Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi

Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi

Loading...

Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi – Negara-negara anggota ASEAN mulai menerapkan AFTA (ASEAN Free Trade Area) dalam kehidupan internasionalnya. Secara ekonomis, pemberlakukan AFTA akan menjadikan kegiatan ekonomi lebih meluas. Produsen beras seperti Thailand dapat dengan mudah mengekspor produknya ke Singapura, Indonesia, dan negara anggota ASEAN lain tanpa dibebani pajak, begitu pun sebaliknya.

Pilihan konsumsi pun semakin banyak, baik kualitas maupun harganya. Kerja sama negara-negara ASEAN ini mendorong terjadinya perubahan tatanan kerja sama antarnegara dalam bidang ekonomi. Persaingan dalam kegiatan ekonomi menjadi lebih ketat dengan adanya kompetitor dari luar negeri.

Kegiatan produksi yang dilakukan oleh produsen atau pelaku kegiatan produksi suatu negara ASEAN akan dapat dengan mudah dipasarkan ke negara lain dalam lingkup ASEAN. Contoh, Indonesia dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh petani di Thailand dan Myanmar. Produk elektronik Singapura dapat lebih mudah diperoleh oleh masyarakat di negara ASEAN.

Kerja sama ASEAN menjadikan proses distribusi menjadi lebih jauh jangkauannya. Barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen sampai ke tangan masyarakat (konsumen) melalui distributor. Perkembangan teknologi transportasi dapat memperpendek jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk mendistribusikan barang atau jasa sampai ke tangan konsumen.

Lautan luas tidak lagi menjadi penghalang untuk mendistribusikan barang dan jasa. Kemudahan distribusi ini sangat menguntungkan pelaku kegiatan ekonomi dan memungkinkan mereka mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Kegiatan distribusi antarnegara dalam bentuk ekspor dan impor yang melibatkan dua negara atau lebih identik dengan pergerakan barang atau jasa antarnegara.

Kegiatan ekspor dan impor ini menunjukkan adanya interaksi antarruang negara yang satu dengan negara lainnya. Kegiatan produksi dan distribusi bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen. Konsumen adalah pengguna barang atau jasa yang telah diproduksi oleh produsen dan didistribusikan oleh distributor.

Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi Singapura

Singapura adalah negara yang mengutamakan sektor perdagangan dan sangat bergantung pada ekspor dan impor. Ekonomi di Singapura mendapat peringkat sebagai negara yang paling terbuka di dunia, negara dengan angka korupsi paling sedikit, dan negara yang paling pro-bisnis.

Selain itu, Singapura juga termasuk salah satu dari Empat Macan Asia. Pajak di Singapura relatif rendah (14,2% dari PDB). Singapura juga merupakan negara dengan pendapatan per kapita tertinggi ketiga di dunia.

BUMN memainkan peran besar dalam perekonomian Singapura, di mana negara memegang saham mayoritas di beberapa perusahaan terbesar, seperti Singapore Airlines, SingTel, ST Engineering, dan MediaCorp. Investor juga sangat tertarik untuk berinvestasi di Singapura karena iklim investasi yang sangat menarik dan suhu politik yang stabil.

Video Pembelajaran

Video Pembelajaran di atas bisa kalian manfaatkan untuk menambah wawasan kalian tentang Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi.

Latihan soal evaluasi Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi

Silakan gunakan latihan soal online berikut ini untuk melakukan asesmen pembelajaran mandiri.

https://quizizz.com/join/quiz/5f5e8db821237d001bc33de2/start

Latihan soal evaluasi Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi

Demikianlah bahan ajar materi Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi (IPS Kelas 8) yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat dan membantu (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan