Keindahan Pantai Jungwok

Keindahan Pantai Jungwok yang Sepi Pengunjung

Loading...

Apakah sobat sudah tahu tentang keindahan pantai Jungwok? Atau malah baru mendengar namanya saja? Pantai ini tidak jauh dari Yogyakarta lho. Tepatnya masuk di wilayah Gunungkidul.

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Kota Jogja yang memiliki banyak destinasi wisata menawan yang harus kamu kunjungi, terutama wisata pantainya. Ketika bertandang ke Gunungkidul, banyak pantai yang bisa kamu eksplore dengan keunikan dan daya tariknya masing-masing. Secara umum, pantai di Gunungkidul ini sangat tepat untuk menemanimu menghabiskan senja dengan semburat orange indah di langit biru.

Salah satunya adalah Pantai Jungwok. Namanya memang terdengar asing, namun keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai yang populer di Gunungkidul lainnya. Pantai Jungwok ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Dengan pasirnya yang putih menawan dan airnya yang biru, ternyata pantai ini memiliki cerita angker di balik keindahannya.

Tidak hanya itu, dengan keindahan yang dimilikinya, Pantai Jungwok juga merupakan pantai yang berukuran cukup luas dibandingkan dengan pantai lainnya. Apalagi, kamu bisa menyaksikan banyaknya habitat ikan hias yang melimpah, macam-macam rumput laut, sampai bintang laut. Pantai satu ini memiliki bentuk yang agak cekung dengan deburan ombak pantai sebagaimana ombak pantai selatan pada umumnya, cukup tenang, karena terdapat tebing yang menghalangi ombak sampai ke ujung pantai. Ciri khas pantai ini ialah sebuah batu berukuran besar yang biasa disebut Watu Topi.

Watu Topi biasa digunakan untuk spot memancing ikan. Sehingga tidak heran jika ada yang menaikinya dengan berani. Pada beberapa bagian pantai, kamu juga bisa menyaksikan pohon pandan. Namun, Pantai Jungwok ini terbilang sepi pengunjung, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi pantai dengan nuansa pribadi yang menyenangkan.

Dengan nuansa yang sangat tenang, lokasi sangat asri, jalannya terjal, berbatu, sepi penduduk, dan lokasinya yang sangat jauh dari pantai lainnya, mungkin menjadi faktor mengapa pantai yang indah ini jarang dikunjungi, apalagi ditambah cerita mistis di dalamnya. Kondisi tersebut membuat pantai terasa sangat sepi dan mencekam tatkala malam.

Kabarnya, telah tersebar berita bahwa pernah beberapa orang yang camping di pantai ini mengalami hal-hal aneh, dan samar seperti mendengar lolongan anjing. Meski demikian, beberapa orang yang penasaran dengan keindahannya tetap menyambangi demi keindahannya yang masih terjaga. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, di antaranya ialah tidur-tiduran dengan nyaman di hammock, bermain bola volli pantai bersama kerabat, dan juga camping.

Rute menuju Pantai Jungwok

Untuk bisa mencapai pantai ini, kamu hanya bisa menggunakan motor dan mobil saja, alias kendaraan pribadi. Belum ada transportasi umum yang bisa membawamu langsung mencapai pantai. Namun, kamu bisa memilih menaiki bus dari terminal Giwangan menuju Desa Jepitu, dari desa tersebut kamu bisa menaiki ojek menuju pantai.

Jika berangkat dari kota Jogja, kamu bisa melewati Jalan Bausasran, kemudian lurus hingga sampai ke SMA N 08 Jogja –PLN Jogja. Ikuti terus Jalan Nasional III dan Jalan Yogyakarta – Wonosari – Jalan Kiyai Legi – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo, sampai kamu tiba di Pantai Jungwok. Apabila kamu ingin melewati rute yang lebih singkat dan cepat, kamu bisa bisa mengambil rute dengan melewati Bantul. Kemudian, kamu bisa melewati Jalan Imogiri Timur atau Playen Dlingo – Jalan Kiyai Legi  – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo hingga sampai ke Pantai Jungwok.

Kamu bisa mengunjungi pantai ini kapan pun kamu mau, karena selalu buka sepanjang hari, 24 jam dengan harga tiket Rp. 5.000,- ditambah dengan harga parkir motor Rp. 2.000,- mobil Rp. 5.000. Jika kamu ingin merasakan nuansa yang unik, kamu bisa mendaki ke Bukit Manjung. Dari atas bukit, kamu akan menyaksikan pemandangan yang sangat indah dan memanjakan mata. 

Dengan keindahannya yang menawan, kamu tidak akan menemukan sampah berserakan di sini, sehingga menjadikan pantai ini sangat bersih dan alami. Bentangan pasir putihnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berfoto ria sambil menikmati deburan ombak yang terkadang terdengar sangat keras.

Tips untuk mengunjungi pantai ini, pastikan kendaraan kamu dalam keadaan baik, karena jalanan yang tidak terlalu baik. Akan lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan pribadi ke sini. Kamu meski mengikuti peraturan yang ada dan membuang sampah pada tempatnya, dan jangan lupa untuk membawa perbekalan sendiri.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke sini ada baiknya untuk tetap menjaga protokol kesehatan ya. Walaupun cukup sepi, menikmati keindahan panti jungwok ini bisa membuatmu lupa diri.

Nah, sekian dulu ya cuap-cuap saya tentang keindahan pantai Jungwok di sini. Semoga ada manfaatnya dan hidup Anda semakin bahagia dan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan