cara menghubungkan mendeley ke word (Install Ms Word Plugin)

Loading...

Cara Menghubungkan Mendeley ke Word (Install Ms Word Plugin) – Sitasi dokumen referensi menggunakan Mendeley saat ini hanya bisa dilakukan di software Microsoft Word dan LibreOffice. Namun Anda harus menginstal PlugIn Mendeley Cite-O-Matic di tools REFRENCES terlebih dahulu pada Ms Word maupun LibreOffice.

Namun sebelum itu perlu diingat bahwa Anda sudah menggunakan Mendeley dengan versi yang sesuai dengan MS-Word dan Windows Anda. Maksudnya adalah bila Anda pakai Windows versi lama, misalnya Windows 7 dan Ms Word versi 2010 ke bawah maka sangat disarankan menggunakan versi Old Mendeley (1.17 atau 1.15 ke bawah).

Kenapa harus menggunakan versi yang sesuai? biasanya ketidakcocokan versi ini akan berdampak padaMendeley tidak dapat tersambung dengan sempurna dengan Ms. Word Anda.

Nah, bila versi MS Word, Windows, dan Mendeley Anda sudah seimbang maka cara menghubungkan mendeley ke word menjadi mudah dan terhindar dari masalah yang berarti. Langkah-langkah instalasi Plugin ini cukup mudah. Berikut ini adalah tahapan instalasinya:  

  • Cek MS Word Anda, lihat bagian tools REFERENCES, bila tampak seperti gambar di bawah ini berarti Ms Word Anda belum terpasang Plugin Mendeley (menu references hanya ada tools default Ms Word yaitu “Citation & Bibliography” belum ada “Mendeley Cite-O-Matic”.
cara menghubungkan mendeley ke word
  • Untuk memualai instalasi tutup Ms Word Anda
  • Buka Mendeley Desktop Anda
  • Pilih menu “Tools” pada navigasi paling atas
  • Kemudian pilih “Install MS Word Plugin” seperti gambar berikut ini
cara menghubungkan mendeley ke word
  • Tunggu beberapa saat, akan muncul pemberitahuan “Citation Plugin” telah berhasil diinstal
cara menghubungkan mendeley ke word
  • Buka kembali Ms Word Anda, lalu cek bagian “REFERENCES”
  • Bila berhasil akan muncul seperti gambar di bawah ini bila Anda memilih menu “REFERENCES” dimana sudah ada tools “Mendeley Cite-O-Matic” dalam kelompok tools References.

Bila “Mendeley Cite-O-Matic” sudah terpasang di Ms Word atau LibreOffice, maka Anda sudah bisa melakukan sitasi menggunakan Mendeley.

Nah, itu tadi adalah cara menghubungkan mendeley ke word. Bila Anda sudah menginstall plugin ini tapi belum bisa tersambung (tidak muncul) maka silakan baca solusinya yang sudah saya tulis DI SINI. Selamat mencoba…. (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan