Arti Kata Inflasi, dan Jenis Inflasi

Arti Kata Inflasi, dan Jenis Inflasi

Arti kata inflasi, dan Jenis Inflasi – Jual beli adalah suatu kegiatan yang setiap hari dilakukan oleh masyarakat baik masyarakat desa maupun masyarakat kota, baik di Negara kecil maupun Negara yang maju atau berkembang. Dalam kegiatan jual beli pasti sering terjadi yang namanya naik turun harga baik harga barang maupun harga jasa.

Namun kenaikan tersebut terkadang ada yang berlangsung secara terus menerus dan juga dalam waktu yang sangat lama, kenaikan seperti ini biasanya sering disebabkan karena adanya kenaikan harga bahan bakar minyak atau yang sering di singkat dengan istilah BBM.

Jika terjadi kenaikan bahan bakar minyak atau BBM sering diikuti dengan naiknya harga-harga barang dan juga harga-harga jasa. Pada saat kejadian seperti itu sering kali kita dengan istilah inflasi. Buat Anda yang ahli dalam ilmu ekonomi mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah inflasi, namun bagi orang awam kata inflasi masih sangat asing dan bahkan mereka masih banyak yang belum tahu apa arti kata inflasi tersebut. Untuk itu di bawah akan kami jelaskan tentang kata inflasi.

Apa Arti Kata inflasi

Kata inflasi kerap kali kita dengar pada saat kita mendengarkan berita, khususnya pada saat berita tentang masalah ekonomi. Kata inflasi sering kali digunakan pada saat terjadi kenaikan harga-harga secara bersamaan.

Inflasi juga bisa diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dimana barang dan jasa tersebut merupakan kebutuhan pokok masyarakat atau turunnya daya jual mata uang suatu negara.

Inflasi merupakan suatu permasalahan yang cukup serius yang dihadapi oleh pemerintah kita khususnya, inflasi tersebut sebenarnya harus segera diatasi oleh pihak pemerintah. Inflasi itu sendiri terbagi atas empat tingkatan yaitu :

  • Inflasi tingkat rendah
  • Inflasi tingkat sedang
  • Inflasi tingkat tinggi
  • Inflasi tingkat hiper

Jadi apa sebenarnya arti kata inflasi? Kenapa inflasi itu sendiri terbagi atas empat tingkatan? Untuk mengetahui arti kata inflasi anda harus baca dan simak artikel satu ini, karena di bawah akan dijelaskan secara lebih jelas tentang arti kata inflasi.

Definisi dan Jenis inflasi

Masalah ekonomi memang tidak jauh dengan kata inflasi. Apa arti kata inflasi? Inflasi merupakan suatu keadaan terjadinya kenaikan semua harga-harga yang ada baik barang maupun jasa. Kenaikan tersebut dilakukan secara serentak atau bersama sama dan terjadi dalam waktu yang lama bukan dalam waktu pendek. Jika kenaikan harga hanya terjadi dalam waktu yang pendek atau hanya terjadi dalam hitungan hari atau minggu saja maka keadaan tersebut tidak bisa dikatakan sebagai kejadian inflasi.

Inflasi juga berati keadaan perekonomian yang ditandai oleh kenaikan harga secara cepat sehingga berdampak pada menurunnya daya beli; sering pula diikuti menurunnya tingkat tabungan dan atau investasi karena meningkatnya konsumsi masyarakat dan hanya sedikit untuk tabungan jangka panjang.

Menurut ilmu ekonomi modern, terdapat dua jenis inflasi yang berbeda satu sama lain, yaitu inflasi karena dorongan biaya (cost-push inflation) dan inflasi karena meningkatnya permintaan (demand-pull inflation).

Contoh inflasi karena dorongan biaya, misalnya kenaikan upah memaksa industri untuk menaikkan harga guna menutup biaya upah dalam kontrak yang baru yang mengakibatkan adanya pola siklus upah dan harga yang lebih tinggi yang disebut spiral harga upah (wage price spiral).

Lain halnya dengan inflasi karena meningkatnya permintaan, permintaan yang tinggi atas kredit merangsang pertumbuhan produk nasional bruto yang selanjutnya menarik harga lebih lanjut ke atas.

Beberapa ahli ekonomi percaya bahwa inflasi karena meningkatnya permintaan dapat dikendalikan melalui kombinasi kebijakan Bank Sentral dan kebijakan Departemen Keuangan, misalnya kebijakan uang ketat oleh Bank Sentral dan pengendalian pengeluaran oleh Pemerintah.

Inflasi karena dorongan biaya diduga dapat lebih baik dikendalikan melalui pertambahan tingkat pertumbuhan perekonomian daripada melalui kebijakan moneter ataupun fiskal (inflation)

Terjadinya inflasi biasanya dikarenakan adanya kenaikan BBM, seperti yang anda ketahui setiap harga BBM naik maka semua harga-harga barang maupun jasa pun ikut naik, kenaikan tersebut terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Nah, kejadian itu disebut sebagai inflasi.

Inflasi juga biasanya terjadi karena menurunnya nilai tukar rupiah pada dollar, selain itu juga dikarenakan sedikitnya jumlah produksi sedangkan jumlah pemakaiannya sangat banyak sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya inflasi atau kenaikan harga. Sekarang sudah tahukan apa itu arti kata inflasi.

Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam belajar menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan