memulai bisnis di masa pandemi

Cara Memulai Bisnis di masa Pandemi

Loading...

Semenjak masa pandemi Covid-19, keinginan orang untuk memulai usaha semakin tinggi. Hal ini sebanding dengan banyaknya pemecatan karyawan di banyak perusahaan. Nah, bagaimana cara memulai bisnis di masa pandemi ini?

Yang dulunya pernah mempunyai keinginan berbisnis mulai semangat lagi. Tapi tetap saja, satu-satunya kendala banyak orang ketika akan membangun bisnis adalah modal.

Jika Anda juga merasakannya, maka Anda tetap bisa kok mulai berbisnis, Anda bisa memulainya dari yang paling sederhana yakni dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah Anda, misalnya garansi rumah ataupun halaman. Dengan demikian Anda bisa menekan pengeluaran untuk modal, sehingga dapat dialokasikan ke berbagai kebutuhan yang lainnya.

Ketika sudah terjun ke dunia bisnis, Anda akan mendapati berbagai permasalahan, terutama tentang pengelolaan keuangan, hal ini bisa saja terjadi karena memang Anda tidak mempunyai basic di sana. Namun tak usah khawatir, karena sudah banyak kok platform yang bisa membantu Anda untuk mempelajari pengelolaan keuangan bisnis.

Nah, jika Anda bingung cara memulai bisnis agar cepat sukses, maka Anda bisa membaca dan mengikuti beberapa tips memulai bisnis pada masa pandemi di bawah ini.

Teruslah Berpikir untuk Sukses

Hanya ada dua pilihan, sukses atau gagal. Maka, jangan pernah merencanakan kegagalan dalam berbisnis dengan pikiran Anda. Sekali Anda berpikir akan gagal itu artinya Anda tengah mempersiapkan kegagalan. Tetaplah berpikir bahwa Anda akan sukses percaya dengan kemampuan yang Anda miliki. Sebagai pebisnis, Anda harus mempunyai mental yang kuat, karena akan ada banyak sekali rintangan yang akan Anda hadapi di depan.

Bisnis Sesuai Minat dan Bakat

Loading...

Cara memulai bisnis agar cepat sukses yang kedua adalah berbisnis sesuai dengan minat dan bakat Anda. Ini adalah poin yang sangat penting jika Anda ingin sukses. Mungkin Anda bertanya, mengapa haru menyesuaikan dengan minat dan bakat? Tentu, segala sesuatu yang menyangkut minat dan bakat Anda bisa menjadi penyemangat tersendiri ketika Anda menjalankannya, sehingga peluang untuk sukses lebih besar daripada bidang yang sama sekali tidak Anda sukai.

Menentukan Keunikan Produk

Selanjutnya Anda harus menentukan keunikan produk yang akan Anda tawarkan. Memikirkan poin ke tiga ini cukup penting, karena mengingat persaingan bisnis memang berat. Jika Anda hanya menjual sebuah produk yang biasa saja, tentu konsumen bisa mendapatkannya di tempat lain dengan mudah. Berbeda halnya jika Anda mampu menemukan keunikan produk yang akan Anda jual.

Ketatnya persaingan membuat Anda harus memutar otak lebih keras sehingga mendapatkan sebuah produk yang menarik dan unggul dibandingkan produk lain.

Memperkirakan Modal

Jika Anda sudah optimis sukses, dan juga telah menentukan bisnis yang sesuai minat dan bakat serta telah mendapatkan keunikan produk yang akan Anda tawarkan, maka waktunya untuk memperkirakan modal. Bagaimanapun, yang namanya bisnis pasti membutuhkan modal kan?

Loading...

Maka hitunglah dengan teliti semua modal yang Anda butuhkan, jangan mencoba membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Untuk lebih menekan angka pengeluaran, Anda bisa menggunakan beberapa barang-barang yang memang ada di rumah, misalnya peralatan dapur, teras, dan sebagainya.

Cari Waktu Memulai

Apabila semua sudah, maka waktunya Anda untuk menentukan waktu mulai berbisnis. Tak perlu terburu-buru maka carilah waktu yang benar-benar Anda siap, pertimbangkan banyak hal secara tepat dan cermat.

Melakukan Promosi

Selain kualitas produk, promosi juga bisa menjadi ruhnya sebuah bisnis, karena dengan melakukan promosi, Anda bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak. Sudah banyak kok media yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi, salah satunya adalah media sosial.

Demikian beberapa cara memulai bisnis agar mudah sukses. Ingat, jangan terburu-buru karena Anda harus mempersiapkan segalanya dengan  matang.

Oke, sekian dulu bahasan saya mengenai cara memulai bisnis di masa pandemi ini. Semoga ada manfaatnya bagi Anda. Mudah-mudahan Anda semakin sukses di masa yang akan datang (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan