Tips Sukses Kuliah Online Jarak Jauh

Tips Sukses Kuliah Online Jarak Jauh

Loading...

Tips Sukses Kuliah Online Jarak Jauh – Kuliah Sistem Jarak Jauh adalah sistem yang dipilih pemerintah dan banyak perguruan tinggi saat terjadinya Pandemi wabah virus Corona waktu ini. Dengan mempertimbangkan berbagai aspek, terutama faktor kesehatan, belajar jarak jauh merupakan pilihan paling aman keberlangsungan proses belajar mengajar dalam masa sulit seperti ini.

Meskipun kuliah online memang tidak mudah dijalani. Seperti adanya hambatan sarana, buruknya sinyal dan faktor psikologis seperti kebosanan dan sebagainya. Kita harus bisa beradaptasi dengan kondisi ini.

Berikut ini adalah tips sukses menjalani kuliah online jarak jauh, agar belajar Anda tetap optimal dan mencapai hasil yang diharapkan.

Ketahui kenapa harus kuliah online

Tentu dimasa normal semua stakeholder pendidikan akan mengutamakan kuliah tatap muka karena paling efektif dalam proses belajar mengajar. Namun hal ini belum bisa dilakukan karena adanya wabah virus covid 19. Terlebih di Indonesia sudah banyak masyarakat tertular virus ini.

Mengeluarkan kebijakan kuliah online adalah keputusan pemerintah untuk mengantisipasi bahaya dari penularan virus Corona. Kita harus sabar menghadapi ini karena bukan hanya kita yang mengalami ini.

Lebih aktif lagi saat kuliah online

Tips selanjutnya agar kuliah jarak jauh berjalan sukses adalah perhatian penuh saat adanya kelas. Meskipun hanya bersifat online bukan berarti kita bermalas-malasan menjalankannya. Apalagi kita sudah berstatus mahasiswa yang dituntut untuk lebih mandiri.

Dengarkan dan hayati setiap ilmu yang diberikan dosen. Jika dirasa belum jelas jangan malu bertanya. Sikap proaktif akan membuat kita paham dengan apa yang dijelaskan dosen. Dan membantu kita untuk mendapat nilai baik.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan kuliah online

Tidak dapat dipungkiri bahwa pelaksanaan kuliah online menimbulkan pro kontra. Kalau dilihat dari manfaatnya tentu kita akan lebih aman dari risiko penularan covid 2019, kita juga tidak perlu datang ke kampus untuk mendengarkan pelajaran.

Jika dilihat dari kerugiannya kuliah online ini membuat interaksi terbatas baik kita dengan dosen atau kita dengan teman sekelas. Belum lagi dengan faktor sinyal, sarana dan lainnya.

Rencanakan sks secara matang

Sebenarnya tidak ada tips khusus memilih SKS di masa kuliah online seperti ini. Setiap mahasiswa punya kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Jika dilihat dari ketersediaan waktunya kuliah online memberikan kita waktu yang banyak untuk menambah SKS.

Tips tambahan dalam memilih SKS ambil mata kuliah yang paling sedikit praktiknya terlebih dahulu. Dan yang paling penting harus sesuai dengan kemampuan, jangan memaksakan ambil banyak bila kondisi tidak memungkinkan.

Membuat jadwal harian

Agar kita tetap disiplin dalam menjalani kuliah online alangkah baiknya menyusun jadwal harian yang berisi daftar aktivitas apa yang harus dikerjakan. Karena salah satu penghambat dalam menjalani kuliah jarak jauh adalah rasa malas. Maka dari itu menyusun jadwal akan membuat kita teringat lagi untuk menyelesaikan kewajiban.

Memulai terlebih dahulu

Sebelum kelas dilaksanakan, kita bisa pemanasan terlebih dahulu dengan membaca materi yang telah diberikan sebelumnya. Ini akan membantu kita memahami gambaran dari apa yang nanti disampaikan oleh dosen.

Apalagi ketika dosen menerapkan model flipped classroom, di mana perkuliahan akan dimulai dari pembelajaran yang Anda lakukan sendiri atau bersama kelompok di luar kelas. Pada saat itu Anda harus aktif menggali beberapa konsep yang akan di bahas secara mendalam ketika kelas tatap muka atau tatap maya.

Intinya membuat kita belajar efektif meski dalam keadaan kuliah online jarak jauh sangat mungkin dilakukan asal kita tahu cara-caranya. So, tetap semangat dan terus belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan