KONSEP KESEIMBANGAN PERUSAHAAN

KONSEP KESEIMBANGAN PERUSAHAAN (MR=MC)

Loading...

Memahami konsep keseimbangan perusahaan dari segi biaya dan pendapatan adalah salah satu materi utama ekonomi mikro dan sangat penting dikuasai oleh seorang pengusaha atau pimpinan perusahaan. Konsep ini sangat menentukan dasar pengambilan keputusan produksi barang atau jasa.

Rugi laba dan masa depan perusahaan sangat tergantung dari posisi keseimbangan perusahaan dalam berbagai pasar. Untuk memulai bahasan ini, marilah kita bahas konsep kesimbangan perusahaan secara umum, kemudian di artikel selanjutnya akan dibahas kesimbangan pada setiap pasar yang berbeda.

Keseimbangan perusahaan adalah terjadi ketika pendapatan marginal sama dengan biaya marginal. Pada saat MR=MC, pendapatan marginal sama dengan biaya marginal, perusahaan memperoleh laba atau rugi. Ada dua kemungkinan laba dan rugi yang diperoleh perusahaan, yaitu laba maksimal dan laba minimal. Demikian halnya dengan rugi meliputi rugi minimal dan rugi maksimal.         

Konsep Pendekatan Keseimbangan Perusahaan

1. Pendekatan keseimbangan

Dalam keadaan seimbang berarti perusahaan mendapatkan normal profit atau minimal profit, sebab  pendapatan yang diperoleh perusahaan dapat menutup seluruh biaya perusahaan. Tetapi jika pendapatan melebihi biaya total perusahaan, maka perusahaan dikatakan mendapatkan laba maksimal. Sebaliknya jika pendapatan perusahaan lebih kecil dari biaya perusahaan, maka perusahaan menderita rugi.

Keseimbangan perusahaan dapat diperoleh melalui pendekatan total dan pendekatan marginal. Pendekatan total merupakan pendekatan dimana keseimbangan perusahaan dicari dengan cara membandingkan pendapatan total dengan biaya total.

Yang dimaksud dengan pendekatan marjinal adalah dengan pendekatan ini, keseimbangan perusahaan dicari dengan cara membandingkan pendapatan marginal dan biaya marginal. Keseimbangan perusahaan, ditampilkan melalui pendekatan total dan marginal.

2. Pendekatan total

Indikator utama dalam pendekatan total adalah pendapatan total dan biaya total. Melalui pendekatan dapat diketahui apakah perusahaan memperoleh laba ataukah rugi. Posisi laba  ditampilkan dalam kurva berikut ini.

Kurva Keseimbangan Perusahaan Melalui Pendekatan Total
Kurva Keseimbangan Perusahaan Melalui Pendekatan Total

Garis KL, MN dan XY menunjukkan besarnya laba yang diperoleh dari selisih pendapatan total dengan biaya total. Namun, perusahaan mengalami laba maksimum saat MN yaitu saat jarak TR dan TC paling jauh (dengan TR di atas TC). Laba maksimum tersebut dicapai jika perusahaan memproduksi output sebesar OQM.

Memperhatikan posisi laba melalui TR dan TC (pendekatan total) di atas, ternyata pendekatan total ini tidak dapat menunjukkan beberapa hal berikut ini:

  1. Beberapa harga dan biaya per unit.
  2. Pada output beberapa terjadi profit maksimal.

Untuk mendapatkan data tersebut, dapat diperoleh melalui average revenue, marginal revenue, average cost, dan marginal cost (pendekatan marginal).

3. Pendekatan Marginal

Indikator menentukan keseimbangan perusahaan adalah penerimaan rerata dan penerimaan, marginal serta biaya rerata dan biaya marginal. Posisi laba ditampilkan dalam kurva di bawah ini.

Kurva Keseimbangan Perusahaan Melalui Pendekatan Marginal
Kurva Keseimbangan Perusahaan Melalui Pendekatan Marginal

Pada output sebesar OQm, pengusahaan mencapai laba maksimal karena pada saat itu MR=MC. Kurva itu juga menjelaskan harga per unit atau AR = OP dan biaya per unit atau AC = OC. Besarnya laba ditunjukkan oleh segi empat CPMN yang merupakan selisih antara penerimaan total yaitu OPMQm dengan biaya total yaitu OCNQm.

Melalui Pendekatan Marginal ini, kita dapat mengetahui beberapa harga dan biaya per unit, serta pada output beberapa unit perusahaan mendapatkan profit maksimalnya.

Demikianlah bahasan kami tentang materi konsep keseimbangan perusahaan dilihat dari keseimbangan biaya dan pendapatan yang diperoleh. Keseimbangan ini masih sangat tergantung pada kondisi pasar yang dihadapi oleh perusahaan, apakah pasar persaingan, monopoli, oligopoli atau yang lain.

Nah untuk mengetahui kapan perushaan mendapatkan laba maksimal ataupun rugi minimal, silakan ikuti terus artikel-artikel selanjutnya di maglearning.id. Terimakasih

Media Pembelajaran Interaktif

Untuk mempelajari ekonomi mikro secara cepat dan ringkas Anda juga bisa menggunakan media pembelajaran interaktif yang sudah saya kembangkan untuk Anda semua. Media ini saya sediakan dalam dua versi, yatu versi web dan versi Android. Untuk versi web hanya bisa digunakan secara online, sedangkan versi Android bisa digunakan secara offline jadi silakan install aplikasi ini terlebih dahulu di gawai Anda.

EkoMik Versi Web:

EkoMik Versi Android:

Loading...

Tinggalkan Balasan