APA ITU PENELITIAN?

Penelitian berasal dari kata research yang terdiri dari re dan kata search. Re merupakan awalan yang berarti lagi, baru atau kembali. Search merupakan kata kerja yang berarti memeriksa dengan cermat, untuk menguji dan mencoba, atau untuk menyelidiki. Re dan Search bila disatukan menjadi research yang membentuk sebuah kata benda yang berarti studi dan penyelidikan yang dilakukan secara hati-hati dan sistematis di beberapa bidang pengetahuan, untuk mengungkapkan suatu fakta atau prinsip(Grinnell, 1993).

Grinnell (1993) mendiefinisikan penelitian sebagai penyelidikan terstruktur yang menggunakan metodologi ilmiah yang dapat diterima untuk memecahkan masalah dan menciptakan pengetahuan baru yang berlaku umum. Sedangkan Lundberg (1942) mengatakan sebagai metode ilmiah terdiri dari pengamatan sistematis, klasifikasi dan interpretasi data. Perbedaan utama dari metode ilmiah terletak pada tingkat formalitas, ketelitian, verifiabilitas dan validitas umum.

Tetapi untuk memenuhi syarat sebagai penelitian, prosesnya harus memiliki karakteristik tertentu:

  • Terkendali – Dalam kehidupan nyata ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil. Kejadian tertentu jarang hasil hubungan hanya satu variabel ke satu varibel lain. Beberapa hubungan lebih kompleks daripada yang lain. Sebagian besar hasil adalah sekuel ke interplay dari banyaknya hubungan dan faktor-faktor yang saling berinteraksi. Dalam sebuah studi tentang hubungan sebab-akibat, penting untuk dapat menghubungkan efek dengan penyebab dan sebaliknya. Dalam studi sebab-akibat, pembentukan hubungan ini sangat penting; namun, dalam praktiknya, khususnya dalam ilmu sosial, sangat sulit – dan seringkali tidak mungkin – untuk membuat tautan.
  • Ketat – Anda harus teliti dalam memastikan bahwa prosedur yang diikuti untuk menemukan jawaban atas pertanyaan itu relevan, tepat dan dibenarkan.
  • Sistematis – Ini menyiratkan bahwa prosedur yang diadopsi untuk melakukan penyelidikan mengikuti urutan logis tertentu.
  • Valid dan dapat diverifikasi – Konsep ini menyiratkan bahwa apa pun yang Anda simpulkan berdasarkan temuan Anda adalah benar dan dapat diverifikasi oleh Anda dan orang lain.
  • Empiris – Ini berarti bahwa setiap kesimpulan yang ditarik didasarkan pada bukti keras yang dikumpulkan dari informasi yang dikumpulkan dari pengalaman atau observasi kehidupan nyata.
Loading...

APA ITU PENELITIAN?

Loading...

Grinnell, R. M. (1993). Social work research and evaluation. F.E. Peacock Publishers.

Lundberg, G. A. (1942). Social Research: A Study in Methods of Gathering Data – George Andrew Lundberg – Google Books. Longmans, Green and Company.

One comment

Tinggalkan Balasan