Solusi mudah panik

Mengetahui Penyebab Mudah Panik dan Cara Mengatasinya

Loading...

Mengetahui penyebab seseorang yang mudah panik bisa sangat bermanfaat. Terutama sebagai informasi untuk mencari cara mengatasi masalah ini untuk orang-orang yang mengalaminya.

Pernahkah sobat mengalami sebuah kepanikan yang tiba-tiba dengan merasakan kegelisahan yang berlebihan? Atau memang sobat sering cepat panik? Bisa jadi saat itu sobat terkena yang namanya gangguan panik. Dalam hal ini bisa diartikan sebagai sebuah kondisi yang tidak normal dengan memikirkan sesuatu secara cemas dan takut berlebihan dan mengekspresikannya juga dengan panik yang berlebihan.

Kondisi seperti ini bisa saja sembuh dengan sendirinya pada saat seseorang sudah tenang dan membaik. Namun apabila gangguan panik terjadi secara berulang dalam hidup Anda, berarti perlu dilakukan sebuah penanganan khusus, karena jika berulang bisa bermasalah pada kesehatan mental kita.

Penyebab Mudah Panik

Meskipun seseorang kadang tidak menyadari kenapa dia bisa tiba-tiba panik, namun kalau mau diteliti lebih sudah pasti akan ada penyebabnya. Biasanya disebabkan karena beberapa hal atau kejadian yang sudah pernah terjadi. Secara garis besar penyebab gangguan panik digolongkan menjadi beberapa point berikut ini :

  • Ada sebagian yang menyatakan dari faktor genetik, yakni karakter dari orang tua yang diwariskan, ketikan orang tua mudah panik, anaknya juga. Namun hal ini sudah diteliti beberapa kali namun belum menyatakan hasil yang valid
  • Penyebab utamanya adalah stress. Ini yang paling sering terjadi di masyarakat, dimana orang yang terkena gangguan panik biasanya disebabkan karena pikiran yang tertekan karena banyak masalah yang dihadapi.
  • Faktor trauma pada sebuah kejadian juga bisa menyebabkan seseorang mudah panik dan mudah mengidap gangguan panik di kemudian hari.
  • Faktor phobia terhadap sesuatu hal juga bisa menjadikan seseorang terkena gangguan panik di kemudian hari.

Gejala dan Diagnosis Gangguan Panik

Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui gejala ini apabila gangguan panik terjadi pada orang di sekitar kita, yang sulit adalah untuk menyadari gangguan panik apabila terjadi pada diri sendiri. Biasanya tanda yang paling jelas adalah kecemasan berlebihan hingga membayangkan sesuatu yang bahkan tidak masuk akal akan terjadi.

Kemudian bisa ditandai juga dengan emosinya yang menjadi sangat sensitif dan sangat mudah marah. Dari segi fisik bisa ditandai dengan kondisi berkeringat dingin bahkan bisa mendadak mengalami demam atau sakit.

Beberapa gejala tersebut ketika muncul dan tidak segera ditangani maka dampaknya akan buruk. Mulai dari kesehatan mental yang memburuk dan membuat orang menjadi gila, kemudian akan memancing perilaku pelarian pada hal yang negatif pada alkohol dan juga obat-obatan dan akan lebih sulit untuk di nasihati ketika sudah semakin parah. 

Pencegahan dan Pengobatan Mudah Panik

Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa ketika seseorang mulai mengidap gangguan panik kalau tidak segera ditangani akan berbahaya, maka dari itu kita harus mengadakan tindakan pencegahan agar tidak semakin parah.

Tindakan awal jika itu terjadi pada diri sendiri dan orang di sekitar kita adalah mencoba beberapa hal berikut ini :

  • Mencoba menenangkan diri dan menstabilkan segala sesuatu yang ada pada pikiran dan hati kita.
  • Mencoba melakukan relaksasi dengan mencari tempat tenang atau bermeditasi untuk mendapatkan energi yang positif agar sadar kembali.
  • Beribadah dan berdoa kepada Tuhan agar diberikan ketenangan hati adalah sebuah langkah yang cukup ampuh mengatasi gangguan ini.
  • Mencoba melipur diri dengan kegiatan yang positif seperti berolahraga, bersih-bersih atau beberapa kegiatan positif lainnya.
  • Berusaha untuk menghindari pelampiasan yang negatif seperti rokok, alkohol, dugem dan juga yang lainnya.

Berusaha kuat agar bisa mengendalikan diri sendiri adalah kunci mengatasi gangguan mental yang satu ini. Kemudian jika itu terjadi pada orang di sekitar kita sudah seharusnya kita membantu mereka agar lebih tenang dan bisa kembali sadar dan normal.

Namun jika kondisi semakin parah dan sulit terkendali mau tak mau harus segera berobat ke dokter, kali ini khusus dokter psikologi atau mental sehingga mendapatkan resep obat dan juga penanganan yang tepat agar tidak semakin parah dan bisa cepat sembuh.

Penyakit seperti ini memang jarang sekali terjadi, namun kalau kita tahu ilmunya suatu saat mungkin akan berguna untuk menolong orang yang terkena gangguan ini di sekitar kita.

Demikian sobat mengenai mengetahui penyebab mudah panik beserta cara mengobatinya. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan