Syarat Harta Yang Wajib Dizakati

Syarat Harta Yang Wajib Dizakati, Apa Saja ?

Syarat harta yang wajib dizakati harus diketahui oleh setiap para muzakki. Hal ini penting mengingat, sebab ketidaktahuan kita kemudian harta yang seharusnya sudah memenuhi syarat untuk dizakati kemudian tidak dizakati. Dan faktanya, hal ini sangat banyak terjadi.

Zakat adalah ibadah wajib, mengetahui syarat harta yang harus dizakati juga hukumnya wajib. Zakat mal adalah menyedekahkan sebagian harta kekayaan kita kepada orang yang membutuhkan.

 

Apa Saja Syarat harta yang wajib dizakati 

Berikut ini, kami memposting sesuai pendapat Jumhur (ulama kebanyakan) yang sepakat dan menegaskan bahwa persyaratan bagi harta yang wajib dizakati adalah sebagai berikut :

  1. Milik penuh, yaitu kekayaan yang berada di bawah kekuasaan pemilik dan tidak tersangkut di dalamnya hak orang lain.
  2. Berkembang, yaitu kekayaan yang dikembangkan atau mempunyai potensi untuk berkembang produktif dan memberikan keuntungan atau pendapatan.
  3. Cukup satu nishab, yaitu jumlah minimal harta kekayaan yang harus dikeluarkan zakatnya dalam waktu tertentu.
  4. Lebih dari kebutuhan biasa (kebutuhan rutin). Yang dimaksud dengan kebutuhan rutin adalah sesuatu yang harus ada untuk ketahanan hidup, seperti makanan, minuman, pakaian, perumahan, dan alat-alat kerja.
  5. Bebas dari utang (pemilikan sempurna). Bila mempunyai utang yang menghabiskan atau mengurangi jumlah satu nishab, maka pemilik tidak wajib mengeluarkan zakat.
  6. Berlaku satu tahun (haul). Persyaratan satu tahun hanya untuk ternak, uang, dan harta perdagangan. Zakat dari jenis harta seperti ini disebut dengan istilah zakat modal. Sedangkan hasil pertanian (seperti buah-buahan dan madu), logam mulia, harta temuan dan lain-lainnya yang sejenis, disebut dengan istilah zakat pendapatan.

 

Harta Apa saja yang Wajib Dizakati

Berikut daftar jenis mal atau harta kekayaan yang wajib dizakati

  • Emas dan Perak
  • Binatang Ternak
  • Hasil Pertanian
  • Harta perniagaan
  • Kekayaan hasil tambang dan Kekayaan Laut

Adapun nisab atau syarat jumlah minimum zakat maal yakni 85 gram emas. Jika dalam bentuk harta lain, maka yang setara harga emas 85 gram dari nisab tersebut diambil 2,5% sebagai kadar zakat maal.

 

Cara Menghitung Zakat Maal

Berikut ini adalah rumus perhitungan zakat mal:

Nisab zakat maal: 2,5% x jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun.

 

Contoh, jika anda mempunyai emas 100 gram yang disimpan selama satu tahun penuh, maka wajib zakat yang dikeluarkan dalam setahun dari harta yang disimpan adalah sebesar 2,5 % x 100 gram = 2,5 gram atau uang senilai emas tersebut.

 

Demikianlah bahasan sederhana kami tentang Syarat Harta Yang Wajib Dizakati, semoga bermanfaat dan membangun kesadaran untuk menunaikan atau membayar zakat, tidak saja zakat fitrah tetapi juga zakat maal. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan yang lebih berbahagia (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan