Menyiapkan Data Analisis Jalur

Langkah awal dalam analisis data menggunakan model analisis jalur adalah dengan menyiapkan data yang akan dianalisis. Asumsi-asumsi data yang digunakan pada dasarnya sama dengan analisis multivariat lainnya. Data yang akan dianalisis selain minimal berskala interval juga harus terdistribusi normal. Selain itu Anda juga harus memastikan data sudah di screening sehingga bebas dari data yang outlier serta tidak ada data yang hilang (missing). Penyiapan data dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

·         Menyiapkan data dalam file Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi yang paling umum digunakan untuk mengolah data, sehingga disarankan bagi Anda untuk mengolah data awal menggunakan aplikasi ini. Hampir semua perangkat lunak statistik mampu membaca data Excel dengan baik. Setelah data sudah siap, simpan data itu di folder yang Anda inginkan.

·         Data yang akan Anda gunakan sebaiknya diletakkan di “Sheet1” atau lembar pertama dalam Excel, bila perlu hapus Sheet lain yang tidak digunakan. Disamping agar Anda lebih mudah menentukan data yang dianalisis dan tidak membuat kesalahan untuk memilih data yang akan digunakan, hal ini juga dapat memudahkan perangkat lunak lain bila Anda akan menggunakan beberapa aplikasi statistik.

·         Menyiapkan data dalam format *.sav (SPSS)

Walaupun sebenarnya Amos bisa membaca data dengan format *.xls, *.txt, *.csv, dan lainnya tetapi defaultnya adal format *.sav. Maka tidak ada salahnya kita menyiapkan file data berformat *.sav selain file Excel tadi.

·         Bila data di Excel sudah siap, selanjutnya kita buka program SPSS lalu buka data dengan mengklik icon “folder” atau memilih menu File–>Open–>Data.

Loading...

·         Pilih data yang sudah Anda simpan tadi. Jangan lupa mengganti tipe file yang akan Anda panggil dengan mengatur menu “Files of type”.

·         Bila sudah Anda pilih lanjutkan dengan klik “open” maka di layar akan muncul pemberitahuan atau konfirmasi. Centang “Read variable names from the first row” bila di baris pertama data Anda adalah nama variabel. Sedangkan konfirmasi di bawahnya adalah sheet data yang dibaca sekaligus range sel yang akan diimpor.

·         Setelah data berhasil dibuka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Silahkan cek data apakah sudah benar sama dengan data Excel tadi.

·         Langkah selanjutnya adalah menyimpan data dalam format *.sav (SPSS) dengan cara klik gambar “disket” atau menu File–>Save.

Loading...

·         Kemudian simpan data di tempat yang sama dengan file Excel yang tadi.

·         Anda saat ini sudah mempunyai data yang siap dianalisis dalam dua format yang berbeda yaitu format SPSS dan Excel.

File data ini yang akan kita gunakan dalam analisis jalur, baik menggunakan Amos, Lisrel, atau Aplikasi lain.

Tinggalkan Balasan