Tentukan Kebutuhanmu, VPS atau Dedicated Server

Tentukan Kebutuhanmu, VPS atau Dedicated Server ?

Pilih VPS atau Dedicated Server ? Web hosting menghubungkan situs anda dengan internet. Ada ribuan perusahaan web hosting yang beroperasi di dunia ini, dan anda harus memilih salah satu di antaranya. Tidak hanya itu jenis server juga sangat perlu diperhatikan agar tidak salah pilih. Jadi bagaimana seorang pengusaha memilih salah satu yang tepat untuk bisnisnya? Termasuk Anda.

Untuk memastikan bahwa perusahaan hosting Anda mendukung kebutuhan bisnis Anda dan tidak menciptakan rintangan yang tidak perlu untuk keberhasilan situs web Anda, Anda harus terlebih dahulu memahami jenis utama dari server. Kemudian, pertimbangkanlah beberapa kriteria dasar agar Anda dapat memilih pilihan terbaik.

Pemilihan server yang salah dapat mengakibatkan kerugian dalam bisnis, terutama dari segi biaya dan potensi pendapatan yang signifikan. Misalnya kehilangan potensi jumlah pengunjung website karena spesifikasi server yang tidak memenuhi, atau memilih jenis server berbiaya mahal padahal jumlah pengunjung masih belum banyak.

Pada dasarnya ada dua jenis server yang paling banyak digunakan yaitu shared server dan dedicated server, saat ini juga ada yang dinamakan VPS server. Apa itu ?

 

Perbedaan VPS dan Dedicated Server

Dedicated server vs vps mana yang lebih baik ? untuk mengetahuinya kita bahas dulu satu per satu pengertian dan karakteristik kedua jenis server ini.

Apa itu VPS (Virtual Private Server)

Virtual Private Server (VPS) adalah jenis server yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi server fisik menjadi beberapa server virtual yang di hosting di infrastruktur fisik yang sama. Pada dasarnya hampir mirip dengan shared server namun secara virtual dibuat menjadi private walaupun tetap dengan shared hardware.

Dulu sistem administrator hanya memiliki satu server fisik dan hanya digunakan untuk satu tujuan server tertentu. Nah, system virtualisasi ini memungkinkan untuk meng-host beberapa server pada satu server fisik.

Setiap server bisa memiliki tujuan mereka sendiri dan sistem operasi yang berbeda satu sama lain. Dengan demikian admin dapat mengimprovisasi tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi.

Admin dapat melakukan konfigurasi software serta mengatur skalabilitas dari daya pemrosesan (processing power), RAM, dan disk space dengan biaya yang jauh lebih murah daripada menggunakan dedicated server.

 

Kelebihan VPS

Berikut ini adalah beberapa kelebihan lain dari VPS:

  1. Kebebasan Pilihan Konfigurasi

Karena ini adalah server privat (walaupun virtual) maka memungkinkan Anda untuk melakukan konfigurasi sendiri pada server Anda dengan bebas.

  1. Dapat Memaksimalkan Resources

Dengan menggunakan VPS maka RAM, CPU, Bandwidth akan Anda gunakan sepenuhnya sendiri. Tidak perlu tercampur dan berbagi resource dengan pengguna lain. Dengan demikian performa situs anda bisa dioptimalkan secara lebih baik.

  1. Perfoma Lebih Baik

Performa server akan lebih baik, karena secara virtual semua sumber daya digunakan sendiri secara privat sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemungkinan untuk terjadi downtime juga lebih rendah karena server Anda tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Website dengan performa yang baik akan terhindar dari kemungkinan bounceback dari pengunjung.

  1. Keamanan dan Privasi Lebih Terjamin

VPS memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai file dalam database tersendiri. Pengguna VPS lain tidak akan bisa mengakses database Anda walaupun berada dalam satu server fisik.

  1. Skalabilitas Baik

Apabila menggunakan VPS, Anda bisa dengan mudah meningkatkan skala CPU, bandwidth, ruang penyimpanan, dan sumber daya server lainnya untuk mengimbangi perkembangan kebutuhan resource Anda. Ini sangat penting bila di kemudian hari ternyata perkembangan bisnis Anda signifikan sehingga Anda tidak kehilangan potensi pendapatan.

  1. Kontrol Penuh

Ketika Anda menggunakan VPS ada akan memiliki akses ke SSH (Secure Shell Connection) dan root server Anda. Walaupun berada dalam satu server fisik yang sama dengan pengguna VPS lain. Dengan demikian Anda dapat dengan leluasa memodifikasi sistem operasi, berbagai file, aplikasi yang digunakan, hingga konfigurasi keamanan yang Anda kehendaki.

  1. Harga Murah

Bila dibandingkan dengan dedicated server, harga VPS jauh lebih murah bahkan hingga 80%-nya saja. Hal ini tentu sangat menarik untuk bisnis yang masih dalam skala belum terlalu besar.

 

Kekurangan VPS

Disamping beberapa keunggulan di atas Anda harus memperhatikan beberapa kelemahan dari VPS, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Butuh Kemampuan Teknis yang Cukup

Anda atau siapa pun yang Anda percayai sebagai admin server Anda wajib memiliki kemampuan teknis yang memadai. Hal ini terkait dengan konfigurasi VPS yang fleksibel dan banyak pengaturan di berbagai aspek yang ditawarkan VPS. Dengan demikian pengguna wajib memahami pengetahuan teknis pengoperasian server dengan baik. Satu kesalahan saja dilakukan pada proses konfigurasi dapat berakibat fatal.

