Output VOSviewer blended learning

Meraba State of The Art Penelitian Menggunakan VOSviewer

State of the art adalah bagian penting dalam sebuah penelitian. Nilai penelitian kita bisa dilihat bagaimana kita membangun sebuah state of the art penelitian. Bagaimana posisi penelitian kita dalam peta pengetahuan empiris bisa dilihat dari sini.

State of the art merupakan ukuran tingkat pengembangan (dalam bentuk sebuah perangkat/produk, prosedur, proses, teknik/cara, sains) yang dicapai pada waktu tertentu sebagai sebuah hasil dari penerapan metode-metode yang ada. Dalam membangun state of the art dimulai dari menyajikan perkembangan terkini tentang suatu topik yang dihasilkan oleh masyarakat peneliti seluruh dunia. Penyajian itu bisa berupa pemetaan dalam sebuah deskripsi yang menarik dan bertahap juga bisa didukung dengan grafik yang komprehensif.

Dari perkembangan penelitian-penelitian tentang topik tersebut kita bisa menentukan novelty (hal baru) yang akan kita sumbangkan pada peta perkembangan penelitian yang telah ada. Artinya kita harus bisa menyampaikan perbedaan penelitian kita dengan penelitian-penelitian yang sudah ada. Dengan kata lain state of the art penelitian adalah bagaimana kita menentukan posisi penelitian kita diantara penelitian-penelitian terdahulu.

Kejelasan posisi penelitian kita ini akan secara otomatis menghindarkan kita dari duplikasi atau plagiarisme ide, karena sudah ada pemetaan posisi yang jelas diantara penelitian penelitian yang sudah ada. Bila penelitian ini adalah penelitian replikasi untuk memverifikasi temuan orang lain juga akan lebih mudah untuk diposisikan, serta mendapat alasan yang kuat mengapa penting untuk dilakukan verifikasi.

Nah, untuk memetakan ribuan penelitian tentang sebuah topik yang menarik untuk diteliti tentu saja akan menguras banyak waktu dan energi kita sebagai seorang peneliti. Meskipun kita bukan seorang peneliti pemula, menginventarisir berbagai penelitian yang sudah dipublikasikan di seluruh dunia pasti membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hampir setiap hari ada publikasi baru tentang sebuah topik penelitian. Mengumpulkan dan memetakan berbagai penelitian itu pasti banyak menyita waktu.

Beruntung kita saat ini hidup di dunia digital yang amat canggih. Urusan pemetaan penelitian ini juga sudah bisa kita serahkan pada komputer. Kita tinggal mencari dan menyusun data base penelitian-penelitian yang sesuai dengan topik kita, kemudian memetakan penelitian-penelitian tersebut melalui informasi yang kita dapatkan dari metadatanya.

Salah satu perangkat lunak yang umum digunakan oleh para peneliti adalah VOSviewer. Aplikasi ini disediakan secara gratis untuk kita semua. Sungguh beruntung bagi para peneliti terutama pemula seperti kita bisa memanfaatkan perangkat lunak yang sangat penting ini secara gratis. Untuk mulai menggunakannya silakan unduh dulu di laman resmi VOSviewer.

Loading...

VOSviewer adalah perangkat lunak untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan bibliometrik. Jaringan ini dapat mencakup jurnal ilmiah, peneliti, atau publikasi individu. Pemetaan jaringan ini bisa dibangun berdasarkan sitasi, kesamaan bibliografi, co-citation, atau hubungan penulis bersama. VOSviewer juga menawarkan fungsionalitas mining teks yang dapat digunakan untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan kejadian bersama dari istilah-istilah penting yang diekstrak dari metadata literatur ilmiah.

Baiklah, saya akan tunjukkan bagaimana kita bisa menggunakan pemetaan penelitian menggunakan perangkat lunak ini. Kita akan menggunakan data base artikel jurnal ilmiah dalam format *.ris. Silakan baca tulisan saya tentang cara memanen ribuan metadata referensi di blog ini juga.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat pemetaan artikel ilmiah menggunakan VOSviewer:

  • Buka VOSviewer di laptop atau PC.
  • Klik “Create” pada bagian map.
  • Pilih “Create a map based on bibbliographic data” kemudian klik “Next”.
  • Pilih sumber data yang akan kita gunakan. Kali ini saya menggunakan file ris yang telah saya unduh dari lens.org.
  • Cari file ris kita yang sudah diunduh tadi.
  • Pilih file tersebut.
  • Klik “Next” kemudiaan akan muncul pilihan tipe analisis.
  • Pilih “Co-occurrence”.
  • Pilih jumlah occurrences atau kaitan keywords yang diinginkan.
  • Pilihan jumlah keyword yang terdeteksi, kita ambil semuanya ataukah hanya sebagian.
  • Silahkan buang keyword yang tidak sesuai di pilihan yang muncul dengan menghilangkan centang pada keyword yang aneh atau tidak masuk dalam topik analisis.
  • Klik “Finish” bila sudah sesuai.
  • Ada peringatan artikel yang tidak terkoneksi, saya memilih untuk tetap menggunakannya. Karena ada kemungkinan merupakan suatu hal baru.
  • Hasil Network visualization
  • Hasil Density visualization

Nah setelah kita mengetahui peta penelitian ini, maka kita bisa mencari artikel-artikel yang terkait dengan topik penelitian kita berdasarkan kaitan kata kuncinya dengan panduan proporsi yang telah digambarkan dari hasil pemetaan. Kita bisa melihat berdasarkan density, jaringan, maupun tahun penelitian. Misalnya, berdasarkan peta density blended learning banyak dibahas terkait dengan flipped classroom. Untuk bidang pembelajarannya sangat menonjol di pemebelajaran di bidang kesehatan.

Loading...

Melihat hasil pemetaan tersebut kita bisa melihat posisi penelitian kita diantara penelitian-penelitian yang sudah ada. Misalnya, penelitian blended learning dalam pembelajaran ilmu sosial, ilmua agama, atau pembelajaran olahraga, dan sebagainya.

Kita juga bisa melihat berdasarak peta jaringan yang diperoleh. Misalnya peta jaringan berwarna hijau menunjukkan bahwa bila blended learning ini dikaitkan dengan peserta didik maka variabel yang sering dianalisis adalah variabel pengetahuan (knkowledge) dan sikap (attitude).

Demikianlah pembahasan singkat tentang pemetaan penelitian untuk membuat kerangka state of the art menggunakan VOSviewer. Selamat mencoba….

Tinggalkan Balasan