UJI ASUMSI LINIERITAS PADA MODEL REGRESI MENGGUNAKAN GRETL

Uji linieritas adalah uji yang dilakukan untuk menentukan apakah ada hubungan linier antara variabel bebas dengan variabel terikat. Tes linieritas ini diperlukan dalam analisis korelasi maupun regresi. Model regresi yang bagus mensyaratkan ada hubungan linier antara veriabel bebas dengan variabel terikatnya.

Loading...

Salah satu Uji lineritas yang paling populer adalah uji Ramsey Regression Equation Specification Error Test atau sering disingkat dengan uji Ramsey RESET. Uji ini dikembangkan oleh James B. Ramsey sebagai bagian dari diraihnya gelar Ph.D. di University of Wisconsin. Uji Ramsey RESET adalah tes spesifikasi umum untuk model regresi linier. Uji ini dilakukan untuk membuktikan apakah kombinasi non-linear dari nilai-nilai yang dipasang membantu menjelaskan variabel respons. Jika kombinasi non-linear dari variabel bebas memiliki kekuatan dalam menjelaskan variabel terikat, mungkin model tersebut lebih baik didekati dengan model polinomial atau fungsi non-linear lainnya. Prosedur uji Ramsey RESET di gretl bisa dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka data Anda di gertl kemudian lakukan estimasi regresi menggunakan OLS seperti biasa.
  • Setelah keluar output regresi mulailah tes Ramsey RESET ini dengan memilih menu “Tests”.
  • Pilihlah menu “Ramsey’s RESET”
  • Anda bisa menentukan salah satu varian tes, atau boleh memilih semua varian. Pada contoh kali ini saya memilih semua variasi dari uji Ramsey RESET ini. Jangan lupa unuk klik “OK” untuk memulai tes.
  • Komputer akan melakukan penghitungan dan hasilnya seperti pada gambar berikut ini.
Loading...

Hasil tes diatas adalah luaran seluruh varian tes linieritas menggunakan Ramsey RESET. Baik model kotak dan persegi, kotak saja, maupun persegi saja hasil tes menunjukan bahwa nilai probabilitas lebih besar dari α = 0,05 yang artinya model nonlinier tidak lebih baik dari model linier. Dengan demikian asumsi linieritas pada model regresi ini terpenuhi.

Tinggalkan Balasan