Pergeseran Kurva Permintaan

Pergeseran Kurva Permintaan dan Yang Mempengaruhinya

Pergeseran Kurva Permintaan ada dua yaitu a long demand curve dan shift of demand curve. Faktor-faktor atau determinan yang mempengaruhi kedua pergeseran ini juga berbeda. Pergeseran a long demand curve hanya dipengaruhi oleh harga barang itu sendiri. Sedangkan pergeseran shift of demand curve setidaknya dipengaruhi oleh tujuh determinan.

A Long Demand Curve

Harga (harga barang itu sendiri) mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Faktor perubahan harga tersebut akan menyebabkan pergeseran titik (kombinasi harga dan jumlah yang diminta) sepanjang kurva dan disebut a long demand curve dan ditunjukkan oleh kurva berikut ini.

a long demand curve
a long demand curve

Kurva di atas merupakan kurva a long demand curve. Pergeseran titik A (jumlah yang diminta Q1) menjadi titik A’ (jumlah yang diminta menjadi Q2) semata-mata karena faktor harga barang itu sendiri yang mengalami penurunan.

Shift Of Demand Curve

Jumlah barang yang diminta juga dapat berubah jika ada perubahan pada faktor  berikut ini:

  1. Selera konsumen
  2. Pendapatan konsumen  
  3. Harga barang subtitusi
  4. Harga Barang komplementer
  5. Jumlah penduduk
  6. Kebutuhan konsumen
  7. Prediksi tentang masa depan

Ketujuh faktor di atas akan menyebabkan pergeseran kurva permintaan ke kiri atau ke kanan dan disebut shift of demand curve seperti kurva berikut ini.

shift of demand curve
shift of demand curve
Loading...

Misalnya faktor pendapatan konsumen mempengaruhi permintaan barang/jasa. Mula-mula dengan pendapatan tertentu permintaan sebesar DD yakni pada harga P jumlah yang diminta sebanyak QA. Jika pendapatan naik walaupun harga tetap sebesar P, jumlah barang yang diminta akan naik menjadi QA’ dan kurva permintaan yang baru menjadi D’D’.

Penjelasan setiap determinan shift of demand curve

Berikut ini adalah penjelasan setiap determinan terhadap pergeseran kurva permintaan:         

  • Selera konsumen. Selera konsumen bisa berubah dari waktu ke waktu, bisa berdampak pada semakin meningkatnya permintaan suatu barang namun juga bisa menurunkan permintaan pada barang tersebut. Misalnya saat ini konsumen lebih menyukai motor matik daripada manual, sehingga permintaan konsumen pada motor matik meningkat dan kurva permintaannya bergeser ke kanan.
  • Pendapatan konsumen. Kenaikan pendapatan seseorang akan meningkatkan jumlah barang yang diminta. Hal ini menyebabkan kurva permintaan bergeser ke kanan. Sebaliknya jika pendapatan konsumen turun maka jumlah barang yang diminta akan turun meskipun harga barang tetap. Sehingga, kurva permintaan akan bergeser ke kiri.
  • Harga barang subtitusi. Barang subtitusi adalah barang yang saling menggantikan. Penggantian minyak tanah menjadi  LPG. Jika harga minyak tanah naik dan jumlah minyak tanah yang diminta akan turun. Orang akan mengalihkan konsumsinya ke LPG yang harganya relatif tetap. Dengan demikian, permintaan LPG berubah/bergeser ke kanan karena ada perubahan harga minyak tanah (barang subtitusi dari LPG).
  • Harga Barang Komplementer. Barang komplementer adalah barang yang baru memberikan nilai guna jika dipakai bersamaan dengan barang lain. Kompor minyak tanah dan bahan bakar minyak tanah. Disaat harga minyak tanah mengalami kenaikan, maka jumlah permintaan minyak tanah akan menurun. Pengurangan konsumsi minyak tanah akan mengakibatkan penurunan permintaan akan kompor minyak tanah meskipun harga kompor minyak tanah tetap. Hal ini terjadi pada peristiwa konversi minyak tanah ke gas pada tahun 2007 di Indonesia. Sehingga kurva permintaan kompor minyak tanah pun akan bergeser ke kiri (menurun).
  • Jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang semakin meningkat mengakibatkan permintaan terhadap barang/jasa juga meningkat. Sehingga kurva permintaan akan bergeser ke kanan.
  • Kebutuhan konsumen. Kebutuhan konsumen juga mempengaruhi permitaan barang/jasa. Pada saat kenaikan kelas, kebutuhan masyarakat akan alat tulis sekolah meningkat. Hal ini akan mendorong permintaan alat tulis meningkat dan bergeser ke kanan. Sebaliknya, saat liburan sekolah kebutuhan alat tulis sekolah menurun dan kurva permintaan bergeser ke kiri.
  • Prediksi tentang masa depan. Prediksi merupakan penilaian tentang suatu hal. Sebagai contoh, konsumen menilai akan ada kenaikan harga BBM yang akan terjadi 1 bulan mendatang. Akibatnya konsumen memutuskan untuk melakukan permintaan yang banyak akan BBM pada bulan ini sebagai persediaan. Sehingga kurva permintaan akan BBM akan bergeser naik ke kanan.

Media Pembelajaran Interaktif

Untuk mempelajari ekonomi mikro secara cepat dan ringkas Anda juga bisa menggunakan media pembelajaran interaktif yang sudah saya kembangkan untuk Anda semua. Media ini saya sediakan dalam dua versi, yatu versi web dan versi Android. Untuk versi web hanya bisa digunakan secara online, sedangkan versi Android bisa digunakan secara offline jadi silakan install aplikasi ini terlebih dahulu di gawai Anda.

Loading...

EkoMik Versi Web:

EkoMik Versi Web

EkoMik Versi Android:

EkoMik Versi Android

2 comments

Tinggalkan Balasan