merasa hidup stagnan seolah tak ada kemajuan

Kenapa Kita Merasa Hidup Stagnan Seolah Tak Ada Kemajuan

Loading...

Alasan Kenapa Kita Merasa Hidup Stagnan Seolah Tak Ada Kemajuan – Hidup memang tidak akan selalu berjalan mudah, setiap momen di hidup kita pasti ada lika-likunya. Namun kita harus sadar bahwa lika-liku kehidupan sebenarnya adalah bumbu-bumbu agar hidup kita jadi indah. Masalah pasti saja datang silih berganti. Kita harus siap menghadapinya.

Salah satu masalah yang sering dipertanyakan adalah tentang nasib. Saat kita dewasa kita akan mulai berpikir tentang masa depan, mungkin juga akan membandingkan nasib kita dengan orang lain.

Kita merasa nasib orang lain lebih beruntung, lebih sukses, dan lebih membanggakan dari pada kita. Perasaan seperti ini sebenarnya adalah hal wajar yang dialami banyak orang.

Merasa hidup terasa stagnan tidak ada kemajuan tentunya ada penyebabnya. Untuk lebih jelasnya silakan cermati uraian di bawah ini.

Terlalu Sering Berpikir Negatif

Berpikir negatif adalah salah satu penyebab kenapa kita sering merasa hidup terasa stagnan. Berpikir negatif hanya akan membuat kita menjadi orang yang takut dan pesimis. Kita berpikir tidak bisa menjalani suatu hal padahal kita belum pernah mencobanya. Kita juga takut terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak perlu ditakuti.

Berlatihlah untuk berpikir positif untuk menemukan solusi dari berbagai masalah yang kita hadapi. Fokus pada solusinya bukan pada masalahnya. Kebiasaan berpikir positif akan membuat hidup kita terasa lebih bermakna.

Belum memiliki tujuan yang jelas

Salah satu alasan kenapa hidup kita terasa jalan di tempat karena belum memiliki tujuan yang jelas. Ketika kita tak punya tujuan kita jadi kebingungan menentukan arah. Maka dari itu sebelum melakukan sesuatu alangkah baiknya menentukan tujuan. Kita ingin mencapai apa, mendapatkan apa, dan ingin mengubah apa, semuanya harus jelas.

Buatlah daftar goals yang ingin dicapai jangan lupa harus realistis agar kita bisa mencapainya. Jangan terlalu banyak bermimpi, sebaliknya perbanyak aksi mewujudkan mimpi-mimpi itu. Ketika kita bisa mencapai tujuan tersebut, kita tidak akan merasa hidup berjalan monoton.

Tidak Bersabar dalam menjalani proses

Tidak ada sesuatu di dunia ini yang bisa dicapai secara instan. Yang namanya kesuksesan, kekayaan dan sejenisnya harus dicapai dengan jalan yang tidak mudah. Kita harus memiliki karakter yang tidak gampang menyerah, bermental kuat, mau menerima kritik serta mudah beradaptasi. Bahkan kadang harus pada kondisi yang ekstrim.

Kita sering merasa hidup seolah stuck karena tidak sabar melewati prosesnya. Kita ingin sukses dengan cara singkat. Hal ini sangat umum menjangkiti generasi kita sekarang. Padahal ini sangat sulit terjadi. Instan yang enak hanya mie instan saja, itu pun gak boleh banyak-banyak.

Menyusun target yang tak realistis juga bisa menjadi penyebab kenapa kita merasa gagal menjalani hidup. Buat target yang masuk akal. Atau setidaknya bertahap. Tidak masalah untuk bermimpi setinggi langit namun harus dibarengi dengan perencanaan yang matang dan usaha yang bertahap.

Tidak mau dikritik orang lain

Jika ingin menjadi orang yang maju kita harus mau menerima kritik orang lain. Jangan keras kepala dan merasa paling benar. Ketika kamu merasa paling benar, tidak mau dikritik orang lain ini akan membuat nasib kita tidak pernah maju.

Belajar untuk menerima pandangan orang lain, belajar untuk kuat mental saat dikritik akan membuat kita menjadi pribadi yang mempunyai sudut pandang luas. Ini akan berdampak pada cara kita menghadapi masalah hidup.

Ragu untuk melangkah

Merasa hidup seolah olah tak ada kemajuan bisa jadi diakibatkan karena kita ragu-ragu untuk melangkah. Padahal kesuksesan itu tidak hanya berhenti pada pikiran saja namun kita juga harus melangkah untuk berhasil meraihnya.

Belajar untuk keluar dari zona nyaman, belajar untuk mengontrol mood, belajar untuk disiplin mengerjakan tugas akan membuat perjalanan hidup kita tidak akan terasa stagnan. Walaupun hal ini tidak mudah tapi percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Nah itulah beberapa hal yang membuat kamu sering merasa hidup stagnan alias tidak ada kemajuan. Kunci utama dari keluar dari zona itu adalah belajar dan belajar. Pelajari apa saja yang kamu suka, selama itu positif. Minta pendapat pada orang yang lebih berpengalaman dan telah sukses bila kamu ragu.

Jadi, silakan berusaha, walaupun secara gradual. Selamat belajar dengan cara menyenangkan. Jangan lupa jaga kesehatan, salam sukses dari maglearing.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan