Cara Memperpanjang Umur Laptop

Tips Cara Memperpanjang Umur Laptop

Loading...

Tips Cara Memperpanjang Umur Laptop – Laptop adalah perangkat yang penting dalam menunjang produktivitas kerja. Fungsinya sebagai penyimpan file, pengolah data, multimedia, media komunikasi, internet dan lainnya, sangat vital dalam keseharian kita. Selain menggunakan, kita juga harus merawat laptop kita agar tetap prima.

Ketika laptop dijaga dengan baik tentunya akan menambah jangka waktu umur dan kinerjanya. Selain itu kita juga bisa menghemat biaya karena tidak perlu membeli laptop baru lagi.

Bila Anda ingin laptop yang Anda gunakan selalu prima dan awet, berikut ini adalah tips singkat cara memperpanjang umur laptop.

Bersihkan laptop dari debu secara berkala

Laptop yang sering digunakan pasti lama-kelamaan kotor karena debu. Perhatikan pada bagian laptop yang berlubang seperti port dan keyboard. Bersihkan bagian tersebut agar tidak mengganggu kinerjanya. Caranya bisa dengan menggunakan vacum cleaner kecil yang bertenaga USB kecil.

Keyboard dan port adalah komponen penting dalam laptop, bila rusak kita perlu menggantinya dengan harga yang tak murah. Maka dari itu perawatan secara berkala harus sering dilakukan.

Bersihkan Layar Secara berkala

Layar adalah bagian laptop yang wajib untuk dijaga, bila rusak tentu kita tidak bisa menggunakan laptop. Dalam membersihkan layar laptop sebaiknya menggunakan lap microfiber. Lap yang juga digunakan untuk membersihkan kacamata. Lap ini memiliki tekstur yang halus sehingga tidak akan merusak kondisi layar.

Layar dijaga kondisinya akan terlihat bersih dan terhindar dari goresan selain itu kinerja layar juga akan terjaga.

Pilih tas yang sesuai ukuran laptop

Tips singkat cara memperpanjang umur laptop berikutnya adalah soal pilihan tas. Untuk menghindari risiko terjatuh, tergores dan sejenisnya kita perlu memilih tas yang sesuai ukuran laptop. Hal ini sepele dan sering dilupakan namun penting untuk menjaga umur laptop. Tas yang sesuai akan memproteksi laptop dari berbagai insiden, body laptop juga lebih terjaga.

Atur letak makanan dan minuman

Ketika makan dan minum usahakan untuk tidak melakukannya di depan laptop. Hal ini dilakukan sebagai langkah meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti minuman tumpah ke badan laptop, makanan masuk port laptop dan sebagainya.

Kotoran yang menumpuk juga akan menyebabkan bakteri pada laptop. Yang bisa saja mengendap dan merusak komponen-komponen laptop, terutama akan muncul jamur-jamur yang sulit untuk dibersihkan.

Perhatikan kondisi baterainya

Baterai juga merupakan komponen vital yang perlu untuk dirawat karena sifatnya yang gampang rusak, tanpa baterai laptop akan kehilangan fungsi fleksibilitasnya. Terpaksa kita harus mencolokkan ke listrik agar bisa menggunakannya.

Jangan menggunakan laptop terlalu lama untuk menghindari kepanasan dan jangan pakai laptop sampai kapasitasnya habis, usahakan saat kapasitasnya 20% untuk segera diisi agar kondisi baterai lebih awet.

Jaga ventilasinya

Cara selanjutnya agar usia laptop tahan lama adalah dengan menjaga ventilasinya. Tempat ventilasi laptop disebut exhaust yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya temperatur udara dalam laptop. Exhaust juga merupakan bagian yang terasa panas saat kita terlalu lama mengoperasikan laptop.

Untuk merawatnya pastikan komponen ini tetap dalam keadaan bersih, berilah sandaran Berongga pada bagian bawah laptop agar sirkulasi keluar masuk udara Berjalan lancar dan terakhir gunakan laptop dalam batas waktu normal agar tidak terjadi kepanasan.

Itu tadi beberapa tips singkat cara memperpanjang umur laptop. Laptop saat ini sudah menjadi alat kerja utama bagi banyak orang termasuk admin maglearning.id. So, jaga alat produksi kita dan buat karya-karya yang bermanfaat bagi kita semua. Selamat bekerja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan