Menanam Pohon untuk Bekal di Akhirat

Menanam Pohon untuk Bekal di Akhirat

Loading...

Menanam pohon untuk bekal di akhirat? Ah, yang benar saja. Masak Cuma menanam pohon bisa menambah bekal ketika di akhirat kelak. Kalau penasaran baca saja sampai selesai, hehehe……

Saat ini, kondisi hutan di Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Kita melihat, eksploitasi hutan terjadi di mana-mana, dan ini mengakibatkan banyak efek negatif bagi lingkungan, terutama bagi makhluk hidup yang tinggal di sana. Maka, untuk bisa membantu pemulihan hutan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menanam pohon.

Menanam pohon menyelamatkan manusia dan lingkungan
Kondisi Alam yang rawan bencana akibat minim pohon

Lihat saja foto di atas, foto ini saya ambil sendiri beberapa tahun lalu dalam salah satu perjalanan saya menelusuri wilayah timur Jawa Timur. Bagi saya, seperti ada yang menusuk-nusuk batin serta akal sehat saya. Bagaimana tidak kondisi alam yang miring dengan jumlah pohon tegak yang sangat minim.

Sebenarnya penduduk yang menghuni rumah-rumah di lembah itu sedang dalam bahaya besar. Bencana mematikan sedang mengintai mereka. Bayangkan jika hujan lebat terjadi. Nah, sampai di sini dalil aqli tentang menanam pohon untuk bekal di akhirat kita kelak sudah pasti masuk di akal.

Nah, masa pandemi ini sebenarnya adalah waktu yang tepat untuk menanam pohon. Mulailah dari yang mudah dulu. Bibit atau biji yang gampang kita temukan di sekitar kita.

Tentu, kini semua orang sedang memiliki banyak waktu di rumah, sehingga bisa menjadi waktu yang tepat untuk Anda mulai bercocok tanam. Selain bisa membuat Anda lebih bahagia, kegiatan sederhana ini juga ternyata mampu membuat Anda menuai pahala loh.

Kok bisa? Bisa dong… Rasulullah sendiri yang menyampaikannya melalui Jabir,

Loading...

Tidaklah seorang Muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR Imam Muslim)

Dari hadis di atas, Anda dapat melihat sendiri, bahwa menanam pohon bisa menjadi bekal Anda di akhirat kelak. Jadi, menanam sebenarnya bisa menjadi salah satu investasi akhirat Anda.

Di masa pandemi seperti sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk Anda mulai mencintai dunia tanam menanam ini, mempelajari setiap keunikan di dalamnya dan temukan kebahagiaan. Ayo menanam pohon walau sebatang.

Menanam Pohon

Petani merupakan sebuah profesi yang sangat mulia, karena dengan hasil yang dipanennya, ia membuat banyak makhluk hidup bisa menyantap sajian lezat lagi sehat. Maka, dengan berlandaskan hadis tadi, Anda bisa menanam apa pun yang Anda inginkan.

Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan lahan kosong di depan, belakang atau samping rumah, juga bisa di dalam pot bila memang tidak ada tanah kosong. Kebanyakan orang kota memang mempunyai lahan terbatas seperti saya ini, hehehe…

Loading...

Anda juga bisa memulainya dengan menanam tanaman yang mudah tumbuh, misalnya bunga-bungaan. Jika bunga yang Anda tanam tumbuh subur, lalu ia busuk, maka berapa pahala yang akan Anda dapat karena bunga tersebut bisa menjadi makanan binatang? Ia kan? masya Allah. Sebuah matematika yang tidak bisa kita hitung dengan kalkulator tercanggih mana pun.

Sungguh, Anda tak akan pernah rugi jika mulai menanam. Bahkan, sahabat-sahabat Rasulullah juga banyak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pahala degan cara yang sangat ringan, mudah, dan sederhana.

Jika terkendala dengan modal, maka tenang saja, Anda tetap bisa bertanam dengan menggunakan barang-barang bekas di sekitar rumah Anda, seperti ember, mangkuk, botol minuman, dan sebagainya. Semua alat tersebut bisa Anda gunakan sebagai pot atau polibag-nya. Sederhana sekali bukan? Jika benar-benar sangat awam, Anda bisa browsing di Google atau platform internet lainnya mengenai tanaman yang akan Anda tanam.

Sudah banyak sekali situs yang bisa Anda akses untuk mendapatkan ilmu bermanfaat, baik di Google maupun Youtube. Di sana, sudah sangat banyak informasi seputar tanam menanam, dan Anda bisa mengikuti step by step yang diajarkan. Mulai dari jenis tanah, perbandingan tanah, penyiraman pemupukan, dan sebagainya. Semua langkah-langkah tersebut bisa Anda akses secara gratis. Kapan lagi kita bisa mendapatkan pahala dari perbuatan yang sangat sederhana?

Jadi, mulai sekarang yuk kita mengikuti jejak sunnah Rasulullah dalam menjaga bumi agar tetap lestari dan menjaga ekosistem agar tetap seimbang, karena Islam adalah agama yang rahmat, agama yang mencintai keindahan, dan mampu memberi manfaat kepada siapa pun.

Dengan menanam, Anda tidak hanya memberi manfaat kepada diri Anda, tapi juga kepada orang lain serta binatang atau makhluk lain yang ada di sekeliling Anda. Yuk, manfaatkan waktu luang untuk hal sederhana yang bisa menolong kita kelak di akhirat.  Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan