Cara Mengembalikan Chat WA Yang Tidak Sengaja Terhapus

Cara Mengembalikan Chat WA Yang Tidak Sengaja Terhapus

Loading...

Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus – Sedang menghadapi saat yang penting mengenai data atau yang lainnya, dan satu-satunya data hanya tersimpan di chat WhatsApp, sayangnya ketika Anda membuka data semuanya sudah hilang. Mungkin Anda sedang buru-buru dan tanpa sengaja Anda menekan tombol “delete” seketika semuanya hilang, padahal itu merupakan hal yang begitu penting.

Sudah mencoba berbagai cara namun masih sulit untuk mengembalikan data tersebut. Tenang saja Anda tidak salah membuka artikel ini karena di artikel kali ini saya akan bahas mengenai cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum data di backup.

Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Sebelum Anda Backup

Sebelumnya mungkin Anda bertanya-tanya  bisa tidak ya mengembalikan chat WA yang terhapus tapi belum dicadangkan sama sekali. Di jaman yang semakin canggih ini tentu saja Anda bisa mengembalikan chat Anda yang terhapus meski belum dicadangkan. Karena dalam kasus ini WhatsApp selalu mencadangkan simpanan chat dengan otomatis selama kurun waktu 1 minggu ke belakang.

WhatsApp biasa mencadangkan data atau chat Anda pada pukul 02.00 dini hari serta menyimpan cadangan tersebut di memori internal tepatnya di folder WhatsApp. Ya, ada di handphone Anda sendiri.

Jadi dalam kasus ini Anda hanya bisa mengembalikan chat 7 hari terakhir, sehingga untuk chat yang sudah lebih dari 7 hari belum bisa Anda kembalikan, berikut cara mengembalikan WhatsApp yang terhapus 7 hari terakhir :

  1. Pertama Anda harus pastikan terlebih dahulu, apakah Anda sebelumnya memiliki cadangan chat WA yang hilang dan ingin Anda pulihkan.
  2. Cek keberadaan chat WA 7 hari terakhir dengan cara masuk ke menu, kemudian klik setting atau setelan, setelah itu klik chat dan pilih chat backup. Di sini Anda bisa memeriksa tanggal dan waktu chat yang ingin Anda pulihkan, yaitu di pada menu chat backup.
  3. Jika chat yang Anda pulihkan masih ada maka selanjutnya Anda hapus aplikasi WhatsApp Anda dan kemudian untuk kembali di Google PlayStore atau aplikasi bawaan hp Anda.
  4. Setelah aplikasi berhasil terunduh, langsung buka aplikasinya kemudian masukan nomor WA Anda serta atur ulang profil Anda.
  5. Setelah selesai Anda akan diberikan jeda pop-up yang memberitahukan Anda jika ada cadangan chat pada ponsel Anda. Di sana Anda hanya perlu klik tombol “restore”. Selamat karena chat Anda yang hilang kini telah dipulihkan Kembali.

Cara Mencadangkan Dengan Otomatis Chat Yang Sudah Lama

Jika Anda berniat dan ingin mengembalikan chat lama Anda yang juga terhapus maka Anda bisa menggunakan  aplikasi manager file. Pencadangan otomatis ini sama-sama dilakukan oleh WhatsApp, namun prosedur memulihkannya Anda bisa memakai cara agak berbeda dengan sebelumnya.

  1. Pertama Anda harus menggunakan aplikasi manager file, bila belum punya silakan uduh di Google PlayStore
  2. Setelah selesai buka aplikasi yang telah Anda unduh secara berurutan dengan masuk ke SD card, kemudian klik WhatsApp setelah itu masuk ke data base.
  3. Di folder sana Anda bisa pilih chat WA yang ingin Anda pulihkan.
  4. Setelah ketemu file chat yang akan dipulihkan edit file tersebut menjadi msggstore.db.crypt12
  5. Di tahap terakhir langsung hapus aplikasi WhatsApp Anda kemudian pasangkan kembali dan saat memulai pilih menu pulihkan Ketika WA Anda dimulai.

Itu dia cara untuk mengembalikan chat WA Anda yang terhapus 7 hari terakhir ataupun yang sudah lama, selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam belajar menyenangkan dari maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan