Siapa Bilang Sedekah itu Susah

Siapa Bilang Sedekah itu Susah?

Loading...

Siapa bilang sedekah itu susah? Nyatanya banyak sekali sedekah yang bisa kita lakukan dengan mudah bahkan gratis. Walaupun mudah dan murah namun nilainya tidak bisa disepelekan. Apa saja itu?

Sampai saat ini, berbuat baik selalu diidentikkan dengan harta yang melimpah. Padahal sebenarnya, hal ini tentu saja tidak sepenuhnya benar. Ya, jika saat ini kita berpikir dengan harta yang melimpah, kita bisa bersedekah besar-besaran, namun siapa sangka jika di luar sana ada kok yang sudah melimpah hartanya tapi belum juga tergerak untuk bersedekah, dan sebaliknya.

Ada juga orang yang hartanya pas-pasan untuk makan saja, tapi tetap bisa bersedekah meski tidak banyak. Hal ini mengindikasikan kepada kita, bahwa bersedekah tak harus menunggu kita mempunyai harta yang melimpah. Ada banyak sekali sedekah yang bisa Anda lakukan meski dengan rezeki pas-pasan.

Siapa bilang sedekah itu susah? Yuk simak beberapa sedekah yang mudah untuk Anda lakukan sehari-hari.

Menanam Pohon

Sedekah yang paling mudah adalah dengan menanam pohon. Apa hubungannya? Jadi, dalam Islam, bersedekah tidak hanya bisa Anda lakukan untuk manusia, melainkan juga untuk makhluk hidup lainnya, seperti binatang misalnya.

Bahkan, bersedekah dengan menanam pohon ini ada di dalam hadis loh. Intinya, Rasulullah menganjurkan kita untuk menanam pohon, karena setiap buah, bunga, atau daunnya yang bermanfaat bagi binatang, maka itu adalah sedekah bagi kita.

Traktir Teman

Sesekali, tak ada salahnya jika Anda mentraktir teman Anda. Ia kan? Mentraktir teman juga termasuk perbuatan terpuji yang bisa mendatangkan pahala, karena termasuk bersedekah.

Senyum

Tabassam atau tersenyum. Agama mana yang mencatat senyum sebagai ibadah kalau bukan Islam? Hanya Islam yang menyebutkan bahwa hanya dengan tersenyum, Anda akan diganjar dengan pahala. Maka, jangan ragu untuk menunjukkan wajah tersenyum yang berseri-seri kepada siapa pun ya.

Bekerja

Rasulullah saw. Bersabda,

‘seorang Muslim itu, apabila ia bekerja untuk menafkahi keluarganya, maka akan dinilai sebagai sedekah.’

Jadi, bersyukurlah Anda yang sampai saat ini berusaha keras menafkahi keluarga kecil Anda, karena tanpa Anda sadari, uang yang Anda berikan untuk kehidupan sehari-hari dianggap sebagai ibadah oleh Allah.

Menyediakan Minum Burung

Sedekah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan minum untuk burung. Caranya sangat mudah, Anda bisa meletakkan air di sebuah wadah, lalu tempatkan di ruang terbuka yang memang memungkinkan untuk dilalui burung ketika terbang.

Bukan hanya itu, Anda bahkan bisa juga melakukan cara yang lain, yakni dengan memberi makan binatang lain, misalnya dengan meletakkan pisang di area-area terbuka. Hal ini agar makanan yang Anda letakkan bisa dijangkau oleh binatang.

Sedekah Dengan berbuat baik

Rasulullah bersabda, Kullu Marufin Shadaqah (HR. Bukhari).

Setiap kebaikan adalah sedekah. Maka, jika Anda melakukan kebaikan, apa pun bentuknya, pasti akan dinilai sebagai sedekah oleh Allah. Misalnya, mengutip sampah yang tercecer di jalanan, menyingkirkan paku atau batu di tengah jalan, dan sebagainya.

Kebaikan-kebaikan yang terlihat kecil tersebut bisa menjadi bekal kita ketika bertemu Allah kelak di hari akhir.

Maka mulai sekarang, tak ada alasan lagi untuk tidak berbuat kebaikan. Jadi, siapa bilang sedekah itu sulit? Tak ada yang sulit jika Anda memang berniat melakukan kebaikan-kebaikan yang jumlahnya tak terbatas. Mulailah melakukan hal yang paling kecil terlebih dahulu, kemudian lakukan pembiasaan agar bisa menjadi sebuah kebutuhan.

Jangan pernah ragu untuk melakukan kebaikan yang terlihat kecil ya, karena kita tak pernah tahu, kebaikan kecil mana yang bisa membawa kita menuju rahmat-Nya? Semoga artikel sederhana ini bermanfaat dan membuat kita lebih senang berbuat kebaikan kapan pun dan dimana pun itu.

Nah, Siapa bilang sedekah itu susah?. Semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan