Peluang Kerja Lulusan Pertanian

Peluang Kerja Lulusan Pertanian

Loading...

Peluang Kerja Lulusan Pertanian – Ada anggapan negatif kalau kuliah pertanian itu tidak menyenangkan. Kita hanya bisa kerja di sawah, baju kotor terkena lumpur atau penghasilan yang sedikit. Jurusan pertanian sering dianggap sebelah mata karena stigma negatif tersebut.

Padahal kalau kita mau mencari informasi tentang jurusan ini. Akan terdapat banyak peluang kerja menarik yang bisa di ambil oleh seseorang yang sudah lulus dari jurusan pertanian. Mengingat bahwa Indonesia merupakan negara agraris yang sangat luas sumber daya alamnya.

Bidang agroindustri

Peluang kerja yang bisa dijalani lulusan pertanian adalah bekerja dibidang agroindustri. Di sini kita akan mengerjakan hasil pertanian yang masih mentah diubah menjadi berbagai produk bernilai jual tinggi.

Kebutuhan pasar terhadap orang berkompetensi agroindustri cukup tinggi. Dengan kemampuannya meneliti berbagai hasil pertanian dan mengembangkan hasil pertanian hingga bernilai jual tinggi tentu akan dibayar mahal oleh client.

Agroteknologi

Salah satu pelajaran yang harus dikuasai lulusan pertanian adalah agroteknologi. Ilmu ini merupakan perluasan dari ilmu tanah, ilmu hama, serta ilmu penyakit tumbuhan.

Dari sini kita akan belajar meriset, melakukan analisis serta berinovasi untuk menciptakan karya cipta dibidang agroteknologi. Seseorang yang punya keahlian di bidang ini akan dibutuhkan oleh lembaga botanical, laboratorium tumbuhan dan kementerian kehutanan.

Ilmu tanah

Siapa bilang kalau kuliah dibidang pertanian hanya melulu belajar bertani saja. Jurusan ini juga mengajarkan kita tentang ilmu tanah. Ilmu ini sangat penting lho dibidang industri. Lulusan pertanian akan dibekali ilmu ini agar bisa merencanakan, meneliti, serta membangun infrastruktur untuk pemaksimalan fungsi tanah untuk keperluan umum.

Peluang kerja lulusan pertanian secara otomatis juga sangat luas ya, tapi tetap tergantung pada kompetensi kita. Ada banyak bidang usaha yang membutuhkan keahlian ilmu tanah ini seperti: kehutanan, perkebunan, tambang, tata wilayah kota dan masih banyak lagi.

Bidang Akuakultur

Bagi kamu yang kuliah pertanian namun memiliki ketertarikan dibidang perikanan. Mungkin mengambil pekerjaan akuakultur bisa jadi pilihan. Akuakultur adalah ilmu yang mempelajari ekosistem laut, pemeliharaan biota laut, konservasi dan pembuatan teknologi yang menunjang pembiakan hewan dan tumbuhan laut.

Jadi bukannya hanya lulusan perikanan saja yang bisa bekerja di sektor ini tapi teman yang lulus dari jurusan pertanian juga bisa karena dibekali ilmu Akuakultur.

Konservasi sumber daya hutan dan ekowisata

Saat kita kuliah di jurusan pertanian kita juga akan mempelajari ilmu soal konservasi sumber daya hutan dan ekowisata. Di ilmu ini kita akan berkenalan tentang berbagai sumber daya alam berikut cara pengelolaannya, pelestariannya dan pemanfaatannya untuk kepentingan industri.

Bagi kamu yang memang tertarik soal hutan dan berjiwa petualang. Bekerja sebagai penjaga sumber daya hutan bisa menjadi pilihan. Umumnya profesi ini dibutuhkan oleh kementerian kehutanan, BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), dan lembaga pengkajian flora fauna.

Nah, itu tadi bahasan kami tentang peluang kerja lulusan pertanian. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Jangan lupa luruskan niat ketika ingin memilih jurusan kuliah. Niat yang baik akan mengarahkan kita pada hal-hal baik lainnya. Salam belajar kapan saja di mana saja (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan