Kesalahan Dalam Memulai Bisnis

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis, Sering dilakukan Anak Muda!

Loading...

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis, Sering dilakukan Anak Muda! – Menjadi sukses merupakan sesuatu yang boleh diimpikan semua orang tak terkecuali dengan anak muda. Di zaman sekarang peluang untuk berkembang lebih terbuka lebar dibanding zaman dulu. Apalagi dengan kecanggihan internet yang membuat orang bisa dengan mudah menjangkau seluruh dunia.

Internet juga memudahkan anak muda dalam mencari informasi berkaitan dengan tokoh inspirasi dan ide-ide bisnis. Hal ini membuat mereka punya keberanian dalam membuka usaha.

Bagi sahabat yang masih muda namun inginkan membuka usaha. Sebaiknya simak artikel kesalahan dalam memulai bisnis ini dulu ya agar lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis.

Ekspektasi yang terlalu tinggi

Anak muda memang memiliki semangat yang tinggi. Mereka juga optimis dalam menghadapi tantangan. Namun hal ini perlu diarahkan agar tidak menjadi masalah dikemudian hari. Bisnis adalah dunia yang kompleks jika mengambil keputusan yang salah tentu akan berdampak pada kemajuan bisnis yang dijalani.

Anak muda harus belajar step by step dalam melewati berbagai hambatan. Biarkan waktu membuat mereka mengerti untuk mengambil keputusan yang matang dalam perjalanan karier mereka. Ekspektasi yang terlalu tinggi hanya akan membuat mental menjadi jatuh.

Tidak pandai mencari teman bisnis

Karena kurang pengalaman bisa membuat anak muda salah mencari teman bisnis. Meskipun itu sahabat kita bila ternyata mempunyai visi dan misi berbeda dalam mengelola usaha lebih baik ditinggalkan saja.

Bukan berarti kita memusuhinya, melainkan kita ingin jalan terbaik untuk masing-masing pihak. Daripada dipaksakan tapi hasilnya malah buruk. Bisnis baru bisa berjalan baik Bila satu sama lain punya tujuan yang sama.

Perencanaan tidak matang

Kesalahan dalam memulai bisnis berikutnya terkait dengan planning. Kegagalan anak muda dalam berbisnis juga bisa disebabkan oleh perencanaan yang kurang maksimal. Ini tentunya berkaitan karakter anak muda yang terlalu semangat namun tidak memiliki dasar perencanaan ke depan yang jelas. Padahal bisnis sekecil apa pun harus direncanakan lebih dahulu.

Kita harus tahu tujuan, barang apa yang dijual, target pasar, dan modal yang diperlukan dalam bisnis. Pengetahuan tentang hal-hal tersebut juga akan membantu kita saat bertemu investor. Mereka akan lebih yakin menginvestasikan uangnya untuk bisnis kita.

Salah menempatkan modal

Loading...

Salah dalam merencanakan modal juga bisa mengakibatkan anak muda gagal dalam berbisnis. Pergunakan modal dengan baik dan terencana. Lebih baik menyusun daftar prioritas agar pengeluaran tidak melebar ke mana-mana.

Misal kita menjalankan bisnis via online. Kita pasti memerlukan alat untuk menunjang hal tersebut. Kita bisa memprioritaskan untuk membeli kamera profesional. Agar produk yang kita potret bisa terlihat dengan jelas.

Tidak konsisten mengelola bisnis

Salah satu alasan terbanyak kenapa banyak anak muda tidak sukses di dunia bisnis adalah suka gonta-ganti bisnis alias tidak konsisten. Ini adalah kesalahan dalam memulai bisnis yang paling umum. Misal bulan ini berbisnis Kuliner namun dibulan berikutnya malah berbisnis baju. Hal ini tentu tidak akan membuat usaha kita berkembang.

Biasanya anak muda tidak konsisten dalam menjalani bisnis karena tidak sabar dengan hasilnya. Perlu diketahui bisnis harus dilakukan dengan komitmen yang kuat agar kita bisa konsisten dengan jalan yang sudah kita pilih.

Nah itu tadi penjelasan tentang beberapa kesalahan dalam memulai bisnis yang sering dilakukan oleh pengusaha muda atau pemula. Semoga literasi ekonomi ini bisa membawa manfaat bagi siapa saja yang akan atau sedang menjalankan sebuah bisnis. Salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan