Station Rotation Blended Learning

Station-Rotation blended learning merupakan model yang memungkinkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan cara memutari stasiun-stasiun pembelajaran melalui jadwal tertentu, di mana setidaknya salah satu stasiun adalah stasiun pembelajaran online. Model ini paling umum digunakan di sekolah dasar karena guru sudah terbiasa berputar di “pusat” atau “stasiun”.

Model Station-Rotation memungkinkan siswa untuk mengunjungi beberapa stasiun atau pusat secara berulang dan tidak linier selama waktu yang ditentukan untuk materi-materi pelajaran tertentu. Sebagai contoh, selama waktu matematika siswa dapat memutar antara pekerjaan individu atau kelompok kecil dengan guru, bekerja pada komputer atau tablet, menggunakan pusat atau stasiun tambahan yang telah disiapkan guru dengan menggunakan secara manipulatif, atau bekerja pada proyek. Ketika menggunakan perangkat lunak pembelajaran adaptif yang secara kontinyu dan berbeda untuk siswa secara real-time, mereka dapat bergerak dengan langkah mereka sendiri dan membuat pilihan sendiri.

Loading...

Pada model ini pembelajaran bisa dimulai dengan stasiun tatap muka dimana guru menjelaskan konsep dasar tentang suatu materi dan langkah-langkah menyelesaikan tujuan pembelajaran. Selanjutnya dilanjutkan dengan stasiun-stasiun aktivitas kolaboratif antar siswa atau kelompok-kelompok kecil, di sini siswa bebas bergerak antar stasiun. Proses selanjutnya adalah pembelajaran online dimana siswa bisa mendapatkan informasi tambahan dan sumber-sumber belajar lain yang mendukung pembelajarannya, siswa juga bisa kembali ke stasiun kolaboratif untuk memperbaiki atau melengkapi pembelajaran mereka. Pembelajaran akan diakhiri dengan tatap muka lagi untuk membahas berbagai hal termasuk evaluasi, assessment, dan pembahasan-pembahasan tingkat tinggi.

Loading...

Guru akan memiliki data dan peluang untuk membedakan siswa secara individu atau kelompok kecil. Data ini dapat diperoleh dari aktivitas online, laporan kelompok, maupun pengamatan langsung.

Tinggalkan Balasan