Indahnya Salat Tarawih dan Tadarus al-Qur’an

PAI Kelas 5 Pelajaran 9: Indahnya Salat Tarawih dan Tadarus al-Qur’an

Indahnya Salat Tarawih dan Tadarus al-Qur’an hanya akan kita temui di bulan Ramadan. Bulan Ramadan sering juga disebut bulan ibadah, karena pada bulan itu segala aktivitas ibadah dilipatgandakan pahalanya.

Selain berpuasa, Rasulullah saw. mengajak umatnya untuk memperbanyak ibadah seperti salat Tarawih dan tadarus al-Qur’an, bersedekah, dan perbuatan baik lainnya.

SALAT TARAWIH

Apa Salat Tarawih itu?

Salat Tarawih ialah Salat malam yang dikerjakan pada malam hari di bulan Ramadan. Salat ini sangat dianjurkan, boleh dikerjakan sendiri-sendiri atau berjamaah. Dilakukan sesudah Salat Isya sampai waktu fajar. Bilangan rakaat Salat boleh dilakukan delapan rakaat dan boleh 20 rakaat.

Bagaimana Cara Mengerjakannya?

Pada masa nabi, Salat tarawih dikerjakan sama seperti Salat sunah biasa, yang membedakannya adalah niatnya. Nabi mengerjakan delapan rakaat, dengan dua rakaat satu salam, selanjutnya dilanjutkan dengan salat witir sebanyak tiga rakaat.

Pada masa khalifah Umar bin Khattab, Salat tarawih dikerjakan sebanyak 20 rakaat. Dilaksanakan dengan dua rakaat satu kali salam, lalu ditambah dengan salat witir tiga rakaat dengan dua kali salam.

Loading...

Setelah Salat Tarawih, hendaknya diteruskan dengan salat witir. Salat witir ini sangat diutamakan. Bilangan rakaatnya gasal (ganjil) boleh 1 atau 3, 5, 7, 9 dan 11 rakaat.

Apa Keutamaan Salat Tarawih?

Keutamaan Salat tarawih di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Dapat menambah ketaatan kepada Allah Swt.
  2. Allah Swt. mengampuni dosa-dosanya.
  3. Pahala ibadat ditulis seperti salat satu malam penuh.
  4. Mempererat silaturahmi sesama kaum muslimin.

TADARUS AL-QUR’AN

Apakah Tadarus itu?

Tadarus berasal dari kata “darasa“ yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, dan mengambil pelajaran. Tadarus al-Qur’ān berarti mempelajari al- Qur’an.

Kegiatan tadarus al-Qur’an umumnya dilakukan di masjid atau musala setelah salat tarawih. Di sekolah, biasanya dilakukan pada pagi atau siang hari setelah kegiatan salat duha.

Pada masa Nabi Muhammad saw. kegiatan tadarus al-Qur’an dilakukan dengan berbagai cara. Ada sekadar membaca hingga khatam, ada yang menghafalnya, dan ada pula yang mempelajari isi kandungannya.

Bagaimana Tata Cara Tadarus yang Baik?

Membaca al-Qur’an tidak sama seperti membaca kitab ataupun buku lainnya. Membaca al-Qur’an hendaklah memperhatikan beberapa ketentuan sebagai berikut.

  1. Ketika akan membaca al-Qur’an hendaklah berwudu lebih dahulu.
  2. Mengawalinya dengan membaca ta’awuż dan basmalah.
  3. Di tempat yang bersih.
  4. Berbusana bersih dan menutup aurat dengan rapi.
  5. Dianjurkan menghadap kiblat.
  6. Membaca al-Qur’an dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.
  7. Membaca dengan suara sedang.
  8. Tidak berbicara dan bersenda gurau (bercanda).

Tadarus al-Qur’an sebaiknya dibimbing oleh orang yang sudah mahir membaca al-Qur’an, supaya bacaannya dapat ditingkatkan melalui bimbingannya.

Apa Manfaat Tadarus?

Tadarus al-Qur’an mengandung banyak manfaat, antara lain seperti di bawah ini.

  1. Menumbuhkan kecintaan kepada al-Qur’an.
  2. Memperlancar membaca al-Qur’an.
  3. Terlatih membaca dan mencintai al-Qur’an.
  4. Mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt.
  5. Memperoleh ilmu tentang al-Qur’an .
  6. Memperoleh kasih sayang dan kebaikan dari Allah Swt.

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 9, Indahnya Salat Tarawih dan Tadarus al-Qur’an

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Soal Indahnya Salat Tarawih dan Tadarus al-Qur’an

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 9

Untuk latihan soal PAI kelas 5 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Loading...

Latihan Soal PAI Kelas 5

Latihan Soal PAI Kelas 5 Versi Android

Soal PAI Android

AkbarHana Education

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami terbitkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal PAI kelas 5 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

Latihan SOAL PAI SD Kelas 5

Soal PAI Kelas 5 Android

Buku Digital PAI Kelas 5

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 5

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

NB:

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Tinggalkan Balasan