KOEFISIEN DETERMINASI DALAM ANALISIS REGRESI

Koefisien Determinasi atau r square adalah rasio jumlah regresi kuadrat (SSR) dengan jumlah total kuadrat (SST). Koefisien Determinasi ini biasa ditulis dengan simbol r2 atau disebut dengan R Square.

Regression Sum of Squares (SSR), Error Sum of Squares (SSE), dan Total Sum of Squares (SST)  hanya memberikan sedikit penafsiran tentang variasi regresi. Rasio SSR dengan SST mengukur proporsi variasi dalam Y yang dijelaskan oleh variabel independen X dalam model regresi. Rasio tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:

Rumus Koefisien Determinasi

Dalam contoh penghitungan di artikel sebelumnya seperti pada gambar berikut ini:

Koefisien Determinasi

dimana,

r2 = SSR/SST

Loading...

atau

r2 = 0,625/0,7

r2 = 0,89285714

Loading...

Penghitungan manual tersebut menghasilkan nilai yang sama dengan R Square di output Excel (lihat gambar).

R Square (r2) sebesar 0,8929 berarti bahwa 89,29% variasi dalam penjualan motor (Y) dapat dijelaskan oleh variabilitas dalam jumlah sales (X). Ini menunjukkan hubungan linear positif yang kuat antara kedua variabel, karena berdasarkan model regresi ini menunjukkan bahwa variabilitas penjualan motor dapat diprediksi menggunakan jumlah sales sebesar 89,29%. Hanya 10,71% dari variabilitas penjualan motor dapat dijelaskan oleh faktor-faktor selain variabel dalam model regresi.

Penerjemahan dalam penelitian sosial koefisien determinasi ini sering desebut dengan koefisien pengaruh. Dimana dalam contoh ini variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 89,29% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

One comment

Tinggalkan Balasan