Cara Mencari t tabel Menggunakan gretl

Setiap uji statistik sebagian besar menggunakan uji signifikansi atau uji hipotesis statistik. Dalam uji tersebut seringkali melibatkan angka kritis t dari distribusi t misalnya pada analisis regresi seperti pada artikel ini. Nilai kritis t adalah titik pemisah (cut off point) pada distribusi t yang memisahkan wilayah penerimaan dan wilayah penolakan hipotesis.

Misalnya pada gambar pengujian berikut ini:

Penentuan nilai kritis ini biasanya menggunakan tabel distribusi t seperti pada gambar di bawah ini

Nilai degree of freedom (df) diperoleh dari pengurangan jumlah observasi/sampel dengan jumlah keseluruhan variabel atau df = n-k. Pada contoh di atas jumlah observasinya adalah 5 sedang jumlah variabelnya adalah 2 yaitu X dan Y (regresi sederhana), maka df = 5-2 = 3.

Loading...

Nilai upper-tail area adalah nilai alpha (α) di bagi dua karena uji ini adalah uji dua sisi. Dengan demikian bila menggunakan α sebesar 5%, maka nilai upper-tail area adalah 0,05 / 2 = 0,025.

Nilai kritis pada contoh diatas adalah 3,1824. Hasil itu diperoleh dari tabel distribusi t. Untuk memudahkan peneliti gretl sudah menyediakan fasilitas pencarian nilai t tabel (nilai kritis) ini. Sehingga kita tidak perlu lagi membuka tabel distribusi t. kita hanya cukup mengisikan nilai df dan nilai upper-tail area atau di gretl disebut dengan right-tail probability.

Loading...

Baiklah langsung saja kita lihat bagaimana langkah-langkah mencari nilai t tabel di gretl:

  • Buka aplikasi gretl, Anda tidak perlu memasukan data apapun. Bila gretl Anda sudah terbuka, Anda bisa mengabaikan data yang sudah ada
  • Pilih saja menu “Tools”
  • Lanjutkan dengan memilih “Statistical tables”
  • Secara default Anda akan diarahkan pada menu “normal” atau “z”, maka Anda tinggal memilih menu “t” seperti pada gambar berikut
  • Kemudian isikan df dan upper-tail area atau right-tail probability
  • Pada contoh kali ini kita menggunakan df 3 dan α 5% dua sisi sehingga right-tail probability sebesar 0,025
  • Akhiri dengan klik “OK”, hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini, dimana nilai t tabel (critical value) sebesar 3,18245
  • Hasilnya sama dengan tabel di atas. Cukup mudah bukan?

Demikianlah cara mencari nilai t kritis atau t tabel menggunakan gretl, semoga membantu. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan