Manfaat Penggunaan Komputer Bagi Siswa

Manfaat Penggunaan Komputer Bagi Siswa

Loading...

Manfaat Penggunaan Komputer Bagi Siswa – Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa peran teknologi di berbagai sektor sangat penting, salah satunya adalah bagi dunia pendidikan. Salah satu contoh alat teknologi adalah komputer, di mana komputer itu sendiri memiliki banyak fungsi, tidak heran dunia pendidikan sangat membutuhkan komputer.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa banyak siswa yang menjadi tertarik dalam penggunaan komputer. Komputer dapat memberikan banyak peluang bagi pihak sekolah dan guru untuk mendapatkan manfaat dari integrasi dalam bentuk teknologi untuk membuat pengajaran dan pembelajaran lebih efektif.

Tentunya siswa akan mendapat kesan baru dengan belajar menggunakan komputer. Metode pembelajaran ini sudah terkenal sejak lama. Namun dahulu fasilitasnya kurang memadai untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan komputer, tidak seperti saat ini, karena komputer dapat ditemukan di sekolah-sekolah dan jumlahnya sangat banyak.

Meskipun metode pembelajaran dengan menggunakan komputer dikatakan efektif. Namun metode ini berdampak negatif bagi siswa. Salah satu contoh terkecil dan paling sederhana membuat siswa malas mencatat apa yang telah dijelaskan oleh guru. Selain dampak negatif dari komputer, hal itu juga memungkinkan siswa berkreasi menggunakan komputer. Adapun manfaat yang bisa di dapatkan dalam penggunaan komputer bagi siswa, sebagai berikut :

1. Meningkatkan Pemahaman Tentang Pembelajaran

Saat penggunaan komputer diintegrasikan ke dalam pembelajaran, diharapkan siswa lebih tertarik dan meningkatkan pemahaman dalam mata pelajaran yang dipelajarinya. Teknologi memberikan peluang yang berbeda untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan saat mengajarkan hal yang sama dengan yang baru.

Seperti, jika seorang guru menyampaikan pelajaran melalui gamification, maka dapat dikatakan bahwa guru mengajak siswa melakukan karyawisata virtual, dengan menggunakan sumber belajar yang dilakukan secara online. Sehingga dengan kemajuan teknologi dan menggunakan komputer dalam pembelajaran dapat mendorong partisipasi yang lebih aktif untuk proses pembelajaran bagi siswa.

2. Meningkatkan pengetahuan siswa

Loading...

Jika siswa dilibatkan dan tertarik dengan hal-hal yang dipelajari, diharapkan mereka dapat menambah pengetahuannya dengan lebih baik. Karena dengan penggunaan komputer siswa tidak hanya menerima informasi dari buku, tetapi juga dari internet.

Hal ini sama seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa penggunaan komputer dapat membantu partisipasi aktif di dalam kelas. Hal ini juga merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan siswa.

3. Meningkatkan pembelajaran individu

Meningkatkan pembelajaran individu adalah salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh siswa dengan penggunaan komputer. Sementara teknologi yang dibawa oleh komputer dapat memberikan peluang besar untuk membuat pembelajaran lebih efektif bagi seseorang dengan tujuan untuk lebih meningkatkan pembelajaran individu.

Seperti, jika siswa dapat belajar dengan kecepatan mereka sendiri, dan dapat meninjau konsep yang sulit. Maka teknologi yang digunakan dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran.

4. Mendorong kolaborasi

Loading...

Siswa dapat melatih keterampilan kolaborasi dengan terlibat dalam berbagai aktivitas online. Misalnya, seorang guru mengerjakan siswa dalam mengerjakan tugas yang berbeda dan berkolaborasi dengan orang lain di forum. Maka dengan adanya teknologi yang dibawa komputer dapat mendorong kolaborasi dengan siswa di kelas atau forum tersebut.

5. Siswa dapat belajar berkomunikasi dengan baik dan benar

Dengan menggunakan komputer di dalam kelas, baik guru maupun siswa dapat mengembangkan keterampilan komunikasi mereka. Siswa dapat memperoleh keterampilan yang mereka butuhkan untuk sukses di masa depan.

Selain itu, pembelajaran modern merupakan salah satu pembelajaran yang dapat berkolaborasi dengan orang lain, memecahkan masalah yang kompleks, berpikir kritis, dan dapat mengembangkan berbagai bentuk keterampilan komunikasi, serta meningkatkan motivasi dan produktivitas.

Penggunaan komputer dapat membantu mengembangkan banyak komunikasi dan keterampilan lainnya, salah satu contohnya adalah membuat presentasi, belajar membedakan sumber yang dapat dipercaya dari sumber yang tidak dapat dipercaya di Internet. Sehingga keterampilan ini sangat penting agar dapat dikembangkan di kelas dan sangat berguna untuk masa depan siswa.

Itulah beberapa penjelasan tentang manfaat komputer bagi pelajar yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan kapan saja dan di mana saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan