Efek Minuman Bersoda Bagi Tubuh

Efek Minuman Bersoda Bagi Tubuh dan Kesehatan

Loading...

Efek Minuman Bersoda Bagi Tubuh dan Kesehatan – Tahukah kamu bahwa di Amerika harga minuman soda lebih murah daripada air putih ? Ini memang benar adanya, karena tingkat konsumsi masyarakat Amerika terhadap minuman bersoda begitu tinggi dan sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging.

Meskipun di Indonesia minuman bersoda belum setinggi permintaannya seperti di Amerika, tapi dari tahun ke tahun trendnya terus meningkat lho. Yang jadi kekhawatiran kita semua adalah saat kita meminum soda dalam kadar berlebihan. Minuman bersensasi gelembung dan khas di tenggorokan ini bisa mengakibatkan efek negatif bagi kesehatan lho ?

Mari simak ulasan efek negatif minuman bersoda bagi tubuh dan kesehatan berikut ini

Memicu Kegemukan

Menurut penelitian dari Universitas Birzeit mengatakan bahwa minuman soda memiliki kandungan karbon yang tinggi yang mengakibatkan peningkatan nafsu makan dan akhirnya membuat orang yang rutin mengonsumsinya menjadi gemuk.

Setiap 1 botol soda yang dikonsumsi meningkatkan risiko kegemukan sebesar 60%. Meminum soda sebaiknya dihindari bila kita sedang diet. Dengan tidak meminum soda kemajuan diet akan lebih terasa.

Membuat Gigi Rusak

Bukan rahasia lagi bahwa soda memiliki kandungan yang tidak baik untuk gigi bila dikonsumsi berlebihan. Kandungan Seperti gula, asam dan karbonnya bersifat destruktif. Minuman soda bisa mengakibatkan gigi berlubang. Kandungan soda mengikis lapisan enamel gigi dan pada akhirnya menjadi lubang. Bila dibiarkan bisa terjadi infeksi .

Selain membuat gigi berlubang, soda juga membuat gigi menjadi kuning dan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan. Siapa pun gak mau giginya rusak kan….

Penurunan tingkat memori otak

Minuman soda memang memiliki kemasan yang menarik. Dulu soda dijual di botol kaca dan sekarang bertransformasi ke dalam bentuk kaleng yang lebih praktis. Hal ini memang membuat kita semakin tertarik untuk membeli soda.

Meneguk soda memang menyegarkan apalagi dengan sensasi gelembungnya yang membuat tenggorokan menjadi lega. Tapi perlu diingat efek negatif minuman bersoda bagi tubuh berikutnya adalah karena soda memiliki kandungan BVO, maka bisa menurunkan fungsi memori otak dan mengganggu sistem saraf.

Nah, hati-hati ya… terutama bagi para siswa atau pelajar. Bila tidak ingin gampang lupa materi pembelajaran yang telah susah payah di pelajari, maka jangan banyak minum minuman bersoda ya.

Risiko terkena batu ginjal

Soda sebenarnya memiliki kandungan bermanfaat seperti kafein yang bisa melancarkan metabolisme tubuh, khasiat itu bisa kita rasakan bila soda diminum secara wajar. Banyak orang mengira soda adalah pelancar siklus haid bagi perempuan padahal hal ini tidak benar.

Soda tidak disarankan untuk ibu hamil dikarenakan risiko bahaya seperti terkena kerusakan ginjal dan diabetes. Soda memiliki kandungan gula yang tinggi yang dapat mengendap dan akhirnya merusak sistem organ vital manusia.

Penyebab munculnya kanker

Hasil penelitian dari ilmuwan universitas Swedia menyatakan bahwa orang yang ketagihan minum soda punya resiko 70% lebih besar terkena penyakit empedu. Penelitian ini juga diperkuat dengan uji coba yang dilakukan oleh Reuters dan membuktikan memang ada keterkaitan antara minum air berkadar gula tinggi dengan proses terciptanya kanker. Rata-rata orang yang kecanduan soda menderita sakit di bidang saluran pencernaan dan empedu.

Nah, itu tadi Sob beberapa efek negatif minuman bersoda bagi tubuh dan kesehatan kita. Yuk kurangi minum minuman bersoda sedari dini ya…. Semoga bermanfaat dan sehat selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan