anak stres belajar di rumah

Tips mengatasi anak stres belajar di rumah saat Pandemi

Loading...

Tips mengatasi anak stres belajar di rumah saat Pandemi – Pandemi virus Corona memang mengubah hampir segala aspek dalam kehidupan kita. Bukan hanya soal kesehatan atau ekonomi Saja, sektor pendidikan juga dipaksa berubah.

Jika dalam keadaan normal anak akan belajar di sekolah bertemu dengan teman dan gurunya. Di masa Pandemi ini mereka harus belajar di rumah dengan media hp. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda kapan akan berakhir . Tentu fungsi sosial akan berkurang dengan keadaan ini dan dapat meningkatkan kecenderungan anak mengalami stres saat monoton belajar di rumah saja.

Hal ini tentu harus segera diselesaikan agar sekolah anak tidak terganggu. Menurut WHO anak bisa mengalami stres dengan ciri-ciri sebagai berikut seperti: cepat marah, gelisah, tidak mau belajar, tidak mau ditinggal, ingin dibelikan sesuatu dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut kita memerlukan kiat-kiat khusus seperti uraian yang ditulis dalam artikel di bawah ini. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk mengatasi anak stres belajar di rumah saat Pandemi.

Beri pengetahuan anak soal wabah Covid 2019

Langkah pertama yang dilakukan orang tua agar anak tidak stres adalah memberi tahu apa yang sedang terjadi sekarang. Beri tahu informasi tentang virus Corona, apa bahayanya, apa obatnya dan kenapa anak harus belajar di rumah. Penting untuk memberinya pengertian tentang hal tersebut, agar ia mengerti kenapa ia harus terpaksa belajar via online.

Kita bisa memberi tahu mereka lewat ilustrasi atau video yang mudah ditangkap maksudnya. Beri tahu mereka bahwa belajar di rumah dapat meminimalisir penyebaran virus Corona.

Beri mereka kesempatan untuk berkomunikasi dengan temannya

Walau harus belajar di rumah bukan berarti anak tidak bisa berkomunikasi dengan temannya. Kita bisa memberinya kesempatan untuk berkomunikasi via gadget. Baik dengan chat, telepon, video call dan lainnya. Penting untuk membuat anak tetap terkoneksi dengan temannya Agar ia tidak merasa kesepian dalam menghadapi situasi ini. Bukan hanya dengan temannya kita juga bisa mengajak guru dan sesama wali murid untuk melakukan hal ini.

Ajak anak mengerjakan hobinya

Salah satu cara ampuh agar anak betah di rumah adalah memberinya ruang untuk melakukan apa yang ia suka. Ini adalah salah satu tips sederhana untuk mengatasi anak stres ketika belajar di rumah.

Biarkan anak kita bermain Lego, menonton kartun kesukaannya, bermain bola dan aktivitas kesukaan lainnya. Ini akan membuat anak merasa senang di rumah dan mencegah terjadinya stres. Usahakan pula untuk mendampingi anak saat melakukan apa yang ia suka agar anak tidak merasa kesepian.

Jaga kesehatan anak

Loading...

Virus Corona adalah virus yang mudah menyebar, maka dari itu Kita sebagai seorang orang tua harus memperhatikan kesehatan anak. Anak yang sehat akan membuat mereka terhindar dari gejala Stres.

Ajari anak tentang kebiasaan hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum makan. Kita juga bisa menyanyikan lagu mencuci tangan agar anak senang melakukan aktivitas ini. Anak yang sehat akan membuat mereka memiliki imun kuat dalam menghadapi berbagai penyakit baik penyakit fisik maupun Jiwa.

Buat anak tetap beraktivitas dan produktif

Jangan biarkan anak merasa bosan di rumah. Cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hal ini adalah membuat anak tetap produktif. Orang tua harus menanamkan hawa positif terhadap anak agar tidak stres. Kita bisa membuat mainan dari bahan-bahan di sekitar seperti membuat mobil-mobilan dari kertas, membuat robot-robotan dari kayu bekas dan lain sebagainya. Aktivitas menyenangkan semacam ini akan mengalihkan anak dari rasa jenuh yang menimpanya.

Saya kira cukup sekian dulu artikel tentang beberapa tips singkat cara mengatasi anak stres belajar di rumah saat pandemi ini. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu dan tetap belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan