Penyebab Sakit Maag

Jangan Sepelekan Sakit Maag, Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Di dalam kehidupan sehari-hari kita akan menjalani segudang aktifitas yang menyita waktu tenaga dan juga fikiran kita, dan semua itu pastinya akan mempengaruhi kondisi tubuh dan kesehatan. Terutama dalam pola makan, sesibuk apapun kita harus memperhatikan pola makan yang sehat agar tidak terkena penyakit apapun.

Salah satunya adalah penyakit maag, atau nama lainnya adalah dispesia. Penyakit ini berada pada lambung yang tidak normal, mengalami rasa nyeri dan juga sakit yang membuat tidak nyaman. Hal ini di sebabkan karena adanya luka atau goresan di dalam lapisan lambung kita.

Loading...

Penting bagi kita untuk berhati-hati jika sudah mengalami gangguan yang satu ini karena maag bisa menjadi sumber penyebab untuk beberapa penyakit lainnya.

Penyebab Seseorang Terkena Sakit Maag

Sebelum masuk pada penyebab sakit maag, perlu diketahui bahwa gangguan yang satu ini bisa menjangkit siapapun berumur berapapun, jadi meskipun sobat masih muda sekalipun kalau ada yang salah dalam pola hidup bisa saja mengidap gangguan sakit maag. Secara umum orang yang mudah terkena sakit maag dan biasanya di sebabkan beberapa hal, antara lain :

  • Makan tidak teratur waktunya
  • Jumlah makan terlalu banyak porsinya
  • Sering makan makanan yang memiliki rasa yang tajam sehingga melukai lambung
  • Makan terlalu cepat dan tidak dicerna dengan baik
  • Infeksi bakteri
  • Kelebihan berat badan juga bisa memicu sakit maag
  • Terlalu banyak minuman berkafein dan bersoda
  • Terlalu lama menahan lapar
  • Makan makanan jenis coklat seecara berlebihan
  • Disebabkan karena faktor penyakit batu empedu, usus tersumbat, kanker lambung dan beberapa penyakit lain yang berkaitan dengan usus dan lambung.

Diatas adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang terkena sakit maag. Prosesnya adalah gangguan kinerja lambung gara-gara faktor diatas yang menyebabkan memecahnya mukosa kemudian menjadikan iritasi, peradangan atau luka pada lambung.

Tanda Atau Gejala Seseorang Mulai Terkena Sakit Maag

Seseorang yang mulai mengidap gangguan sakit maag biasanya akan muncul beberapa tanda. Dimulai dari cepat merasakan kenyang karena memang pencernaan sedang terganggu. Kemudian sering merasakan kembung, lebih sering bersendawa yang tidak wajar. Tanda yang lain biasanya merasakan nyeri uluh hati serta terasa panas pada perut bagian atas.

Loading...

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kepastian terkena sakit maag atau tidak tentu lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Biasanya dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan kebiasaan dan apa saja yang dirasakan. Apabila dokter merasa ada yang berlebihan alias sudah parah atau ada kemungkinan penyakit lain akan dilakukan beberapa tes seperti tes darah, tes fungsi hati dan juga yang lainnya. Dengan begitu selanjutnya akan mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Cara Pencegahan dan Pengobatan Sakit Maag

Bicara mengenai pencegahan tentu saja kita harus memperhatikan pola hidup yang sehat dalam kesehatian kita. Terutama dalam hal ini adalah pola makan, karena gangguan maag berhubungan dengan pencernaan dan juga lambung. Menghindari beragam makanan yang bisa memicu gangguan lambung adalah pencegahan yang efektif. Misalkan saja menghindari makan terlalu banyak dan terlalu cepat, menghindari makanan terlalu pedas atau terlalu asam dan memperhatikan jadwal makan secara teratur.

Kemudian jangan lupa untuk mengurangi asupan yang tidak sehat seperti halnya rokok, kafein dan juga alkohol. Ketiga jenis konsumsi tersebut akan menjadi sumber gangguan kesehatan. Lalu agar organ pencernaan lebih sehat tentu saja harus mengutmakan makanan berserat, bervitamin dan mengandung zat yang aman bagi tubuh. Ditambah dengan berolahraga dengan teratur maka semua langkah diatas akan menjadi lebih maksimal. 

Namun kalau sakit maag sudah terlanjur menyerang atau terlanjur mengidap maag ya harus segera diobati. Bisa memakai obat-obatan alami dengan bahan herbal dari alam, bisa menggunakan obat warung. Akan tetapi lebih baik jika berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk memastikan gangguan yang dialami sudah seberapa parah, hal ini tentu saja bertujuan agar tidak salah penanganan.

Demikian sobat materi kesehatan kali ini mengenai gangguan kesehatan sakit maag, mengetahui penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk ikuti rubrik Tips & Trick di maglearning.id dan Share bila bermanfaat. Semoga membantu dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan