Membuat Anak Suka Membaca

Membuat Anak Suka Membaca, Ini Trik-triknya!

Loading...

Membuat anak suka membaca memang gampang-gampang susah. Apalagi zaman serba gawai dan serba online seperti sekarang ini. Menemukan cara memotivasi anak agar gemar membaca adalah salah satu solusi dalam menumbuhkan gemar membaca pada anak. Pekerjaan itu sebenarnya tidak sulit, hanya butuh waktu dan ketelatenan.

Kegiatan membaca merupakan sesuatu yang perlu dibiasakan. Dengan membaca banyak hal-hal positif yang bisa didapatkan seperti meningkatkan pengetahuan, meningkatkan kecerdasan otak, melatih logika dan masih banyak lagi.

Membaca adalah pintu jendela dunia yang perlu dibiasakan Kepada anak. Kita harus berinisiatif melakukan berbagai cara agar anak menyukai kegiatan membaca. Membiasakan anak sering membaca sejak dini merupakan awal solusi agar ketika remaja gemar membaca juga.

Temukan salah satu cara membuat anak suka membaca, dengan membaca ulasan artikel di bawah ini.

Beri contoh langsung

Salah satu cara terbaik agar anak mau membaca adalah memberinya contoh langsung. Jangan sampai kita hanya memerintah tapi tidak pernah mencontohkan. Ini hanya akan membuat anak semakin menolak ajakan kita.

Anak-anak itu peniru ulung, apa yang sering terekam otaknya lama-kelamaan juga akan ditiru olehnya. Jadi saat kita rajin membaca, anak juga akan termotivasi untuk melakukan hal itu. Bangunlah suasana mendukung agar anak suka membaca.

Bangunlah perpustakaan di rumah

Agar anak hobi membaca, kita bisa membuatkannya perpustakaan di rumah. Tidak usah besar-besar yang penting bisa membuat suasana membaca jadi nyaman. Membaca itu butuh konsentrasi dan mood perasaan yang bagus. Jika ini bisa diwujudkan dengan sendirinya anak akan suka membaca.

Jangan lupa libatkan anak dalam mendekorasi perpustakaannya. Anak bisa memilih seperti apa bentuk perpustakaan impiannya. Terakhir sediakanlah buku-buku bacaan mendidik dan sesuai dengan umurnya.

Realisasikan bacaannya

Ini juga hal yang penting untuk membuat anak suka membaca. Cobalah mewujudkan sesuatu yang ada di buku bacaannya. Misalnya anak sedang suka bacaan tentang cara memelihara hewan. Kita bisa mengajaknya ke kebun binatang atau membelikannya hewan peliharaan.

Dengan mewujudkan apa yang ia baca. Anak akan merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Anak juga akan memiliki ikatan yang kuat dengan apa yang ia baca. Dan pada akhirnya kebiasaan membaca menjadi sebuah hobi yang tidak ditinggalkan anak.

Menonton film

Jika anak menyukai buku bergenre cerita. Seperti cerita putri duyung, Doraemon dan sejenisnya. Kita bisa membantu anak memperkuat imajinasinya dengan mempertontonkannya film berdasarkan apa yang ia baca.

Ketika anak mendapat pengalaman menonton film, ini akan menambah sudut pandang dari dirinya. Jika selama ini ia hanya bisa membayangkan isi buku di pikirannya, sekarang ia melihatnya sendiri dalam sebuah film.

Bebaskan anak memilih buku yang ingin dibaca

Untuk menumbuhkan rasa suka anak untuk membaca, kita tidak boleh memaksa. Bebaskan anak memilih buku yang ia suka, asalkan buku tersebut memiliki konten yang aman. Ajak anak ke toko buku, biar ia tahu macam-macam buku yang menarik. Ketika ia membaca apa yang ia sukai, Pelan-pelan anak tanpa disuruh akan menyukai kegiatan membaca.

Bacakan dengan lantang buku anak

Tips terakhir yang bisa dilakukan agar anak gemar membaca adalah dengan membacakan bukunya. Ini dilakukan agar anak merasa ditemani oleh orang tuanya. Menurut penulis buku “Taking Back Childhood”, Dr Nancy Carlsson membacakan anak sebuah buku akan melatih fokus anak dan meningkatkan IQ nya.

Demikianlah ulasan singkat saya tentang bagaimana membuat anak suka membaca, semoga bisa manjadi salah satu solusi untuk menjawab pertanyaan kenapa anak tidak suka membaca. Semoga dunia anak-anak semakin kaya dan bervariasi sekaligus menyenangkan. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan