Tutorial Menginstall Bluetooth di Komputer

Tutorial Menginstall Bluetooth di Komputer

Loading...

Halo! jumpa lagi di maglearning.id, kali ini kami akan memberikan tutorial menginstall bluetooth di komputer atau laptop. Walaupun teknologi bluetooth ini merupakan teknologi yang sudah lama ada dan kecepatannya masih kalah jauh dibanding WiFi, namun masih banyak perangkat yang menggunakannya sampai sekarang.

Seperti kita ketahui bahwa Bluetooth merupakan alat media komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan suatu alat komunikasi dengan alat komunikasi lainnya. Bluetooth banyak digunakan di iPad, komputer, dan ponsel, untuk memfasilitasi berbagi file dan audio. Saat ini banyak perangkat yang menggunakan bluetooth. Atau bisa juga Bluetooth merupakan komponen yang juga sangat penting bagi pengguna laptop, karena dengan Bluetooth kita dapat mengirim atau menerima foto atau video dan mentransfer data tanpa harus menggunakan kabel data.

Padahal proses transfer file melalui kabel data sangat cepat, tidak setiap saat kita selalu memiliki kabel data, belum lagi perangkat USB mobile yang tidak didukung oleh laptop, hal inilah yang membuat penggunaan bluetooth menjadi lebih cepat diterapkan untuk proses pengiriman data antar perangkat seperti mengirim file, dokumen, musik, film, dan banyak lagi.

Akan tetapi tidak semua jenis laptop dilengkapi dengan fitur bluetooth ini, sehingga Anda perlu menambahkan USB eksternal bluetooth sendiri yang ukurannya saat ini sangat kecil sehingga tidak mengganggu aktivitas kerja Anda. Berіkut cara mengaktіfkan bluetooth dі laptop dengan sangat mudah dan cepat serta bіsa dі aplіkasіkan ke semua jenіs laptop, baіk іtu laptop, acer, asus, lenovo, hp, axіoo, toshіba satellіte dan jenіs laptop laіnnya dі wіndows 7 dan wіndows 8.

Untuk menginstal Bluetooth diperlukan driver yang kompatibel dalam mengirimkan data ke berbagai perangkat seperti desktop atau mobile. Namun dalam beberapa kasus, jika kita memasang driver yang tidak cocok dengan perangkat yang digunakan, akan muncul pesan seperti: Cari perangkat, pastikan perangkat Anda dapat ditemukan

Ada berbagai jenis perangkat Bluetooth yang dapat Anda tambahkan ke komputer Anda, seperti ponsel, headset nirkabel, dan perangkat mouse atau keyboard nirkabel. Anda dapat menambahkan adaptor Bluetooth ke komputer Anda jika Anda belum memilikinya. Anda dapat melakukannya dengan memasukkan adaptor ke dalam port USB.

Beberapa komputer, terutama laptop, dilengkapi dengan adaptor Bluetooth bawaan. Anda mungkin harus menyalakan adaptor, atau menggunakan tombol di laptop Anda untuk menyalakannya jika laptop Anda memiliki adaptor bawaan.

1. Instal driver Bluetooth

Driver bluetooth biasanya akan terinstal otomatis jika laptop Anda terhubung dengan internet dan Anda mengaktifkannya melalui tombol yang terdapat icon bluetooth, Tetapi Anda juga dapat menginstal driver Bluetooth secara manual di laptop Anda menggunakan driver DVD yang disertakan dengan laptop saat Anda membelinya atau Anda dapat mendownloadnya sesuai dengan jenis laptop yang Anda miliki.

2. Menggunakan bluetooth USB

Bluetooth USB merupakan perangkat alternatif jika laptop Anda tidak dilengkapi dengan fitur bluetooth, sehingga Anda dapat menambahkannya sendiri dengan membelinya dengan harga murah yang juga dapat digunakan untuk komputer PC. Untuk mengetahui apakah laptop Anda memiliki perangkat Bluetooth atau tidak, yang dapat Anda lakukan adalah melihat spesifikasinya atau biasanya terdapat stiker dengan logo Bluetooth yang terpasang pada laptop Anda.

Berikut detail tutorial cara menginstall bluetooth di komputer PC atau laptop yaitu:

  • Masukkan CD perangkat lunak Bluetooth untuk proses instalasi. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, Anda harus memilih bahasa yang lebih mudah dimengerti dan klik OK.
  • Kemudian akan muncul menu InstallShield Wizard, langsung saja klik Next, maka akan muncul menu User Agreement. Pilih Saya menerima persyaratan dalam perjanjian lisensi dan klik Berikutnya.
  • Custom Settings muncul, secara default shortcut Startup dan shortcut desktop akan aktif (ada tanda centang). Jika Anda tidak ingin pintasan ditampilkan di layar desktop maka tanda centang dihapus dengan mengklik kotak pilihan.
  • Folder tujuan akan ditampilkan, secara default lokasi penginstalan program berada di drive C.
  • Kemudian proses penginstalan program bluetooth akan berjalan hingga selesai.
  • Setelah selesai, ikon program bluetooth akan muncul di desktop dan taskbar.

Demikanlah tutorial ringkas menginstall bluetooth di komputer PC atau laptop. Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di lain kesempatan yang lebih menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan