Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Loading...

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan – Lidah buaya sering dijadikan tanaman hias bagi para pencinta tanaman. Bentuknya yang unik mirip sisik buaya membuat tanaman ini banyak digandrungi. Biasanya sering diletakkan di ujung taman atau sebagai pelengkap tanaman hias lainnya. Taman jadi semakin manis dengan paduan warna yang serasi.

Namun tahukah Anda bahwa selain cantik, Lidah Buaya juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan bahkan bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan ?

Jika belum tahu alangkah baiknya melihat artikel tentang manfaat lidah buaya untuk kesehatan berikut ini:

Detoksifikasi

Lidah buaya adalah penawar racun alami yang diperlukan oleh tubuh. Lidah buaya mengandung asam amino yang berguna untuk membantu ginjal mengeluarkan racun-racun berbahaya. Selain itu kandungan mineral yang ada di dalamnya sangat berguna untuk meningkatkan imunitas.

Menyembuhkan Sembelit

Salah satu manfaat lidah buaya untuk tubuh adalah menjaga kesehatan perut. Masalah seperti perut sesak, sembelit, mencret bisa diatasi oleh lidah buaya karena memiliki kandungan antrakuinon. Pemberian jus lidah buaya secara rutin juga menurunkan kadar asam dalam perut.

Lidah buaya juga mengandung fitokimia yang akan membantu bab tetap lancar dan menjaga fungsi hati.

Menjaga kesehatan mulut

Lidah buaya juga diketahui dapat digunakan sebagai obat beberapa masalah di mulut. Masalah seperti bibir kering, gatal-gatal, bibir pecah-pecah, radang mulut hingga radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan mengonsumsi lidah buaya.

Lidah buaya bisa digunakan sebagai pelembab alami caranya kelupas lidah buaya dari kulitnya. Lalu gosokkan ke area bibir yang bermasalah. Pemakaian rutin akan membuat kondisi bibir dan mulut membaik.

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lidah buaya sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit, jadi tak heran bila digunakan sebagai bahan campuran kosmetik. Kandungannya seperti zat polisakarida dan sterol berperan untuk menjaga kelembaban kulit. Sementara kandungan antioksidan yang tinggi dari lidah buaya mampu membuat kulit lebih halus dan kencang.

Ada juga kandungan vitamin A, C dan E bisa mendetoksifikasi radikal bebas penyebab jerawat dan komedo membandel.

Menurunkan kadar diabetes

Lidah buaya sangat direkomendasikan untuk penderita sakit diabetes. Lidah buaya terutama yang berjenis aloevera barbadensis Miller mampu secara efektif menurunkan kadar gula penderita diabetes. Lidah buaya memiliki kandungan seperti seng, magnesium, mangan dan antioksidan yang bisa mengontrol jumlah insulin agar tidak menghambat proses peredaran darah.

Bagus untuk usus

Lidah buaya juga dikenal sebagai herbal yang bagus untuk menjaga kondisi usus. Usus yang bermasalah dapat mengakibatkan sembelit, maag, daya nafsu makan menurun dan sakit lainnya.

Oleh sebab itu kita perlu mengonsumsi makanan berserat tinggi dan itu bisa didapatkan saat mengonsumsi lidah buaya. Lidah buaya membantu usus dalam melakukan gerakan peristaltik dan meningkatkan kadar air pada usus.

Demikianlah bahasan kami tentang manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu dan bahagia tanpa batas (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan