Penggunaan Pemasaran Digital Bisnis

Penggunaan Pemasaran Digital Bisnis

Penggunaan Pemasaran Digital Bisnis – Pada tahun 2012 saja, dari 230 juta penduduk di Indonesia, 45 juta-nya sudah menggunakan internet. Baik sekedar untuk chatting, facebook, twitter, hingga mencari informasi. Tahukah anda kalau jumlah total pengguna ini sudah meningkat 100% dibandingkan tahun 2007 tahun lalu? Bahkan di tahun 2015, 150 juta penduduk di Indonesia sudah menggunakan Internet.

Jumlah ini berarti 40 kali lipat dari jumlah penduduk Singapura, 5 kali lipat dari jumlah penduduk di Australia, Hampir sama dengan jumlah penduduk di Jepang. Dengan singkat, ini adalah jumlah yang sangat besar. Dan sekarang adalah saat yang paling tepat untuk memulai pemasaran online untuk bisnis anda. Sekarang kita lebih banyak menyebutnya dengan istilah digital marketing atau pemasaran digital.

Membuat strategi bisnis tanpa menggunakan strategi pemasaran online saat ini seperti Perusahaan Kodak. Perusahaan raksasa ini tidak mengikuti perubahan dan apa yang terjadi? BANGKRUT! Strategi Online dan Offline anda harus mulai di samakan untuk mendapatkan exposure dan profit yang maksimal.

Mungkin anda masih menggunakan TV, Billboard, Flyer, Exhibition, dsb sebagai cara pemasaran. Namun, saat penggunaan strategi pemasaran semacam ini sudah sangat sedikit bila dibandingkan dengan penggunaan pemasaran digital dalam bisnis.

Tapi saat strategi pemasaran itu dikombinasikan dengan penggunaan Twitter, Facebook, Google, Youtube, dsb, dapat memberikan hasil yang luar biasa. Sebagai contoh, bagaimana Magnum memasarkan produk mereka di tahun 2011. Mereka menggabungkan pemasaran offline dan online secara sekaligus. Offline dengan ‘Cafe’, billboard, PR, dsb. Online dengan social media dan online advertising. Hasilnya sangat bagus.

Langkah pertama untuk memulai dapat dimulai dari Search Engine. Karena orang mencari informasi atau produk secara online. Dan mesin pertama yang akan mereka tanya adalah… Search engine seperti Google, Yahoo!, Bing bahkan Yandex atau Baidu.

Ada dua pendekatan yang paling banyak digunakan dalam strategi digital marketing ini yaitu SEO dan SEM. SEO adalah kependekan dari search engine optimization dan SEM adalah singkatan dari search engine marketing. Kedua pendekatan ini adalah pendekatan yang paling tok cer sekaligus paling umum dalam dunia digital marketing.

Bagaimana website kita muncul di halaman pertama hasil pencarian akan menempatkan bisnis anda ke dalam pasar. Strategi ini harus di desain sejak awal pembuatan website. Kenapa? Karena perubahan di kemudian hari akan lebih sulit daripada dimulai saat awal.

Perang kata kunci untuk memperebutkan posisi paling atas adalah strategi berikutnya dan diikuti oleh koleksi kueri yang terarah pada landing page laman bisnis. Ada empat macam jenis kata kunci menurut semrush, yaitu informational keyword, navigational keyword, commercial keyword, dan transactional keyword. Penjelasan lebih lanjut akan dibahas pada tulisan berikutnya.

Dalam artikel saya selanjutnya, kami  akan membahas lebih dalam mengenai membuat website yang ‘search engine friendly’. Setelah itu baru pengembangan strategi lain seperti Facebook, Twitter, Search Engine Marketing, Viral Marketing, Email Marketing. Anda harus rancang sesuai dengan kebutuhan dari bisnis anda, dan laksanakan strategi yang telah di buat.

Demikianlah bahasan kami mengenai penggunaan pemasaran digital dalam bisnis. Ikuti terus informasi-informasi dari kami untuk mengetahui strategi apa yang pas dengan bisnis anda. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan dan semoga sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan