Penawaran dan hukum penawaran

Penawaran dan hukum penawaran

Hukum penawaran menunjukkan hubungan harga dengan jumlah barang yang ditawarkan. Hukum penawaran berbunyi ”jika harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan ikut turun, demikian pula jika harga barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga naik”. Sehingga hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan adalah hubungan positif.

Kurva penawaran bentuk linear

Hubungan harga dan jumlah barang yang ditawarkan yang bersifat positif menyebabkan mengapa bentuk kurva penawaran naik dari kiri bawah ke kanan atas seperti kurva berikut ini. Kurva ini menjelaskan bahwa pada saat harga P1, kemampuan produsen untuk memproduksi barang yang akan ditawarkan pada konsumen sebanyak Q1. Saat harga turun menjadi P2 maka kemampuan produsen untuk memproduksi barang juga turun sehingga jumlah barang yang ditawarkan turun menjadi Q2.

Kurva penawaran linear

Kurva penawaran bentuk non-linear

Kurva kurva penawaran di atas berupa garis linear/lurus. Pada kenyataannya masih terdapat beberapa bentuk kurva penawaran yang lain (non-linier) seperti berikut ini.

Kurva penawaran non-linear

Kurva penawaran non linear pada kurva di atas berupa garis lengkung yang naik dari kiri bawah ke kanan atas. Pada saat harga P1 jumlah barang yang ditawarkan Q1 dan pada saat harga turun menjadi P2 maka jumlah yang ditawarkan menjadi Q2.

Penawaran individu dan penawaran pasar

Seperti halnya dengan permintaan, penawaran dari segi subyek dibedakan antara penawaran individual dan penawaran pasar. Misalnya, jika persamaan penawaran individual adalah Qs = – 100 + 2P dan jika terdapat 100 produsen/penjual di pasar maka penawaran pasarnya adalah Qs = -10.000 + 200P. Contohnya bisa dilihat pada tabel dan kurva berikut ini.

Loading...

Tabel penawaran individu dan penawaran pasar

Tabel penawaran individu dan penawaran pasar
Kurva penawaran individu dan pasar

Kurva di atas misalanya adalah kurva penawaran tempe di suatu pasar. Pada saat harga 100, maka jumlah tempe yang tawarkan oleh seorang perodusen sebesar 100 unit sedangkan  di pasar sebesar 10.000 unit yang ditawarkan oleh seluruh produsen di suatu pasar. Selanjutnya, pasar saat harga naik menjadi 200, maka jumlah yang ditawarkan oleh salah satu produsen adalah 300 unit sedangkan di pasar menjadi 30.000 unit.

Hukum penawaran hanya berlaku pada keadaan ceteris paribus. Ceteris paribus dalam penawaran adalah keadaan dimana faktor yang mempengaruhi jumlah penawaran hanyalah faktor harga sedangkan faktor lain yang mempengaruhi dianggap tetap (tidak berubah). Faktor yang yang dianggap tetap tersebut diantaranya: teknik produksi, harga barang lain, jumlah penjual di pasar, harga sumber, dan perkiraan harga yang akan datang.

Media Pembelajaran Interaktif

Loading...

Untuk mempelajari ekonomi mikro secara cepat dan ringkas Anda juga bisa menggunakan media pembelajaran interaktif yang sudah saya kembangkan untuk Anda semua. Media ini saya sediakan dalam dua versi, yatu versi web dan versi Android. Untuk versi web hanya bisa digunakan secara online, sedangkan versi Android bisa digunakan secara offline jadi silakan install aplikasi ini terlebih dahulu di gawai Anda.

EkoMik Versi Web:

EkoMik Versi Web

EkoMik Versi Android:

EkoMik Versi Android

Tinggalkan Balasan