  1. Harga Relatif Lebih Tinggi

Bila saya sebutkan di atas bahwa VPS lebih murah dibandingkan dedicated server, namun masih sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan shared server konvensional. Karena memang bersifat lebih eksklusif dan sumberdaya yang sedikit berbeda.

 

Dedicated Server

Apa itu Dedicated Server? Pada dasarnya, dedicated server merupakan sebuah layanan server secara eksklusif yang didedikasikan hanya untuk satu pengguna saja. Bila VPS Anda dapat mengoptimalkan seluruh resources yang tersedia secara optimal namun hanya secara virtual, maka dedicated server semua resources sepenuhnya dalam control Anda.

Dedicated server memiliki akses yang full control atau kendali penuh untuk menentukan jenis virtualisasi/OS yang akan digunakan, sesuai kebutuhan Anda.

 

Kelebihan Dedicated Server

  1. Performa Jauh lebih Andal dan Maksimal

Dedicated server memiliki performa jauh lebih optimal dengan kapabilitas tinggi untuk sebuah website maupun aplikasi. Anda tidak akan terganggu dengan pengguna lain yang menggunakan sumber daya fisik yang sama, sekaligus sudah pakai teknologi virtual. Jika salah satu website mengalami kenaikan traffic yang tinggi, maka penurunan sumber daya mungkin akan terjadi pada website lain yang ada didalamnya.

Kinerja server yang bersifat dedicated akan meminimalisir berbagai kendala yang mungkin muncul seperti downtime ataupun koneksi yang lambat. Karena sepenuhnya sumber daya secara fisik adalah “milik Anda”.

  1. Jaminan Privasi

Dedicated server memberikan jaminan keamanan bagi setiap pengguna karena Anda tidak harus berbagi sumber daya dengan pengguna lain, sehingga terhindar dari aktivitas tetangga (noisy neighbor). Dengan demikian privasi dan keamanan semakin terjamin. Keamanan menjadi faktor utama bagi setiap industri bisnis, terutama bagi mereka yang berperan dalam mengelola data sensitif seperti industri keuangan maupun E-Commerce.

  1. Akses dan Kontrol Penuh

Pada dedicated server, akses dan kendali juga akan diberikan sepenuhnya kepada pengguna. User dapat meng-install software atau aplikasi lain yang diinginkan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki server tersebut. Dengan begitu, pengguna dengan dapat leluasa mengatur kapasitas serta pembagian daya terhadap beragam perangkat lunak yang dimiliki.

  1. Potensi Kehilangan Pelanggan yang Lebih Rendah

Anda dapat melakukan monitoring dan maintenance dengan lebih mudah, dan terhindar dari kesalahan pengelolaan server maupun kemungkinan ancaman downtime. Dengan demikian risiko kehilangan pelanggan karena kegagalan akses pada website bisa semakin ditekan.

 

Kekurangan Dedicated Server

Disamping memiliki berbagai keuntungan di atas, dedicated server tentu juga punya kelemahan, Diantarannya adalah :

  1. Membutuhkan skill teknis yang memadai

Dalam pengoperasian dedicated server, dibutuhkan tenaga ahli (IT) yang memiliki kemampuan dan wawasan untuk dapat mengoperasikan server

  1. Harganya Mahal

Dari semua jenis server yang telah dibahas di atas maka dedicated serverlah yang paling mahal. Harganya bisa 4 sampai 7 kali harga VPS. Namun, semua itu akan terbayar bila potensi pendapatan Anda signifikan. Jenis server ini sangat cocok untuk bisnis skala nasional, apalagi internasional.

 

Panduan Memilih Penyedia Server yang Tepat

Apa yang harus perhatikan dalam memilih penyedia server yang tepat ? Setelah Anda memutuskan pada jenis pilihan server yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, pertimbangkan beberapa hal berikut dalam memilih penyedia server tertentu:

  1. Biaya

Meskipun penting untuk mencari penyedia server yang menawarkan harga yang wajar, hindari sepenuhnya program yang menawarkan harga tidak wajar, karena mereka mungkin tidak dapat diandalkan dan biaya yang rendah sering berakhir pada layanan yang buruk.

  1. Komentar pelanggan

Komentar pelanggan dapat menjadi sumber yang bagus dalam mengevaluasi penyedia server karena setiap perusahaan dapat memasang sebuah halaman penjualan yang tampak profesional dan membuat bermacam promosi. Jika Anda ingin rekomendasi dari kami mengenai penyedia VPS Indonesia terbaik maka pertimbangkanlah Niagahoster. Selain harganya yang murah, namun tetap memiliki pelayanan yang terbaik.

  1. Dukungan pelanggan

Apakah Anda seorang webmaster awal atau pemilik bisnis digital yang lebih berpengalaman, Anda akan membutuhkan tim dukungan pelanggan yang dapat diandalkan dibalik pilihan server Anda. Carilah perusahaan yang menyediakan dukungan telepon 24/7, akses email dan chatting online. Sebelum menentukan pilihan, ujilah masing-masing fitur ini untuk dapat merasakan seberapa baik kebutuhan Anda akan terpenuhi .

  1. Penyimpanan dan bandwidth penunjang

Sebagaimana banyaknya pilihan hosting yang menawarkan disk space dan bandwith, sebaiknya ini tidak menjadi perhatian bisnis anda. Tetapi penting untuk memperhatikan bahwa pilihan Anda memiliki cukup ruang agar website Anda dapat beroperasi dengan efektif.

 

Nah, demikianlah bahasan kami mengenai perbedaan vps dan dedicated server. Pilihan Anda pada jenis server dan penyedia server yang tepat akan menentukan kesuksesan bisnis Aada di masa depan. Salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan