Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas

PAI Kelas 5 Pelajaran 8: Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas

Salah satu kunci kebahagiaan adalah kesederhanaan dan keikhlasan. Oleh karena itu mari hidup sederhana dan ikhlas.

MARI HIDUP SEDERHANA

Bagaimanakah hidup sederhana itu? Menurut al-Qur’an, hidup sederhana adalah di antara berlebihan dan kikir.

Berlebihan artinya tidak wajar atau aneh-aneh, sedangkan kikir artinya terlampau hemat atau disebut juga pelit. Dalam menggunakan uang jajan dianjurkan agar tidak berlebihan dan tidak pula kikir.

Hidup sederhana bukan berarti harus miskin, atau tidak punya apa apa. Contoh sederhana misalnya makan bakso, antara makan dua mangkuk dengan seperempat mangkuk, maka yang dianggap sederhana dari itu adalah makan bakso satu mangkuk.

Apa keuntungan hidup sederhana?

Nabi Muhammad saw. teladan kita. Ketaatan dan kesederhanaan Nabi Muhammad saw. harus dicontoh dengan segenap kemampuan kita. Orang yang hidup sederhana bukan berarti orang miskin atau tidak punya.

Keuntungan sederhana antara lain seperti berikut.

  • Orang yang hidup sederhana berarti telah mengamalkan ajaran agama atau perintah Allah Swt., dan orang tersebut mendapat pahala.
  • Orang yang hidup sederhana berarti telah mampu melawan godaan setan yang mendorong hidup boros.
  • Orang yang hidup sederhana biasanya rendah hati, dan disenangi banyak orang.
  • Orang yang hidup sederhana tidak akan ditimpa penyakit resah-gelisah.
  • Orang yang hidup sederhana tidak akan pernah mengambil harta orang lain.
Loading...

Semua orang bisa hidup sederhana, tergantung pada kemauannya. Mulailah dengan niat yang ikhlas untuk hidup sederhana, karena hidup sederhana adalah perintah Allah Swt. Mulailah dengan membiasakan makan-minum sederhana tidak berlebihan, menggunakan uang jajan secukupnya sesuai kebutuhan pokok saja, membeli pakaian tidak selalu mengikuti model, demikian seterusnya.

MARI IKHLAS BERAMAL

Apakah Ikhlas Itu?

Ikhlas maknanya bersih. Bersih dari kotoran.

Ikhlas adalah perbuatan hati, karena ikhlas itu ada di dalam hati. Misalnya kalau dikatakan “ikhlas bersedekah” artinya memberikan dengan hati bersih.

Ketika kita ikhlas membatu orang lain maka membantu dengan hati bersih tanpa mengharapkan sesuatu balasan atau imbalan.

Kata “ikhlas” sering juga dihubungkan dengan kalimat “karena Allah Swt.”. Bila kita membatu orang lain, di hatinya hanya ada semboyan “membantu adalah perintah Allah Swt.”.

Nah, bagaimana bila bekerja dan memperoleh gaji? Tidak selamanya berbuat atau bekerja yang mendapatkan imbalan atau bayaran dikatakan tidak ikhlas. Yang mendapatkan imbalan pun bisa disebut ikhlas.

Contoh, ketika seseorang diminta membantu pekerjaan dengan imbalan 50 ribu rupiah, berarti orang tersebut sudah ikhlas membantu dengan imbalan yang disepakati. Di situ tidak ada yang merasa dirugikan atau pun yang mendapat pujian.

Ikhlas merupakan buah dan intisari dari iman. Seseorang dianggap beragama dengan benar jika amal ibadahnya dilaksanakan dengan ikhlas.

Ikhlas Beramal karena Allah Swt.

Beramal yaitu melakukan perbuatan baik. Semua perbuatan baik yang dilakukan dengan ikhlas menurut ajaran Islam akan mendapat pahala. Taat kepada Allah Swt. pun harus dengan ikhlas.

Ciri –Ciri orang yang ikhlas antara lain sebagai berikut.

  1. Beramal dengan sungguh-sungguh tanpa mengharapkan pujian dari manusia. Pujian bukan harapan kita meskipun ada orang yang memuji.
  2. Beramal dengan tekun dan rajin semata-mata karena tindakan itu adalah perintah Allah Swt. Tentu ada yang memuji, tetapi pujian bukan tujuan.
  3. Tidak memamerkan dan menceritakan amalnya kepada orang lain.
  4. Tidak pernah mengeluh dalam melaksanakan tugas.

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 8, Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Soal Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 8

Loading...

Untuk latihan soal PAI kelas 5 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 5

Latihan Soal PAI Kelas 5 Versi Android

Latihan soal PAI

AkbarHana Education

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami terbitkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal PAI kelas 5 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

Latihan SOAL PAI SD Kelas 5

Latihan Soal PAI SD

Buku Digital PAI Kelas 5

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Loading...

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 5

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Tinggalkan Balasan