Pengertian Perencanaan Pembelajaran Serta Manfaatnya bagi Guru dan Siswa

Pengertian Perencanaan Pembelajaran Serta Manfaatnya bagi Guru dan Siswa

Pengertian Perencanaan Pembelajaran Serta Manfaatnya – Ketika dunia telah memasuki era modern seperti yang terjadi sekarang ini maka tak mustahil perubahan demi perubahan pun kian marak terjadi. Tak terkecuali pada dunia pendidikan. ada sebuah masalah pokok yang cukup pelik yang harus dihadapi dunia pendidikan yakni kehadiran teknologi yang selain memiliki dampak yang baik juga ada efek sampingnya bagi seorang peserta didik khususnya anak-anak.

Biasanya karena penyalahgunaan teknologi ini membuat proses pembelajaran pada seorang peserta didik menjadi terganggu sehingga jika terjadi hal ini seorang tenaga pendidik harus tanggap dan melakukan upaya yang tepat. Salah satunya adalah dengan melakukan perencanaan pembelajaran yang baik dan tepat agar proses pembelajaran yang terjadi tetap terkontrol dengan baik dan agar dapat menjawab tantangan perubahan teknologi terhadap peserta didik.

Pengertian Perencanaan Pembelajaran

Pengertian perencanaan pembelajaran adalah proses yang digunakan oleh guru untuk menentukan apa yang akan dipelajari, bagaimana itu akan dipelajari, dan apa hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran. Perencanaan pembelajaran melibatkan pemilihan tujuan pembelajaran, pemilihan konten, pemilihan metode dan sumber belajar, pengelolaan waktu dan ruang, serta penilaian hasil belajar. Perencanaan pembelajaran yang baik akan memastikan bahwa siswa dapat belajar dengan efektif dan efisien.

Perencanaan pembelajaran merupakan sebuah usaha untuk menjalankan proses pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik dan matang sehingga akan mendapatkan hasil pembelajaran yang memuaskan seperti apa yang telah diharapkan.

Perencanaan pembelajaran yang baik dimulai dengan menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus jelas, spesifik, dan dapat diukur. Tujuan pembelajaran juga harus ditetapkan sesuai dengan standar kompetensi yang ditentukan oleh lembaga pendidikan atau pemerintah. Setelah tujuan pembelajaran ditentukan, guru harus memilih konten yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Konten harus relevan, menarik, dan dapat meningkatkan kompetensi siswa.

Setelah konten dipilih, guru harus memilih metode dan sumber belajar yang sesuai dengan konten dan tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran harus menyediakan kesempatan bagi siswa untuk belajar secara aktif dan mengevaluasi hasil belajar mereka sendiri. Sumber belajar harus dapat diakses oleh siswa dan sesuai dengan konten dan tujuan pembelajaran.

Perencanaan pembelajaran juga meliputi pengelolaan waktu dan ruang. Guru harus memastikan bahwa waktu yang tersedia cukup untuk menyelesaikan konten yang dipilih dan mencapai tujuan pembelajaran. Ruang harus sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi siswa.

Perencanaan pembelajaran juga meliputi penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan menyediakan ukuran untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Penilaian hasil belajar juga harus menyediakan kesempatan bagi siswa untuk belajar dari kesalahan mereka dan meningkatkan kompetensi mereka.

Tujuan Perencanaan Pembelajaran

Perencanaan pembelajaran ini sangat penting menjadi pedoman bagi seorang tenaga pendidik agar mampu mengarahkan peserta didiknya untuk belajar dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini memiliki beberapa tujuan yang utama yang di antaranya adalah sebagai berikut:

Yang pertama adalah dengan melakukan perencanaan pembelajaran maka jalannya pendidikan atau pembelajaran tersebut akan lebih teratur sehingga dengannya lebih memudahkan bagi para tenaga pendidik maupun bagi peserta didik untuk melakukan evaluasi terhadap pembelajaran.

Selanjutnya para tenaga pendidik juga akan merasa lebih mudah dalam memberikan materi kepada para peserta didiknya dan lebih mudah dalam menentukan target-target pembelajaran karena memang telah direncanakan sedemikian rupa di awal sebelum pembelajaran terjadi.

Dengan perencanaan yang baik maka setiap unsur dalam pembelajaran yang meliputi tenaga pendidik serta peserta didik mampu memahami perannya dengan baik dalam proses pembelajaran karena tugas-tugas yang seharusnya mereka kerjakan telah direncanakan sebelumnya.

Karena pembelajaran ini telah berjalan di dalam alur yang telah ditentukan dalam sebuah perencanaan yang matang maka diharapkan akan menghemat waktu dan biaya pada saat proses pembelajaran dilakukan.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian perencanaan pembelajaran dan tujuannya di atas, semoga dengannya memberi banyak manfaat untuk anda. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan