Tips Cara Mengajari Anak Hiperaktif Belajar

Tips Cara Mengajari Anak Hiperaktif Belajar

Tips Cara Mengajari Anak Hiperaktif Belajar – Kesabaran adalah hal krusial yang harus dimiliki orang tua saat mempunyai buah hati hiperaktif. Anak hiperaktif memang berbeda karakter dengan anak lainnya. Orang tua akan menghadapi kesulitan dan mungkin menguras emosi mereka.

Karena sifat anak hiperaktif yang cenderung sulit diatur, hal ini membuat anak hiperaktif mengalami kesulitan untuk diajak belajar. Hal ini disebabkan oleh gangguan otak yang menyebabkan terganggunya proses transfer informasi di antara sel otak. Namun jangan panik dulu.

Untuk mengatasi kendala anak hiperaktif sulit belajar, berikut ini adalah tips-tips yang akan membantu orang tua sebagai cara mengajari anak hiperaktif belajar.

Rangsang Dengan Aktivitas Fisik

Anak dengan karakter hiperaktif perlu dirangsang dengan kegiatan fisik agar mereka mau belajar. Aktivitas fisik seperti berlari, melompat-lompat serta bermain bola akan membuat otak anak hiperaktif lebih terkontrol, aktivitas fisik juga akan mewadahi energi yang dimiliki oleh anak hiperaktif.

Orang tua harus kreatif membuat permainan fisik namun juga memiliki nilai edukasi agar anak bisa belajar. Perpaduan antara permainan fisik dan belajar akan menambah kemampuan memori anak sehingga mudah menyerap ilmu baru.

Mengasuh dengan santai

Anak hiperaktif butuh kebebasan untuk mengekspresikan keinginannya. Mereka bisa berteriak, berlarian ke sana-kemari dan memukul-mukul barang di sekitarnya. Sebagai orang tua kita harus mengerti tentang kondisi anak tersebut.

Terapkan pola asuh yang santai namun tetap terkontrol. Beri anak hiperaktif keleluasaan untuk mengeluarkan energinya, namun tetap diawasi apabila mereka melakukan sesuatu yang membahayakan. Mengekang anak hiperaktif hanya akan membuatnya berlaku lebih buruk.

Kurangi gangguan

Hal yang harus diketahui oleh para orang tua adalah anak hiperaktif mempunyai karakter yang mudah teralihkan konsentrasinya. Jadi melatihnya untuk fokus pada suatu hal adalah hal yang penting.

Kita bisa mengajari kegiatan menyapu misalnya. Tapi harus dilakukan di tempat yang tenang dan minim gangguan. Jangan mengajari anak di tempat yang membuat konsentrasinya terganggu. Dengan menciptakan ruang yang aman untuknya. Akan membuat anak hiperaktif lebih mudah fokus belajar.

Berikan Pujian

Salah satu cara mengajari anak hiperaktif belajar adalah dengan memberi pujian. Hal ini adalah salah satu bentuk feedback yang mereka butuhkan. Namun ingat, feedback harus tepat sesuai dengan konteks dan capaian.

Saat anak hiperaktif mau mengerjakan tugas yang diberikan. Berikan kesan positif untuknya dengan memberikan pujian. Pujian seperti “ wah pintar sekali anak mamah” dan sebagainya akan membuat anak Hiperaktif merasa dihargai.

Untuk menumbuhkan rasa ingin belajar anak hiperaktif memang butuh kesabaran. Namun saat kita menemukan pola asuh yang tepat mereka akan menjadi anak yang kooperatif. Beri mereka tugas yang merangsang kreativitas, jangan terlalu mengekang biarkan mereka mengeksplorasi cara belajarnya sendiri.

Membuat daftar tertulis

Buatkan anak sebuah daftar mengenai kegiatan yang harus ia lakukan sehari-hari. Ini akan melatih anak untuk fokus dengan apa yang harus ia kerjakan. Membuat daftar kegiatan juga akan membantu anak dalam Berpikir runut dan disiplin.

Selalu ingatkan anak saat ia merasa bosan dengan memperlihatkan jadwal aktivitasnya. Menanamkan kebiasaan seperti ini akan membantu konsentrasi anak hiperaktif. Bisa juga kita memberi anak pilihan untuk menyusun daftar kegiatannya sendiri.

Demikianlah bahasan kami tentang tips bagaimana cara mengajari anak hiperaktif agar mau belajar. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan