IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 “Menjaga Kesehatan Reproduksi”

IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 “Menjaga Kesehatan Reproduksi”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 dengan kajian tentang Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Pubertas.

Dalam sehari Anda berapa kali mandi? Apa yang Anda lakukan ketika Anda akan membersihkan diri Anda? Inilah pertanyaan yang harus kita tanamkan pada diri kita ketika hendak membersihkan diri kita.

Menjaga kesehatan reproduksi sangat penting Anda lakukan untuk diri sendiri. Kalau Anda bisa menjaga diri, tentu saja hidup Anda akan sehat.

Mandi saja tidak cukup menjadi salah satu cara untuk membersihkan dan menjaga kesehatan Anda, tetapi menjaga pola hidup akan memberikan dampak besar bagi kesehatan Anda yang sebenarnya.

Materi berikut ini merupakan pembelajaran tentang pentingnya menjaga kebersihan terutama menjaga kebersihan alat reproduksi. Dalam mengulas tentang materi menjaga alat reproduksi terkadang membuat seseorang malu menyampaikannya, karena sering dikaitkan dengan seks.

Padahal membahas seks sekalipun bukanlah hal yang tabu. Sementara itu, permasalahan ini sangat perlu. Oleh karena itu, dalam hal ini tanggung jawab keluarga sangat besar. Oleh sebab itu ada baiknya kita pelajari materi berikut ini. berikut ulasan tentang cara menjaga kebersihan alat reproduksi

Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi (IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2)

Alat reproduksi laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda. Bentuk alat reproduksi laki-laki yang letaknya di luar, memudahkan untuk merawat dan membersihkannya.

Akan tetapi, berbeda dengan perempuan yang memerlukan perawatan yang lebih. Hal tersebut dikarenakan organ reproduksi berada di dalam. Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan alat reproduksi? Simak penjelasan berikut.

Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Perempuan

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan organ reproduksi perempuan.

  • Sebaiknya mandi dua kali sehari dengan air bersih. Jika badan kotor dan lengket, sebaiknya langsung dibersihkan.
  • Gunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat dan air, usahakan suasananya tidak basah dan lembap karena lingkungan tersebut memudahkan tumbuhnya bakteri dan kuman.
  • Saat mengalami menstruasi, sebaiknya mengganti pembalut setiap beberapa jam sekali. Pembalut yang dikenakan harus bersih, nyaman, serta berbahan lembut.
  • Membasuh organ reproduksi sehabis buang air kecil. Cara membersihkannya adalah dari arah depan ke belakang. Hal ini dilakukan agar kuman dari anus tidak masuk ke saluran reproduksi. Hindarilah penggunaan sabun yang mengandung deodoran atau parfum untuk membasuh kemaluan.
  • Jangan terlalu sering memakan makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Garam dapat menyebabkan perasaan tertekan dan tegang.
  • Minumlah air putih lebih banyak dan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Saat menstruasi, banyak zat besi yang hilang dari tubuh kita melalui darah menstruasi.
  • Berolahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh.
  • Tidak memasukkan benda asing ke dalam vagina.
  • Menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil.

Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Laki-Laki

Remaja laki-laki dapat menjaga kebersihan organ reproduksinya dengan cara-cara berikut.

  • Mandilah minimal dua kali sehari menggunakan air bersih. Jika badan terasa kotor dan lengket, sebaiknya langsung dibersihkan.
  • Gantilah pakaian paling sedikit dua kali sehari.
  • Basuhlah organ reproduksi sehabis buang air kecil.
  • Berolahraga secara teratur dan minum air putih yang cukup banyak
  • Hindari pemakaian pakaian dalam yang terlalu ketat karena dapat meningkatkan suhu testis sehingga mengganggu spermatogenesis.
  • Tidak menggunakan celana dalam dari nilon, karena tidak menyerap air/keringat. Suasana lembap disukai jamur dan bakteri.
  • Menjalani khitan mencegah penumpukan kotoran, sisa urine, semen dan cairan yang keluar dari kelenjar-kelenjar pada organ reproduksi.
  • Menghilangkan kebiasaan mandi dengan air panas, temperatur yang sejuk diperlukan untuk perkembangan sperma.
  • Menghindari rokok dan minuman beralkohol.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Pubertas

Pada masa pubertas, terjadi perubahan pada remaja pria dan remaja putri. Pada masa ini, produksi hormon meningkat. Peningkatan produksi hormon ini menyebabkan aktifnya kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Aktifnya kedua kelenjar ini dapat mengakibatkan jerawat dan tubuh berbau kurang sedap.

Kebersihan dan kesehatan tubuh harus selalu dijaga, termasuk kebersihan dan kesehatan alat reproduksi. Berikut cara-cara menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi.

  • Biasakan mengenakan pakaian dalam dari katun. Katun bersifat menyerap keringat sehingga kita terhindar dari kelembapan. Kelembaban pada lipatan kulit dapat menyebabkan tumbuhnya jamur kulit. Gantilah pakaian dalam setiap kali habis mandi atau setiap saat kamu merasa lembap pada pakaian dalammu.
  • Bilaslah setiap kali habis buang air kecil. Gunakan air bersih. Setelah dibasuh, keringkan dengan handuk atau tisu.
  • Bagi remaja putri yang sedang menstruasi, gunakan pembalut yang lembut. Gantilah pembalut setiap kali pembalut yang kamu pakai terasa lembap. Gantilah minimal empat kali sehari.

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 “Menjaga Kesehatan Reproduksi”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 tentang Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Pubertas di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 “Menjaga Kesehatan Reproduksi”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 tentang Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Pubertas di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5e9dc0ae47de1f001b8323a8/start

IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 “Menjaga Kesehatan Reproduksi”

Demikianlah modul online Materi IPA Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan