Cara Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam

Cara Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam

Loading...

Cara Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam – Ada berbagai teknik pola asuh dalam mendidik anak yang bisa diterapkan sehari-hari. Salah satunya telah dijelaskan dalam ajaran Islam.Jika orang tua anak beragama Islam, maka orang tua bisa menggunakan pedoman yang ada di dalam Alquran dan ajaran Islam, hal ini bisa menjadi pilihan tepat dalam mendidik anak.

Jika anak dibiasakan dengan pendidikan orang tua dengan mendidik sesuai dengan ajaran Islam. Maka anak akan memiliki akhlak yang baik, istiqomah dalam beribadah, dan siap untuk kehidupan dunia dan akhirat. Berikut ini adalah cara mendidik anak yang sesuai dengan ajaran Islam.

Mendengarkan Alquran Secara Teratur

Cara mendidik anak sebaiknya dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Salah satunya dengan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran. Memperbanyak mengaji saat hamil hingga bayi lahir bisa mendatangkan ketenangan dan berkah. Selain itu, mendengarkan Alquran akan membuat anak mengenal firman Allah SWT.

Mengajarkan dasar-dasar Islam

Mengajarkan dasar-dasar Islam kepada anak  merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Pendidikan ini akan menumbuhkan keimanan pada anak agar tumbuh menjadi pribadi yang memegang teguh ajaran Islam dalam kehidupannya.

Sementara dalam sebuah hadits dikatakan, “Bukalah lidah anak-anakmu untuk pertama kali dengan kata-kata Lailaha-illaallah. Dan ketika mereka akan mati, maka dibacakanlah, Lailaha-illallah. Sebenarnya siapa yang memulai dan mengakhiri pidatonya adalah Lailaha-illallah, lalu dia hidup seribu tahun, lalu apa pun dosa, tidak akan ditanyakan padanya. ”(HR Ibn Abbas)

Berikan Contoh Nyata untuk Berdoa

Dalam Islam, sholat merupakan rukun agama sehingga disebut juga sebagai tumpuan utama dalam menjalani kehidupan. Jadi, wajib hukumnya bagi orang tua untuk mengajarkan doa pada anak. Mulai dari usia balita, dengan mengajarkan cara wudhu dan shalat secara runtut. Meski urutan langkahnya mungkin masih salah.

Terus berikan teladan nyata yang baik dalam kehidupan sehari-hari, baik saat wudhu maupun shalat. Secara bertahap anak akan terus mengikuti dan membentuk kebiasaan wudhu dan sholat yang benar. Ini karena usia anak-anak adalah masa keemasan. Hal ini mampu untuk menyerap semua pelajaran yang diberikan oleh orang tua dan mengaplikasikannya dengan baik.

Mengajar Tauhid Kepada Anak-anak

Kewajiban orang tua yang perlu diajarkan kepada anak yaitu mengajar tauhid. Penanaman tauhid pada anak bertujuan untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia agar tumbuh menjadi manusia yang bermoral untuk menghindari perilaku buruk. Padahal, tauhid sudah diajarkan sejak anak lahir. Melalui adzan yang diucapkan di telinga anak oleh orang tua laki-laki.

Sementara dalam hadist dapat di katakan, “Dari Abu Dawud dan Tirmidzi saya telah melihat Rasulullah SAW menyebut Al-Hasan bin Ali di telinganya ketika ia lahir oleh Fatimah dengan adzan seperti adzan sholat”. (HR. Tirmidzi)

Ajarkan Puasa

Puasa merupakan salah satu rukun Islam, sehingga wajib diajarkan oleh orang tua. bisa dimulai dengan menjelaskan arti puasa. Dimana puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan menahan haus, lapar, dan nafsu lainnya dari terbit hingga terbenam matahari. Orang tua bisa mengajar puasa saat anak berusia 6 tahun. Anak bisa memulai puasa dengan cara berlatih yaitu berpuasa setengah hari agar terbiasa menahan haus, lapar dan menahan hawa nafsu.

Jadi, anak-anak bisa berbuka puasa saat adzan di tengah hari. Kemudian, lanjutkan puasa lagi hingga adzan magrib berkumandang. Keluarga di Indonesia biasanya mempraktikkan metode pembelajaran cepat seperti yang sudah dijelaskan  di atas, hal ini biasa diterapkan pada anak-anak.

Hasilnya cukup bagus, cara ini memberikan gambaran tentang puasa pada anak. Dengan belajar berpuasa sejak dini, maka anak akan terbiasa dan bisa berpuasa penuh selama bulan Ramadhan. Selain menjalankan ibadah puasa, jelaskan kepada anak tentang keutamaan puasa dan dalilnya. Sehingga Anda bisa mengetahui manfaat berpuasa pada anak Anda.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai cara untuk mendidik anak yang sesuai dengan ajaran Islam, dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan