Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan

Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan Yang Tak Boleh Terlewatkan

Loading...

Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan Yang Tak Boleh Terlewatkan – Bulan Ramadhan selalu disambut dengan riang gembira oleh seluruh umat Muslim. Bulan ini sangat spesial dan penuh berkah. Sebagai seorang muslim kita patut bersyukur karena masih diberikan Allah Kesempatan untuk menyambut bulan yang suci ini.

Bulan Ramadhan memiliki keutamaan dibanding bulan-bulan lain. Kita akan diuji dengan berpuasa. Bukan hanya puasa makan minum, kesabaran dan kontrol hawa nafsu juga diuji di bulan Ramadhan.

Apa pun ibadah yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya, bahkan amalan biasa di luar bulan Ramadhan bisa dinilai sebagai ibadah. Misalnya tidurnya orang yang sedang berpuasa.

Jadi sangat rugi bila di bulan penuh barokah ini kita lewatkan begitu saja. Ada banyak sekali amalan ibadah yang sangat pas dilakukan di bulan suci ini. Agar kita bisa menjalani bulan Ramadhan dengan maksimal, alangkah baiknya menjalankan amalan-amalan spesial di bulan Ramadhan berikut ini:

I’tikaf

Bulan Ramadhan bisa menjadi momen yang tepat bagi kita untuk meningkatkan dan memperbaiki amal ibadah. Kita juga dianjurkan untuk lebih mendekat kepada Allah SWT salah satu caranya adalah dengan beri’tikaf.

Perbanyak waktu di masjid, lantunkan dzikir, tahlil, dan tahmid, lengkapi pula dengan sholat Sunnah. I’tikaf akan membuat hati terasa tenang dan membentengi kita dari bisikan setan.

Sholat Tarawih

Salah satu amalan yang tidak boleh ditinggalkan saat Bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Sholat yang dikerjakan bakda isya hingga sebelum subuh ini menyimpan banyak keutamaan yang baik kaum muslimin.

Saat mengerjakan sholat tarawih, Allah akan mengampuni dosa kita. Baik dosa yang dulu maupun dosa di masa mendatang. Allah juga akan memberi Rahmat berupa pahala setara sholat semalam penuh.

Malam Lailatul Qadar

Salah satu keistimewaan bulan ramadhan adalah adanya malam Lailatul Qadar. Ini harus kita manfaatkan dalam berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah. Karena dimalam ini seluruh amal kebaikan akan dicatat melebihi seribu bulan.

Perbanyak sedekah, mengucapkan hal baik, sholat, Membaca Alquran dan amal Sholeh lainnya. Agar pahala senantiasa diberikan Allah Kepada kita semua.

Membaca Alquran

Ramadhan juga menjadi bulan dimana Al-Qur’an diturunkan. Maka dari itu ketika kita membaca Alquran, Allah akan mengangkat derajat hambanya. Al-Qur’an juga bisa memberi syafaat saat menghadapi hari penimbangan amal.

Tadarus Alquran bisa kita amalkan bersama Anggota keluarga kita. Dengan harapan Allah memberikan barokah dan menjauhkan keluarga kita dari panasnya api neraka.

Tingkatkan amal sedekah

Amalan ibadah spesial di bulan ramadhan berikutnya adalah sedekah. Bersedekah merupakan amalan yang disukai Allah saat bulan Ramadhan. Sedekah bisa kita lakukan dengan cara apa saja, bahkan tersenyum juga merupakan ibadah. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melakukan amalan mulia ini.

Bersedekah akan membersihkan harta kita, selain itu bersedekah juga akan mempermudah jalan kita menuju surga. Bersedekah juga melatih solidaritas sesama muslim.

Perbanyak Istighfar

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Maka dari itu kita di anjurkan untuk rutin melakukan istighfar. Amalan ini akan membersihkan kita dari sifat-sifat yang tidak disukai Allah.

Istighfar juga menghapus dosa-dosa kita. Allah berjanji akan memperluas rezeki, menghilangkan kesedihan dan menjamin terbukanya pintu surga bagi kita yang beristighfar kepadanya.

Itulah tadi beberapa amalan ibadah di bulan Ramadhan yang tak boleh terlewatkan oleh kita semua. Semoga semua amal baik kita mendapat ridla dari Allah Swt. Salam bahagia selalu (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan