Membaca Candlestick Crypto dengan Bena

Membaca Candlestick Crypto dengan Benar

Membaca Candlestick Crypto dengan BenarDemi bisa memastikan bahwa sebuah proses investasi melalui media crypto dapat dilakukan dengan baik, setiap orang perlu memperhatikan bagian Candlestick. Apalagi sebenarnya cara membaca Candlestick Crypto bisa menjadi hal yang mudah asalkan memang dilakukan dengan cara yang teliti dan benar. Selain itu, jika memang benar, maka keuntungan nanti akan datang.

Sebelum mencoba untuk melakukan proses pembacaan bagian Candlestick dengan benar pada investasi masing-masing, sebaiknya tetap perhatikan beberapa hal yang penting. Terutama bagi beberapa orang yang baru pertama kali mencoba, ada beberapa tips yang wajib dikenali sebelum nanti dipraktikkan secara langsung. Silakan simak beberapa tips ini sebelum nanti mencoba untuk membacanya sebagai dasar pertimbangan pembelian atau penjualan aset crypto:

1. Mengenal Elemen Dasar

Ada beberapa hal yang sebenarnya penting untuk dipahami namun tetap saja masih diabaikan oleh investor padahal bisa membantu melakukan pembacaannya. Misalnya saja, setiap orang sebaiknya mulai dengan mengenali beberapa elemen yang dasar yang menyusun Candlestick untuk memudahkan ketika langsung mempraktikkan. Elemen seperti panjang dari Candlestick sampai rasionya perlu untuk dikenali.

Nah, karena ini adalah elemen statistik, maka silakan pahami dulu tentang bentuk-bentuk penyajian statistik terutama bentuk-bentuk grafik atau diagram serta elemennya. Juga tak kalah pentingnya adalah memahami apa itu data time series.

2. Memahami Perang Candlestick

Untuk jenis tips yang berikutnya ini juga wajib diketahui sejak awal karena sebuah investasi terkadang memang menunjukkan kompetisi tampak seperti perang. Namun perang yang dimaksud di sini adalah yang terjadi antara penjual dan pembeli Crypto yang berkompetisi untuk memanfaatkan peluang yang ada. Belum lagi jika ada beberapa aspek yang menjadi pendukung nantinya.

Perang candlestick tak lepas dari apa yang disebut dengan trend. Definisi trend di sini adalah definisi statistik, yaitu sebuah pola tertentu yang cenderung linier yang menggambarkan perkembangan atau pergerakan data dari waktu ke waktu atau atas dasar keterkaitannya dengan perubahan variabel lain.

3. Memperhatikan Gambaran Besar

Kemudian untuk tips khusus membaca Candlestick Crypto yang berikutnya ini lebih berkaitan dengan memahami gambaran besar yang ada dalam Candlestick. Ditambah lagi, biasanya hanya tampak beberapa gambaran secara kecil saja yang menunjukkan seperti apa perbedaan dengan Candlestick yang sebelumnya ada. Perhatikan pula perubahan tubuh Candlestick terutama dengan di masa lalu.

Jadi, setelah Anda memahami apa itu data time series, Anda akan paham bagimana menentukan dimensi waktu yang Anda butuhkan untuk ditampilkan dalam grafik. Bagaimana pula trendnya pada durasi waktu tertentu.

4. Mengetahui Formasi Candlestick

Sementara itu, untuk tips yang keempat ini lebih berfokus pada memahami seperti apa formasi yang dimiliki oleh Candlestick yang ada. Tidak dapat dielakkan bahwa sejak awal, memang sudah ada berbagai jenis formasi yang dimilikinya sehingga jangan sampai terkecoh dengan pengalaman sebelumnya. Perhatikan pula jenis broker yang dipakai untuk memudahkan proses pembacaannya.

5. Menghafal Anatomi Candlestick

Jangan sampai terlewatkan untuk dikenali dan juga dipraktekkan langsung, tips membaca Candlestick Crypto ini juga bisa dicoba sesuai dengan situasi. Apalagi tentu saja bukan lagi sebuah rahasia bagi para investor jika Candlestick dilengkapi dengan anatomi yang khusus sesuai dengan fungsinya. Selain itu, coba untuk memperhatikan bagian batang dan termasuk ujungnya.

Memahami karakteristik ini hampir sama dengan anlisa teknikal saham. Dimana anlisis ini bertumpu pada analisis statistik murni tanpa ada intervensi yang bersifat fundamental, seperti kondisi ekonomi, selera dan lainnya.

6. Mengecek Bagian Warna

Selanjutnya, tips yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk langsung dicoba adalah dengan mencoba melakukan pemeriksaan terutama untuk warna dari Candlestick. Secara sederhana, setiap Candlestick memiliki bagian yang warnanya cukup bervariasi mulai putih sampai warna hijau yang menunjukkan tanda yang berbeda-beda. Tanda hijau biasanya menunjukkan hasil akhir pembelian yang cukup besar.

Namun, secara umum warna-warna ini mewakili pergerakan data, yaitu penambahan, pengurangan, atau stagnasi. Warna yang tegas biasanya mewakili perubahan yang signifikan. Misalnya warna hijau tegas yang berarti kenaikan nilai yang signifikan, sedangkan hijau muda biasanya berarti adanya kenaikan namun tidak terlalu besar. Sebaliknya, warna merah mencolok berarti adanya penurunan nilai yang sangat signifikan.

7. Menggunakan Strategi Terbaik

Semakin ke sini memang semakin tersedia berbagai tipe strategi untuk investasi Crypto yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang dengan tepat. Namun terkadang, jika menentukan strategi yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan brokernya, bisa menjadi permasalahan baru dan memunculkan kerugian. Sebaiknya lebih pertimbangkan terkait dengan strategi apa yang akan dipakai.

Ada berbagai jenis indikator teknikal yang bisa anda pakai sebagai dasar pengambilan keputusan. Indikator ini biasanya tetap berdasar pada analisis forecasting atau peramalan. Misalnya MACD (Moving Averages Convergence Divergence), Candlestick PTC yang dipopulerkan oleh Steve Nison, atau Support/Resistance Level yaitu teknik analisis teknikal terbaik untuk digabungkan dengan berbagai indikator analisis teknikal yang lain.

 

Uraian mengenai beberapa tips yang bisa membantu dalam membaca Candlestick Crypto seperti di atas tentu saja jangan sampai dilewatkan dahulu. Ditambah lagi, terutama bagi orang yang pertama mencoba, melakukan pembacaan Candlestick bisa menjadi hal sulit untuk dilakukan secara langsung nantinya. Belum lagi jika perlu memahami formasi atau strategi yang ada.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan. (maglearning.id).

 

Loading...

Tinggalkan Balasan