pembelajaran individu bagi siapa saja yang membutuhkan. Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan