Menabung Uang Jajan

Menabung Uang Jajan, Walau Hanya Lima Ribu!

Loading...

Pelajarilah cara menabung uang jajan 5000 rupiah setiap hari, karena di masa depan hasilnya akan sangat mengejutkan. Kegiatan menabung bisa berhasil asalkan konsisten dalam melakukannya. Bukan tergantung pada seberapa besar jumlahnya. Bahkan dengan cara menabung uang jajan 5000 setiap hari saja bisa menjadi banyak asalkan konsisten. 

Apalagi buat kamu yang masih pelajar atau sedang kuliah, menabung rutin meskipun 5000 rupiah setiap hari akan memberikan manfaat yang sangat besar.  Mulai dari mampu belanja barang yang diimpikan atau sekaligus meringankan beban orang tua dalam membiayai pendidikan sekolah Anda. 

Cara menabung uang jajan 5000 setiap hari bisa berhasil asalkan Anda tahu langkah-langkah yang benar dalam menjalaninya.  Kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar Anda sukses dalam menabung uang jajan 5000 setiap hari, tips tersebut antara lain: 

1. Bangun komitmen Anda menabung 5000 setiap hari

Yang pertama Anda butuh sebuah komitmen yang kuat.  Menabung bukan sebuah perjanjian dengan orang lain,  melainkan janji pada diri Anda sendiri. Berjanjilah untuk menyisihkan uang 5000 rupiah setiap hari.  Bagaimanapun caranya dan dalam keadaan apa pun wajib menyisihkan uang 5000 rupiah setiap hari. 

Lakukan dan paksa diri Anda menabung selama minimal 100 hari.  Karena hal yang diulang 100 kali,  setelah itu akan membentuk kebiasaan Anda.  Begitu juga jika Anda disiplin menyisihkan uang 5000 setiap hari selama 100 hari tanpa ada celah bolong dalam menabung,  setelah itu Anda terbiasa untuk menabung. 

2. Tentukan tujuan yang lebih jelas dalam kegiatan menabung Anda

Loading...

Selanjutnya perjelas tujuan Anda untuk menabung.  Karena semakin jelas tujuannya maka semakin jelas pula dalam proses menjalankannya. Misalkan saja tetapkan kegunaan uang tabungan tersebut untuk membeli apa,  apakah membeli handphone, membeli motor,  membeli rumah. Dan dengan memperjelas tujuan akan mampu memotivasi Anda untuk disiplin dalam menabung. 

Selain itu perjelas juga jadwal menabung dan juga durasi Anda menabung.  Kalau menabung harian sudah pasti setiap hari wajib.  Biasakan untuk mengambil waktu khusus,  misalkan menabung setiap pagi sebelum bekerja atau setiap malam sebelum tidur.  Kemudian tentukan jangka waktu menabung tersebut,  apakah 1 tahun,  2 tahun,  atau durasi lainnya sesuai keinginan Anda.  Dengan begitu proses menabung Anda akan lebih terprogram dengan baik. 

3. Jadikan aktivitas menabung uang jajan Anda menjadi menarik dan tidak membosankan

Agar kegiatan menabung Anda menjadi rutinitas harian yang menarik, lakukan dan perhatikan beberapa hal berikut. Mulai dari tempat menabung, mungkin bisa menggunakan celengan dengan bentuk yang kamu sukai dan mudah untuk dilihat di kamar kamu. Atau misalkan setiap menabung kamu melakukan sebuah check list pada kalender milik kamu. Atau bisa menggunakan kreasi-kreasi yang lain sehingga kegiatan menabung harian kamu tersebut menjadi rutinitas yang menarik. Dengan begitu kamu akan menjalani proses menabung tersebut dengan senang hati.

4. Melakukan penghematan agar bisa menyisihkan 5000 setiap hari

Berhemat sudah pasti harus Anda lakukan.  Agar setiap hari bisa menyisakan uang 5000 rupiah untuk Anda tabung.  Kemudian ada sebuah tips khusus,  usahakan dalam waktu 1 hari kamu bisa menyisihkan lebih banyak uang.  Dengan begitu bisa buat cadangan menabung besoknya lagi. 

Loading...

Semakin Anda hemat dalam pengeluaran. Maka semakin mampu Anda untuk menabung.  Meskipun cuma 5000 rupiah,  kalau untuk orang yang boros bisa jadi sebuah nominal yang sulit karena orang boros selalu sadar terlambat, yakni baru sadar kalau uang sudah habis sama sekali. 

5. Mencoba mencari penghasilan tambahan

Kemudian hal lain yang harus Anda lakukan adalah mencoba mencari penghasilan tambahan.  Meskipun masih sekolah juga bisa kok,  banyak peluang usaha untuk Anak sekolahan yang bisa Anda lakukan.  Dengan adanya penghasilan tambahan,  maka proses menabung uang jajan 5000 setiap hari Anda akan menjadi lebih mudah. Dan siapa tahu kalau penghasilan sampingan Anda bisa menjadikan Anda banyak uang,  bisa saja Anda menabung lebih dari 5000 setiap hari kan. 

6. Tetap bersabar sampai tujuan menabung tercapai

Yang terakhir adalah sabar dalam proses menabung yang Anda jalani tersebut.  Karena menabung tidak mungkin bisa berhasil dalam 1 atau 2 hari.  Jadi santai saja,  sabar dan nikmati prosesnya.  Nanti lama-lama juga akan sampai pada waktu untuk menikmati hasil dari tabungan kamu tersebut. 

Yang terakhir jangan sepelekan uang 5000 rupiah.  Karena kalau kamu berhasil 100 hari bisa menjadi 500.000, berhasil 300 hari bisa menjadi 1.500.000,-. Asalkan kamu enjoy dalam menabung.  Suatu saat uang 5000 milik kamu tersebut akan mampu mewujudkan salah satu keinginan yang kamu miliki. 

Demikian tips dari saya mengenai cara menabung uang jajan 5000 setiap hari. Semoga bisa memberikan manfaat buat Anda dan Terima kasih (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan