Berwirausaha Tapi Tidak Punya Modal

Solusi Ketika Ingin Berwirausaha Tapi Tidak Punya Modal

Loading...

Ingin memiliki usaha dan berwirausaha sendiri tapi tidak punya modal. Ini sering kali dikeluhkan seseorang yang memiliki sebuah impian menjadi pengusaha namun akhirnya mundur dan membatalkan niatnya. Memang yang namanya modal menjadi sebuah nyawa utama dalam usaha. Namun sebenarnya ada hal lain yang lebih kuat yang bisa dijadikan modal utama, yakni niat, minat mau berpikir dan bekerja keras, ini kalau dibuat nominal dalam angka harganya bisa tidak ternilai.

Kali ini saya ingin mencoba memberikan beberapa tips buat Anda yang mengalami permasalahan yang satu ini. Yaitu ketika kita ingin berwirausaha tapi tidak punya modal yang cukup. Siapa tahu Anda bisa segera menjalankan usaha sendiri setelah mengetahu beberapa poin berikut ini :

1. Menjalankan Dengan Modal Seadanya

Solusi yang pertama adalah menyesuaikan usaha atau menjalankan usaha dengan modal seadanya terlebih dahulu. Kadang ada orang yang ingin menjalankan usaha sekaligus besar, padahal adanya modal sedikit. Dan dengan dalih tidak ada modal lalu membatalkan niat untuk berwirausaha.

Padahal banyak jenis wirausaha yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Atau memulai usaha yang kita inginkan dengan modal apa adanya terlebih dahulu. Banyak informasi usaha modal kecil di internet yang tersedia. Dengan modal ratusan ribu juga sebenarnya sudah bisa menjalankan usaha misalkan jualan produk atau makanan yang harganya seribu hingga 2 ribuan saja, asalkan mau menjalankannya, sebuah wirausaha bisa segera dimulai tanpa alasan tidak ada modal.

Bila ingin lihat contohnya, silakan lihat saja para YouTuber sukses saat ini. Yang bukan berangkat dari artis lho. Sebagian besar dari mereka memulai dari modal seadanya dulu kemudian sedikit demi sedikit berkembang dan memperbaiki diri.

2. Menjalankan Bisnis Tanpa Modal

Yang selanjutnya kalau memang tidak ada modal sama sekali bisa menjalankan sebuah usaha atau bisnis yang bahkan nyaris tanpa modal. Seperti halnya bisnis yang menggunakan teknologi internet dan pemasaran via online, bisa kita jadikan sebuah rujukan yang bagus saat tidak ada modal. Sebagai contoh beberapa bisnis tanpa modal, antara lain :

  • Menjadi reseller online
  • Menjadi dropshiper
  • Menjadi Blogger
  • Menjadi Penulis Online
  • Menjadi Freelancer Online
  • Menjadi Youtuber
  • Menjual Jasa Editing Via Online
  • Jasa Desain
  • Menjual Koleksi foto
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Kebanyakan bisnis yang saya sebutkan di atas nyaris tanpa modal. Asalkan ada PC, Handphone dan jaringan internet dari warkop, bisnis sudah bisa mulai dijalankan.

3. Menjalankan Wirausaha Sambil Bekerja

Solusi yang lain ketika kita ingin berwirausaha tapi belum ada modal adalah bekerja sambil berwirausaha. Ini adalah sebuah solusi yang bagus karena bisa tetap menghasilkan uang dan sambil merintis wirausaha yang diinginkan.

Jika tidak memungkinkan menjalankan wirausaha yang diimpikan, minimal jalankan bisnis sampingan yang berkaitan dengan wirausaha atau usaha impian kita. Contoh misalkan kita ingin mendirikan bengkel, bisa buka sampingan tambal ban terlebih dahulu, misalkan kita ingin membuka konter bisa menjalankan sampingan jualan pulsa terlebih dahulu, misalkan ingin mendirikan toko oleh-oleh bisa menjalankan sampingan jualan snack ringan dahulu. Dan beberapa sampingan lain yang bisa dijalankan sambil bekerja.

Sambil bekerja sambil mengumpulkan modal, saat itu juga sambil belajar mengembangkan bisnis sampingan kita menuju usaha utama yang kita impikan. Ini adalah sebuah cara yang cukup cerdas dan jangan pusing lagi soal tidak ada modal, mulailah dari yang kecil sambil bekerja mengumpulkan modal, saat itu juga sebenarnya wirausaha kita sudah dimulai.

4. Menggandeng Investor atau Mengajukan Pinjaman

Solusi yang ke empat ini juga bisa menjadi sebuah alternatif menyelesaikan masalah tidak ada modal. Akan tetapi ini mengandung sebuah risiko tersendiri. Yakni dengan kerja sama dengan investor atau bisa dengan mengajukan pinjaman kepada bank atau Lembaga keuangan terkait. Dalam hal ini tentu saja lebih bagus menggunakan 3 ide sebelumnya. Akan tetapi jika Anda merasa yakin dan sudah siap dengan risikonya ya silakan saja.

Dalam mengajukan pinjaman kepada investor maupun Lembaga keuangan tentu saja harus memiliki tindakan lebih seperti mengajukan proposal jika ingin kerja sama dengan investor. Sedangkan jika ingin mengajukan pinjaman tentu saja harus menyediakan aset tertentu sebagai sebuah jaminan.

Untuk memulai sebuah usaha, haruslah ada sebuah perencanaan yang matang. Banyak belajar dari yang sudah berpengalaman tentu sangat dibutuhkan. Agar kita menjadi lebih hati-hati, realistis dan juga lebih pandai dalam melakukan manajemen usaha.

Demikian sobat mengenai solusi jika ingin melakukan sebuah bisnis atau berwirausaha tertentu tapi tidak ada modal. Semoga bisa bermanfaat, salam belajar kapan saja dan dimana saja. Terima kasih (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan