Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh”

Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 dengan kajian Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh. Tidak memperhatikan makanan yang sehat akan berdampak pada munculnya gangguan pada alat pencernaan kita.

Gangguan Alat Pencernaan

Orang yang sakit perut, kemungkinan mengalami gangguan pada alat pencernaannya. Beberapa penyakit yang menyerang alat pencernaan antara lain:

  1. Diare disebut juga mencret. Penderitanya akan mengalami buang air besar yang encer lebih dari 4 kali sehari. Penyakit ini dapat disebabkan karena kebersihan makanan yang tidak terjaga. Selain itu, diare juga dapat disebabkan karena terlalu banyak makan makanan yang asam dan pedas.
  2. Mag adalah penyakit yang mengganggu lambung. Penyakit ini timbul karena produksi asam lambung yang berlebihan. Sakit mag sering disebabkan karena terlambat makan, lelah akibat bekerja, dan stres.
  3. Tifus adalah penyakit peradangan pada usus. Penyakit ini dapat menular. Penyakit ini juga diakibatkan karena kebersihan makanan yang tidak terjaga.

Bagaimana agar alat-alat pencernaan kita tetap berfungsi baik? Biasakanlah hidup sehat mulai dari sekarang. Beberapa contoh kebiasaan hidup sehat adalah sebagai berikut.

  • Makan makanan yang sehat dan bersih. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih kita akan terhindar dari sakit perut, diare, dan tifus. Tidak jajan sembarangan merupakan salah satu usaha untuk menghindari penyakit di atas.
  • Mengunyah makanan yang kita makan sampai halus. Hal ini membantu mempermudah kerja alat-alat pencernaan yang lain. Selain itu, makanan menjadi lebih mudah diserap.
  • Menggosok gigi secara teratur, yaitu sesudah makan dan menjelang tidur. Sisa makanan yang tertinggal pada gigi akan mengalami pembusukan. Sisa makanan menyebabkan bau mulut dan gigi mudah berlubang.
  • Makan secara teratur akan mengurangi risiko terkena penyakit mag.

Diare dan Penyebabnya

Diare ditandai dengan encernya tinja (feses) yang dikeluarkan atau buang air besar dengan frekuensi lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Diare terjadi ketika makanan dan cairan yang dimakan berlalu terlalu cepat dan/atau terlalu besar jumlahnya pada saluran pencernaan (usus). Secara normal, usus besar akan menyerap cairan dari makanan yang kita makan, dan meninggalkan kotoran (tinja) yang setengah padat. Akan tetapi, ketika cairan dari makanan yang kamu makan tidak diserap, maka hasilnya adalah kotoran (feses) yang cair atau encer.

Penyakit diare mungkin berhubungan dengan infeksi virus atau bakteri. Penyakit diare juga dapat terjadi akibat keracunan makanan.

Secara umum penyebab diare antara lain:

  • Infeksi virus : rotavirus adalah penyebab diare pada anak (akut) yang paling sering.
  • Infeksi bakteri dan parasit: masuk melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.
  • Intoleransi makanan : terjadi pada sebagian orang yang intoleransi terhadap gula pada susu sehingga diare terjadi setelah makan/minum produk susu
  • Alergi makanan : biasanya reaksi negatif terhadap obat-obatan. Banyak obat yang dapat menyebabkan diare. Biasanya alergi terhadap antibiotik, sementara antibiotik sebenarnya membantu membunuh bakteri baik dan jahat yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dalam usus.
  • Penyakit usus : biasanya menimbulkan diare kronis dengan banyak penyebab.
  • Gangguan usus fungsional (stres)

Gejala Diare

Secara lebih lengkap, tanda dan gejala yang biasanya menyertai penyakit diare antara lain:

  • Buang air besar encer dan sering
  • Kram perut
  • Nyeri perut
  • Demam
  • Darah dalam tinja
  • Kembung

Pentingnya Makanan Sehat

Usia anak antara 2 hingga 12 tahun merupakan usia pertumbuhan. Karenanya penting bagi anak-anak di usia ini untuk mengonsumsi makanan yang baik dan bergizi. Makanan yang disajikan hendaknya menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Makanan antara lain bermanfaat sebagai sumber energi, pelindung tubuh terhadap penyakit, sumber pembangun pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Makanan juga bersifat mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau tua, dan sebagai pelindung organ-organ penting.

Akan tetapi, makanan yang sehat saja tidaklah cukup. Agar tubuh tetap sehat kita perlu berolahraga secara cukup dan teratur. Berat badan dapat dikontrol melalui olahraga sehingga kita dapat terhindar dari obesitas. Olahraga juga dapat mencegah penyakit jantung dan darah tinggi, serta meningkatkan memori.

Dengan berolahraga jantung dan paru-paru bekerja secara efisien sehingga energi yang dihasilkan menjadi semakin besar dan siap untuk kita pergunakan untuk berbagi aktivitas.

Untuk hidup sehat, bukan hanya makanan sehat dan olahraga yang dibutuhkan. Lingkungan yang sehat pun dibutuhkan. Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga dan semuanya dapat diperoleh dengan cara yang cukup sederhana, yaitu menjaga kesehatan lingkungan.

Makanan Bergizi

Salah satu kriteria makanan yang sehat adalah bergizi. Makanan bergizi mengandung berbagai zat yang diperlukan tubuh.

a. Karbohidrat

Karbohidrat dihasilkan oleh nasi, ketela pohon, ubi jalar, dan kentang. Makanan yang mengandung karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi tubuh manusia.

Banyaknya karbohidrat yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari aktivitas yang dilakukan. Orang yang beraktivitas lebih berat memerlukan karbohidrat lebih banyak.

b. Lemak

Lemak di dalam tubuh kita disimpan sebagai makanan cadangan. Lemak juga berguna sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita, seperti halnya karbohidrat.

Lemak dibagi menjadi 2, yaitu lemak nabati dan hewani. Lemak yang berasal dari tumbuhan dinamakan lemak nabati. Beberapa contoh lemak nabati adalah kacang tanah, durian, kelapa, kemiri, dan alpukat. Lemak yang berasal dari hewan dinamakan lemak hewani. Beberapa contoh lemak hewani adalah daging, minyak ikan, susu, mentega, dan keju.

c. Protein

Dalam masa pertumbuhan, tubuh memerlukan zat pembangun yang cukup. Hal ini agar pertumbuhan tubuhmu berjalan dengan baik. Zat makanan yang diperlukan tubuh sebagai zat pembangun adalah protein. Protein juga berfungsi menggantikan sel-sel tubuh yang rusak.

Protein yang diperlukan tubuh kita berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Protein yang berasal dari tumbuhan dinamakan protein nabati. Protein yang bersumber dari hewan dinamakan protein hewani.

d. Vitamin

Vitamin berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Keadaan kekurangan vitamin disebut avitaminosis.

Jenis vitamin yang diperlukan tubuh kita adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin-vitamin ini diperoleh dari makanan. Vitamin A, D, E dan K tidak dapat larut di dalam air, tetapi larut dalam lemak. Vitamin B dan C larut di dalam air.

Berikut ini tabel jenis-jenis vitamin beserta sumber dan kegunaannya

VitaminSumberKegunaan
ASusu, telur, minyak ikan, hati, mentega, sayuran berwarna hijau.Menjaga kesehatan mata.
BBekatul, beras merah, kacang hijau, susu, hati, telur, ikanMencegah penyakit beri-beri dan gangguan saraf.
CBuah-buahan, sayuran segar.Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap suatu penyakit.
DSusu, telur, minyak ikan, mentegaMembantu pembentukan gigi.
ESusu, kecambah, hati, daging.Meningkatkan kesuburan dan kesehatan kulit.
KSayuran hijau, susu, hatiMembantu proses pembekuan darah.

e. Mineral

Mineral sangat diperlukan tubuh kita sebagai pembangun dan pengatur tubuh. Walaupun jumlah mineral yang diperlukan tubuh tidak banyak, tetapi harus tetap ada atau dipenuhi. Jenis mineral-mineral itu antara lain zat kapur (kalsium), zat besi, fosfor, fluor, dan yodium.

Berikut ini tabel Jenis mineral, sumber, dan kegunaannya

MineralSumberKegunaan
Zat kapur (kalsium)Susu, telur, mentega, kacang-kacanganPembentukan tulang dan gigi
Zat besiSayuran berwarna hijau, hati, kacang-kacanganPembentukan hemoglobin (zat yang terkandung di dalam sel darah merah)
FosforSusu, ikan, keju, kacang-kacanganPembentukan tulang dan gigi
FluorSusu, ikan laut, kuning telurMenguatkan gigi atau mencegah kerusakan gigi
YodiumIkan laut, sayuran, garam beryodiumPembentukan hormon tiroksin pada kelenjar gondok

f. Air

Air merupakan cairan yang sangat penting bagi tubuh kita. Sebagian besar berat tubuh kita terdiri dari air.

Fungsi air adalah melarutkan zat makanan dan membantu proses pencernaan makanan. Air banyak terkandung pada buah-buahan dan sayuran. Selain itu, kita juga harus banyak mengonsumsi air putih untuk menjaga kesehatan. Setiap hari, paling tidak 1,5 liter air putih.

Video Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 tentang Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 tentang Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/61000c13ccdb51001beccb95/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh”

Dimikianlah modul BDR online materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 dengan kajian Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh. Semoga bermanfaat dan kita semua terhindar dari Gangguan Alat Pencernaan. selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan