Tanda Gejala Kelelahan Saat Berolahraga

Tanda Gejala Kelelahan Saat Berolahraga

Loading...

Tanda Gejala Kelelahan Saat Berolahraga – berolahraga memang penting, karena membuat badan kita sehat. Namun, apa pun oleh raganya pasti ada aturannya. Tidak boleh berlebihan. Nah, mengetahui kapan kita harus berolahraga dan kapan harus berhenti untuk istirahat harus diperhatikan.

Pasti kita tidak asing mendengar istilah “men sana in corpore sano” yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Memang benar antara kesehatan fisik dan jasmani itu berelasi. Maka dari itu berolahraga merupakan aktivitas yang harus dilakukan manusia agar kesehatan fisik dan batinnya terjaga.

Tapi perlu diingat meskipun kita semangat berolahraga, kita juga perlu memperhatikan intensitasnya. Jika intensitas olahraga terlalu tinggi, akan berakibat buruk untuk tubuh. Lelah secara terus-menerus, risiko cedera yang tinggi dan efek olahraga yang tidak maksimal adalah berbagai hal yang terjadi kita berolahraga berlebihan.

Untuk lebih lengkapnya tentang tanda gejala tubuh kelelahan saat berolahraga bisa menyimak artikel di bawah ini.

Siklus haid tidak teratur

Salah satu tanda akibat olahraga secara berlebihan bagi perempuan adalah siklus haid yang tidak teratur. Olahraga akan berjalan baik ketika dilakukan sesuai porsinya. Namun bila yang terjadi adalah sebaliknya.

Maka yang akan terjadi adalah cadangan energi tubuh akan terkuras, proses metabolisme tubuh akan terhambat dan bagi perempuan bisa mengakibatkan siklus haid menjadi tidak normal.

Otot menjadi nyeri dan kaku

Hal lazim yang sering terjadi ketika memaksakan olahraga adalah terjadinya cedera otot. Kita akan merasakan nyeri pada bagian otot tertentu dan diikuti rasa nyut-nyutan dan kaku. Ini terjadi karena otot dipaksa mengikuti intensitas olahraga yang berat atau karena otot belum beradaptasi dengan frekuensi olahraga yang kita jalankan.

Jika sudah terlanjur mengalami hal semacam ini. Segera beristirahat untuk memulihkan tenaga dan mempercepat pemulihan sel-sel otot agar cepat tersambung kembali. Penting untuk melakukan olahraga secara bertahap agar otot kita beradaptasi.

Rentan mengalami cedera

Olahraga adalah aktivitas yang memaksa tubuh kita untuk bergerak. Bahkan kita dituntut untuk melakukan usaha ekstra keras agar tujuan olahraga kita tercapai. Tidak bisa dipungkiri saat kita berolahraga risiko untuk cedera itu ada. Namun hal ini diminimalisir dengan pemanasan dan membuat frekuensi olahraga yang disesuaikan dengan kemampuan kita.

Jangan sampai cedera seperti patah tulang, kelelahan, atau kram otot terjadi karena kita memaksakan olahraga.

Pemulihan cedera berlangsung lama

Salah satu tanda dari gejala olahraga berlebihan adalah pemulihan cedera yang berlangsung lama. Memaksakan olahraga tanpa memperhatikan kondisi tubuh akan menghasilkan efek yang justru berbahaya bagi kita sendiri. Organ-organ seperti tangan, kaki, punggung dan sebagainya bisa mengalami cedera parah.

Olahraga yang baik adalah ketika kita menggunakan porsi yang sesuai tubuh kita. Jangan mengikuti apa yang dilakukan orang lain. Karena belum tentu cocok dengan keadaan tubuh kita. Pemulihan cedera berlangsung lama juga diakibatkan oleh kurangnya nutrisi yang diasup oleh tubuh. Selalu sedia makanan 4 sehat 5 sempurna.

Oke ya ges, saya kira cukup sekian dulu ulasan saya tentang beberapa hal yang menjadi indikator tanda gejala kita kelelahan saat berolahraga. Semoga artikel singkat ini ada manfaatnya. Salam sehat selalu dan belajar menyenangkan kapan saja di mana saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan