Lab Rotation Blended Learning

Model Lab Rotation Blended Learning mirip dengan Station Rotation, siswa mempunyai kesempatan untuk memutari stasiun melalui jadwal yang telah ditetapkan, hanya saja pada model ini dilakukan menggunakan laboratorium komputer khusus yang memungkinkan dilakukan pengaturan jadwal yang fleksibel untuk bertemu dengan guru. Dengan demikian diperlukan sebuah laboratorium komputer untuk menjalankan model ini.

Ide awal mengembangkan model ini adalah partisipasi siswa dalam aktivitas offline dalam model brick-and-mortar (tatap muka), yang kemudian dipindah ke aktivitas online di laboratorium komputer. Secara mendasar hampir sama dengan model Rotasi Stasiun, tetapi ada sedikit perbedaan. Bila model Rotasi Stasiun, aktivitas offline dan online bisa berlangsung dalam satu dan kelas yang sama, maka Rotasi Lab harus ada ruang lain yaitu laboratorium komputer.

Loading...

Model Rotasi Lab dapat dijalankan dengan cara siswa menghabiskan satu bagian dari pembelajaran mereka di laboratorium komputer melalui kurikulum online dengan kecepatan pembelajaran mereka sendiri secara individual. Kemudian siswa bisa mengikuti bagian pembelajaran lain di kelas dengan seorang guru untuk memperkuat apa yang mereka pelajari di lab. Pada kesempatan ini siswa juga menanyakan pertanyaan-pertanyaan atau konsep yang rumit. Dengan kata lain mereka sudah mempelajari hal-hal dasar dan mengembangkan pemahaman mereka sejauh mereka bisa di dalam pembelajaran online, kemudian dilanjutkan dalam pembelajaran tatap muka di mana siswa mendapatkan kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami atau meningkatkan lanjutan pembelajaran yang telah mereka lakukan.

Ketika di lab komputer, siswa dapat bekerja secara fleksibel sesuai kecepatan mereka sendiri, menghabiskan waktu sebanyak yang mereka butuhkan untuk memahami materi. Maka ketika terjadi interaksi tatap muka, guru memberikan tambahan atau kegiatan pengayaan sesuai kebutuhan.

Loading...

Seorang guru juga dapat mengelompokkan siswa ke dalam beberapa kelompok kecil sesuai tingkat kemajuan belajar atau minat terhadap topik-topik tertentu, dan semua kelompok dapat mengerjakan sesuatu yang berbeda berdasarkan di mana mereka berada dan tingkat penguasaan apa yang telah mereka tunjukkan.

Tinggalkan Balasan